PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI RENDERFOREST PADA MATERI PENTINGNYA AIR BAGI TUBUH MANUSIA

Authors

  • Mila Anisah Universitas Pakuan
  • Yuyun Elizabeth Patras PGSD FKIP Universitas Pakuan
  • Nurlinda Safitri PGSD FKIP Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15927

Keywords:

video pembelajaran, renderforest, Pentingnya Air Bagi Tubuh Manusia

Abstract

  Mila Anisah. 037120031. This research aims to develop and determine the feasibility of learning videos using the Renderforest application on the importance of water for the human body in class IV at SD Negeri Parung Tanjung 02, Bogor Regency. This research method uses the Research and Development (R&D) method with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) development model. This research involves one lecturer each, a media expert and a language expert. The subjects in this research were class IV students at SD Negeri Parung Tanjung 02 Bogor Regency for the 2023/2024 academic year with a total of 21 students. From the research results it can be concluded that learning videos using the Renderforest application are very suitable for use in learning. This is based on the results of the validation carried out by the validator. The final validation results were obtained by media experts at 92%, language experts at 100%, material experts at 96% which are included in the "Very Eligible" criteria and based on student response questionnaires with an average of 91 % and the teacher obtained a result of 96%, both of which are classified as "Very Good" criteria applied in learning Keywords: Learning Video, Renderforest, The Importance of Water for the Human Body ABSTRAK Mila Anisah. 037120031. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan video pembelajaran menggunakan aplikasi renderforest pada materi pentingnya air bagi tubuh manusia di kelas IV SD Negeri Parung Tanjung 02 Kabupaten Bogor. Metode penelitian ini menggunakan metode Research And Develompent (R&D)  dengan model pengembangan ADDIE (Anaysis, Design, Development, Implementation, evaluation) penelitian ini melibatkan masing – masing satu orang dosen ahli media, ahli bahasa. Subyek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SD Negeri Parung Tanjung 02 Kabupaten Bogor tahun akademik 2023/2024 dengan jumlah 21 peserta didik. dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran menggunakan aplikasi renderforest sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh validator diperoleh hasil akhir validasi ahli media sebesar 92%, ahli bahasa sebesar 100%, ahli materi sebesar 96% yang termasuk pada kriteria “Sangat Layak” serta berdasarkan kuesioner respon peserta didik dengan jumlah rata – rata 91% dan guru memperoleh hasil sebesar 96% yang ke duanya tergolong kriteria “Sangat Baik” diterapkan dalam pembelajaran. Kata Kunci : Video Pembelajaran, Renderforest, Pentingnya Air Bagi Tubuh Manusia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azrel Apriliansyah, M., & Kusumawati, N. (2022). Desain Media Renderforest untuk Meningkatkan Pemahaman Sains pada Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(10).

Dwi Putra, A., Rahmanto, Y., Najib, M., Satria, D., & Suwisma, I. B. (2023). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran pada SMK Negeri 1 Tegineneng. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service, 4(1). https://doi.org/10.33365/jsstcs.v4i1.2661

Harahap, Y. M., Rahmawati, W. T., & Lubis, S. I. (2023). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Renderforest Berbasis Pengajaran Blended Learning. Wahana Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 18–22. https://doi.org/10.56211/wahana.v2i1.238

Nukman, E. Y., Setyowati, C. E., Pendidikan, K., Badan Penelitian, D. T., Pengembangan, D., Perbukuan, D., & Kurikulum, P. (2021). Bahasa Indonesia SD Kelas IV Lihat Sekitar. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nur Aeni, A., Nur Nofriani, A., Ayuni Fauziah, I., & Ahmad Fauzi, I. (2022). Pemanfaatan Media Animasi Berbasis Aplikasi Renderforest Dalam Membentuk Kepribadian Islami Bagi Peserta didik Sekolah Dasar Kelas 4. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(6),279–287. https://doi.org/10.52436/1.jpti.183

Sugiyono. (2016). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections, 6(1), 23– 33. https://doi.org/10.47200/intersections.v6i1.589

Downloads

Published

2024-06-30