UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS MELALUI MEDIA WORDWALL PADA KELAS IV SDN 02 PANDEAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14904Keywords:
Media Wordwall, hasil belajar, ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS), penelitian tindakan kelas.Abstract
Pemanfaatan media Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) di sekolah dasar telah dieksplorasi dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas Wordwall dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam mata pelajaran IPAS di kelas IV SDN 02 Pandean. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas, melibatkan dua siklus observasi, wawancara, dan kegiatan belajar-mengajar langsung. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dari Siklus 1 ke Siklus 2 (Askana, 2023). Terdapat peningkatan yang mencolok dalam nilai rata-rata siswa baik pada tes awal maupun tes akhir, menunjukkan peningkatan pemahaman konsep IPAS, terutama pada materi Kegiatan Ekonomi Sebagai Salah Satu Pemenuhan Kebutuhan. Selain itu, keterlibatan siswa, keterampilan kolaborasi, dan motivasi belajar juga mengalami peningkatan yang signifikan pada Siklus 2 dibandingkan dengan Siklus 1. Integrasi media Wordwall menjadi lebih optimal, menawarkan berbagai aktivitas yang bervariasi dan menarik bagi siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa Wordwall dapat secara efektif berkontribusi dalam meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa dalam mata pelajaran IPAS di tingkat sekolah dasar. Oleh karena itu, disarankan untuk terus mengintegrasikan Wordwall dan pelatihan guru yang sesuai untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan IPAS di sekolah dasar.Downloads
References
Askana Fikriana, M. H. (2023). Urgensi Memahami Moderasi Beragama Bagi Generasi Muda. Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M. Pd. I, 13.
Yudiana, I. K. E., Aprilianti, N. L. G. E. P., Novianti, N. K. E., Natania, K. R., Diantari, N. W. F., & Mofu, E. L. (2024). Ultrang dan Numerasi Siswa. Nilacakra.
Sahira, S., Rejeki, R., Jannah, M., Gustari, R., Nasution, Y. A., Windari, S., & Reski, S. M. (2022). Implementasi Pembelajaran Ips Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 54-62.
Afriyose, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Linktree Melalui Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Di Sekolah Menengah Atas (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS LAMPUNG).
Muslimin, M. (2024). Analisis Persepsi Guru terhadap Game Edukasi Kahoot dan WordWall pada Mata Pelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Maccayya, 2(1), 52-62.
Narmi, Y., Montessori, M., Fitria, Y., & Adnan, M. F. (2021). Pemanfaatan Sarana dan Sumber Belajar pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6144-6149.
Rahim, A. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Kritis. JSE Journal Sains and Education, 1(3), 80-87.
Nisah, N., Widiyono, A., Milkhaturrohman, M., & Lailiyah, N. N. (2021). Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2).
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal ilmiah edunomika, 2(01).
Arni, Y., Alhadi, A. M., Anggraini, S., & Isnaini, G. L. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Kartu Bilangan Pada Materi Satuan Waktu Untuk Meningkatkan Keberhasilan Belajar Siswa Kelas 3 MI. ALACRITY: Journal of Education, 12-26.
Ibda, H., Muntakhib, A., Fadhilah, T. D., & Rakhmawati, N. F. (2023). Media Game Digital SD/MI berbasis Karakter P5 dan PPRA. Mata Kata Inspirasi.
Akbar, H. F., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1653-1660.
Yunita, N. P., & Indrajit, R. E. (2022). GAMIFICATION: Membuat Belajar Seasyik Bermain Game. Penerbit Andi.
Hasanah, N., & Sutiah, S. (2023). Pengembangan materi evaluasi pembelajaran berbasis wordwall untuk siswa sekolah dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 4(2), 153-166.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.