PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERBASIS WORDWALL PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN

Authors

  • Daud Hamonangan Siahaan Universitas Pakuan Bogor
  • Lina Novita Universitas Pakuan Bogor
  • Resyi A Gani Universitas Pakuan Bogor

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.24779

Keywords:

E-LKPD, development, validation, wordwall

Abstract

Development of Wordwall-Based Electronic Student Worksheets on Theme 7 Events in Life Learning 1. This research is a Research and Development (R&D) research using the ADDIE research method (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The subjects involved in this study were 2 (two) Pakuan University lecturers as media experts and linguists, and also 1 (one) BPK PENABUR Bogor Elementary teacher as material experts, as well as students in class V (five) at BPK PENABUR Bogor Elementary School. Media experts gave a validation score to the Wordwall of 96% with very good qualifications, linguists gave a validation score to the Wordwall of 100% with very good qualifications, material experts gave a validation score to Wordwall-based E-LKPD application Wordwall 96% with very good qualifications, and based on field trials on students in grade V (five) getting a score of 90% with very good qualifications. Thus it can be concluded and stated that the Wordwall is stated to be very valid and is feasible to be tested on fifth-grade students and applied to theme 7 sub-theme 2 learning 1 and used by the teacher.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, R. et al. (2021) ‘Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik Melalui E-LKPD dengan Bantuan Aplikasi Google Meet’, Jurnal Basicedu, 5(5), pp. 3393–3398.

Apriliyani, S. W. and Mulyatna, F. (2021) ‘Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras’, Seminar Nasional Sains, 2(1), pp. 491–500.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Budi, T., Ramadhona, R. and Tambunan, L. R. (2021) ‘Pengembangan E-Lkpd Berbasis Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik’, Students Online Journal, 2(2), pp. 1568–1575.

Farhaniah, S. (2021). Penerapan Media Berbasis Wordwall Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 127 Kota Jambi. Universitas Islam Negeri Shultan.

Gandasari, P. and Pramudiani, P. (2021) ‘EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3. doi: 10.31004/edukatif.v3i6.1079.

Hafsah, N. R., Rohendi, D. and Purnawan, P. (2016) ‘Penerapan Media Pembelajaran Modul Elektronik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik’, Journal of Mechanical Engineering Education, 3(1), p. 106. doi: 10.17509/jmee.v3i1.3200.

Indriani, S., Marhaeni, N. H. and Kurniati, R. (2022) ‘Efektivitas Penggunaan E-LKPD Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Segiempat dan Segitiga’, 6, pp. 3959–3966.

Kadir, Abd. et al. (2015) ‘PEMBELAJARAN TEMATIK’, Jakarta: Rajawali Pers.

Lathifah, M. F. et al. (2021) ‘Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan’, Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1). doi: 10.29303/jpmpi.v3i2.668.

Mujahidin, A.A. et al. (2021) ‘Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti’, INNOVATIVE : Volume 1 Nomor 1 Tahun 2021 Research & Learning in Primary Education, 1(c), pp. 1–8.

Nata, A. F. S. et al. (2020) ‘Pengaruh model blended learning berbantuan e-lkpd materi hidrolisis garam terhadap hasil belajar peserta didik’, Chemistry in Education, 1(9), pp. 103–116.

Nenohai, J. M. H. et al. (2021) ‘Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru Kelas Rendah Sekolah Dasar Inpres Maulafa Kota Kupang’, Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(2), pp. 101–110. doi: 10.47747/jnpm.v2i2.574.

Prastika, Y. and Masniladevi (2021) ‘Pengembangan E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan Dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar’, Journal of Basic Education Studies, 4(1), pp. 2601–2614. Available at: https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3817.

Rosanti and Sugiatno, N. (2015) ‘Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Memfasilitasi Kemampuan Problem Solving Siswa’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(4), pp. 1–14.

Rosdiani, L., Munawar, B. and Dewi, R. (2021) ‘Pelatihan Membuat Game Edukasi Wordwall Untuk Guru Di Kelurahan Karaton’, Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 2(2), pp. 247–255. doi: 10.46306/jabb.v2i2.138.

Safitri, O. N. (2022) ‘Pengembangan Media Bahan Ajar E-LKPD Interaktif Menggunakan Website Wizer . me pada Pembelajaran IPS Materi Berbagai Pekerjaan Tema 4 Kelas IV SDN Tanah Kalikedinding II’, Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), pp. 86–97.

Sains, K. P. (2022) ‘Uji Kelayakan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning ( PBL ) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa’, 13(1), pp. 59–70. doi: 10.26877/jp2f.v13i1.11389.

Sari, P. M. and Yarza, H. N. (2021) ‘Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi’, SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), p. 195. doi: 10.31764/jpmb.v4i2.4112.

Sun’iyah, S. L. (2020) ‘Media Pembelajaran Daring Berorientasi Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pai Di Tingkat Pendidikan Dasar’, Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 7(1), pp. 1–18. Available at: http://www.unp.ac.id/sites/default/files/2018-05/pengembangan pembelajaran daring.pdf.

Umbaryati. (no date) 'Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika' Jurnal Universitas Lampung.

Utami, D. D. A et al. (2021) ‘Penerapan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal basicedu, 5(4), pp. 2541–2549. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230.

Vita, R.N. (2022) ‘Desain dan Uji Coba Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis lingkungan menggunakan Live Worksheet pada materi asam basa’, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru, (8.5.2017), pp. 2003–2005.

Wafiqni, N. and Putri, F. M. (2021) ‘Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan’, Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), pp. 68–83. doi: 10.15408/elementar.v1i1.20375.

Yakin, A. sarjana U. M. M. (2021) ‘Pengembangan E-Lkpd Berciri Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah’, (September), p. 53.

Yuniar, A. I. S. et al. (2021) ‘HITARI ( Historical-archaeology Heritage Riddle ): Pemanfaatan Wordwall sebagai Media Ajar Indonesia Zaman Prasejarah di Sekolah Menengah Atas’, Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(11), pp. 1182–1190. doi: 10.17977/um063v1i112021p1182-1190.

Downloads

Published

2025-01-06