PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK MENGGUNAKAN APLIKASI FLIPBUILDER BERBANTUAN CANVA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGANKU

Authors

  • Fatimah Nur Faizah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor
  • Lina Novita Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor
  • Rini Sri Indriani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15356

Abstract

ABSTRACT This research was conducted based on problems obtained in the field, namely students are less conducive and less enthusiastic when learning takes place using teaching materials in the form of printed books, teachers are still ineffective in using teaching materials that make students easily bored, and teachers have not applied varied learning methods when using teaching materials. This study aims to (1) find out the development of e-book teaching materials using flipbuilder. (2) determine the feasibility of developing e-book teaching materials using flipbuilder. This research was conducted using the Research and Development (R&D) method and the ADDIE development model. The subjects in this study were fourth grade students with a total of 36 students consisting of 18 boys and 18 girls. The results of the validation of media experts, linguists, and material experts received quite high scores, the media expert validation score was 84.4%, the language expert validation score was 100%, and the material expert validation score was 95.5%. Overall, the results of expert validation fall into the “very feasible” category. While the students' response to the developed product gets an interpretation with an average percentage of 85.6%. The development of e-book teaching materials using the canva-assisted flipbuilder application developed has fulfilled the aspects of validity and feasibility for use in learning. Keywords: Development, E-book, Flipbuilder ABSTRAK Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang didapat di lapangan, yaitu peserta didik kurang kondusif dan kurang semangat pada saat pembelajaran berlangsung dengan menggunakan bahan ajar berupa buku cetak, guru masih kurang efektif dalam menggunakan bahan ajar yang membuat peserta didik mudah bosan, dan guru belum menerapkan metode pembelajaran bervariasi pada saat menggunakan bahan ajar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mengetahui pengembangan bahan ajar e-book   menggunakan flipbuilder. (2) mengetahui kelayakan pengembangan bahan ajar e-book menggunakan flipbuilder. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dan model pengembangan ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 36 orang yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Hasil dari validasi ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi medapatkan skor yang cukup tinggi, skor validasi ahli media sebesar 84,4%, skor validasi ahli bahasa sebesar 100%, dan skor validasi ahli materi 95,5%. Secara keseleruhan hasil validasi ahli masuk ke dalam kategori “sangat layak”. Sedangkan respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan mendapakan interpretasi dengan rata-rata persentase 85,6%. Pengembangan bahan ajar e-book menggunakan aplikasi flipbuilder berbantuan canva yang dikembangkan telah memenuhi aspek kevalidan dan kelayakan untuk digunakan dalam pembelajaran Kata Kunci: Pengembangan, E-book, Flipbuilder

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amata Fami, H. T. U. Y. N. R. (2022). Jurnal Proses Pra Produksi Ebook Cermat Bertani Dengan Kalender Tanam. Journal of Applied Multimedia and Networking, 6(2), 64–70. https://doi.org/10.30871/jamn.v6i2.4935

Achmad Ali Fikri, Samsul Arifin, M. F. F. (2022). Pelatihan Penyusunan E-book Dengan SIGIL Bagi Guru SMP EUNESA 1.

Aeni, A. N., Juneli, J. A., Indriani, E., Septiyanti, I. N., & Restina, R. (2022). Pengembangan E-book KIJUBI (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW. AL-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1214. https:/doi.org/10.35931/am.v6ia.1113

Atika, A. (2024). Pengembangan Media E-Komik IPA Berbantuan Aplikasi Flipbuilder Pada Materi Sumber Energi Kelas IV SD/MI Intan Lampung 1445H/2024M Pengembangan Media E-Komik IPA Berbantuan Aplikasi Flipbuilder Pada Materi Sumber Energi Kelas IV SD/MI.

Al-Fa'izah, Z., Rahayu, Y, ., & Hikmah, N.(2022). Pengembangan E-Book Tema 7 Indahnya Keragama Di Negeriku Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Berbasis Kearifan Lokal Jember Pada Peserta Didik Kelas IV Di SDN Jember Lor 03. Efektifitas Penyuluhan Gizi Pada Kelompok 1000 PHK Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Kesadaran Gizi, 3(3), 69-70

Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. 2019. "Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. "Halaqa: Islamic Education Journal 3 (1) : 35-42.

Dewi, R., Bengi, R., Asri, R., & Asry, L. (2022). Pengembangan Aplikasi Mobile Pembelajaran Doa Islam Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash CS6 SD Swasta Yayasan Pendidikan Islam. 6(2).

Fathanudien, A., & Maharani, V. (2023). Perlindungan Hukum Hak Cipta terhadap Buku Elektronik (E-Book) di Era Globalisasi. 14(3), 52-63.

Febrianti, R., & Madiun, U. P. (2022). Penerapan Bahan Ajar E-book Berbasis SETS untuk Menguatkan Literasi Sains Siswa kelas VI Sekolah Dasar. 1, 96.

Hanikah, H., Faiz, A., Nurhabibah, P., & Wardani, M. A. (2022). Penggunaan media interaktif berbasis ebook di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7352-7359.

Indriyani, I., & Kurnia, M. D. (2022). Pemanfaatan Microsoft PowerPoint dalam Membuat E-book untuk Mendukung Pembelajaran di Era 5. 0 1(November), 89.

Jamroni. (2021). Pengembangan Pembuatan E-book Sebagai Bahan Ajar Dengan Aplikasi Flipbook Maker Untuk Dosen dan Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 3(September), 32. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPM.

Khikmawati, D. K., Alifian, R., Nugroho, A. A., Susilo, Rusnoto, & Cholifah, Nn. (2021). Pemanfaatan E-book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kudus. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 74-82. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14671

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Makdis, N. (2020). Penggunaan e-book pad era digital. Al-Maktabah, 19, 77–84. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/almaktabah/article/download/21058/8876

Naili, A. (2022). Pengembangan E-Book Berbasis Flip Builder Dengan Pendekatan Guided Inquiry Pada Tema Alam Semesta Untuk Aud Usia 5-6Tahun.http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17203%0Ahttp://repository.radenintan.ac.id/17203/1/SKRIPSI 1-2.pdf

Novitasari, L. (2020). E-book Sebagai Literasi Digital (Studi Media Aplikasi iMartapura Terhadap Minat Baca Masyarakat Kabupaten Banjar). Jurnal Pengabdian Sosial / Tahun, 1(1), 1-10. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/2633/

Perdana, D. P. (2019). Pengembangan Modul Interaktif Berbasis Flipbuilder Terhadap Penguasaan Konsep Pada Materi Sistem Regulasi Peserta Didik Kelas XI Sma. 1–116.

Prisila, E., Riska,. N., & Kandriasari, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Panduan Praktikum Sequence Of Service Pada Mata Kuliah Tata Hidang. Risenologi, 6(2), 9-16.

Rusdiana, N. P. M., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). E-Book Interaktif Materi Siklus Air pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 54-63. https://doi/org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45180

Siti Asih, H. S. A. (2022). Validasi Pengembangan Bahan Materi Ajar Berbasis IT (Flipbook) Pada SMK Negeri 2 Tuban (Materi Dokumen Administrasi Usaha). 03(02), 1-7.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet

Yudianto, R. R. (2022). Pengembangan E-book Menggunakan Aplikasi Flip PDF Corprorate Edition Pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK Kelas VII SMP. 1, 63-74.

Saputra, A. dkk. (2023). Pengembangan Aplikasi E-Flip Builder Berdasarkan Pedagogic Knowledge (PK) Pada Materi SPLDV Kelas X SMA Negeri 1 Marau Pulau Borneo. Journal of Creative Student Research (JCSR) , Vol.1(1), 426–440

Downloads

Published

2024-07-09