STUDI LITERATUR: ANALISIS PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Awalina Barokah PGSD FIPHUM Universitas Pelita Bangsa
  • Nabila Azzahra Chandra Universitas Pelita Bangsa
  • Dinar Sulis Al Saepi PGSD FIPHUM Universitas Pelita Bangsa
  • Kristina Handayani PGSD FIPHUM Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14426

Keywords:

Keterlibatan Orang Tua, Proses Pembelajaran, Sekolah Dasar

Abstract

Pengaruh orang tua dalam keterlibatan proses belajar dan akademik anak di sekolah merupakan salah satu bagian penting karena dalam proses pembelajaran, anak juga membutuhkan peran orang tua untuk mendukung pembelajaran mereka di lingkungan sekolah. Tujuan dari dilakukan penelitian ini yaitu untuk memantau seberapa penting pengaruh orang tua dalam menunjang proses belajar anak di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, yakni mengumpulkan beberapa data dari beberapa referensi. Hasil dari penelitian ini dapat diharapkan kepada orang tua untuk dapat mendukung proses pembelajaran anak selama di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu Safitri, D. A. (2020, Desember).

PENGARUH KETERLIBATAN

ORANG TUA DALAM BELAJAR

TERHADAP PRESTASI BELAJAR

SISWA SEKOLAH DASAR

PINTUKISI. Jurnal Ilmiah PGSD

STKIP Subang, VI, 255-264.

Hermus Hero, M. E. (2018, Oktober).

PERAN ORANG TUA DALAM

MENINGKATKAN MOTIVASI

BELAJAR SISWA KELAS V DI

SEKOLAH DASAR INPRES

ILIGETANG. Jurnal Riset Pendidikan

Dasar, 129-139.

Kini Aminati, R. M. (2022). Pengaruh

Keterlibatan Orang Tua Dalam

Belajar Terhadap Prestasi

Akademik Siswa Kelas V Sekolah

Dasar Negeri se-Kecamatan

Buluspesantren Tahun Ajaran

/2021. Jurnal Ilmiah

Kependidikan, 10, 43-49.

Kristi Wardani, S. I. (2021). Studi

Kasus: Peran Orang Tua dalam

Pendidikan Inklusi di Sekolah

Dasar Seruma. Wacana

Akademika: Majalah Ilmiah

Kepandidikan, 5, 69-75.

Lilawati, A. (2021). Peran Orang Tua

dalam Mendukung Kegiatan

Pembelajaran di Rumah pada

Masa Pandemi. Jurnal Obsesi:

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,

, 549-558.

Lisa Permata Sari, S. Q. (2023).

Peran Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran

Siswa Sekolah Dasar. Jurnal

Ilmiah Pendidikan dan

Pembelajaran, 7, 75-81.

Maya Oktavia, A. W. (2021, Oktober).

PERAN ORANG TUA DALAM

MENSTIMULUS

PERKEMBANGAN BAHASA ANAK

USIA PRASEKOLAH. Jurnal

Kesejahteraan Keluarga dan

Pendidikan, 8, 153-163.

Ni Nyoman Padmadewi, L. P. (2018,

April). MEMBERDAYAKAN

KETERLIBATAN ORANG TUA

DALAM PEMBELAJARAN

LITERASI DI SEKOLAH DASAR.

Jurnal Ilmu Sosial da Humaniora, 7,

-76.

Sari, D. (2017, November 25).

PERAN ORANG TUA DALAM

MEMOTIVASI BELAJAR SISWA.

pp. 40-43.

Tabela Eliyanti, T. P. (2023, Juni).

Analisis Keterlibatan Orang Tua

dalam Meningkatkan Prestasi

Belajar Siswa Sekolah Dasar.

Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar,

, 11-19.

Zulfatun Na'im, E. L. (2021). Peran

Orang Tua Terhadap Hasil Belajar

Siswa Pada Pembelajaran Daring.

PEDAGOGIKA, 12, 32-52.

Zulparis, M. B. (2021). Keterlibatan

Orang Tua dalam Meningkatkan

Prestasi Belajar Siswa Sekolah

Dasar. Jurnal Mimbar PGSD

Undiksha, 9, 188-194.

Downloads

Published

2024-06-15