UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT MENGGUNAKAN SANDHANGAN AKSARA JAWA MELALUI MEDIA INDEX CARD MATCH DAN PAPAN AKSARA PADA SISWA KELAS IV SDN 02 PANDEAN KOTA MADIUN

Authors

  • Rika Kusumaningtyas Universitas PGRI Madiun
  • Fauzatul Marufah Rohmanurmeta Universitas PGRI Madiun
  • Erma Vismayanti SDN 02 Pandean

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15567

Keywords:

Keterampilan Menulis, Sandhangan Aksara Jawa, Media Index Card Match, Papan Aksara

Abstract

Salah satu unsur penting dalam mempelajari bahasa Jawa adalah kemampuan menulis menggunakan aksara Jawa, termasuk penggunaan sandhangan (tanda baca) yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan media pembelajaran Index Card Match dan Papan Aksara dalam meningkatkan keterampilan menulis kalimat menggunakan sandhangan aksara Jawa pada siswa kelas IV SDN 02 Pandean. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas, melibatkan dua siklus observasi, wawancara, dan kegiatan belajar-mengajar langsung. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dari Siklus 1 ke Siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran seperti Index Card Match dan Papan Aksara secara efektif dapat meningkatkan keterampilan menulis kalimat dengan sandhangan aksara Jawa pada siswa kelas IV SDN 02 Pandean Kota Madiun. Penggunaan media seperti Index Card Match dan Papan Aksara memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar secara aktif dengan cara memanipulasi materi pembelajaran, seperti menyusun kalimat-kalimat menggunakan papan aksara, sehingga mendukung terciptanya lingkungan pembelajaran yang interaktif dan memfasilitasi pemahaman yang lebih mendalam. Oleh karena itu, sebagai saran untuk pengembangan lebih lanjut, disarankan agar sekolah dan guru-guru mengintegrasikan media-media pembelajaran yang interaktif dan variatif dalam proses pembelajaran aksara Jawa di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, D., & Subrata, H. (2020). Pengembangan Media Karsawa (Kartu Karakter Jawa) Untuk Pembelajaran Menulis Karakter Jawa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 8 (1), 154-164.

Asmani, J. M. M. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning: Pembelajaran Aktif, Kreatif, Dan Tidak Membosankan. Diva Press.

Divan, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Budaya Lokal Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(1), 101-114.

Febrianingrum, L., & Wiranti, D. A. (2023). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Aksara Jawa Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 4098-4109.

Kamalia, P. U. (2023). Analisis Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 178-192.

Munah, Sm (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Koperasi Tipe Scramble Dengan Media Kartu Pertanyaan Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas V Sdn 1 Metro Timur.

Ni'mah, R. A., Agustin, R., Saifulloh, F., & Nasir, M. F. A. (2023). Penggunaan Metode Itik Dalam Menghafal Aksara Jawa Untuk Meningkatkan Daya Ingat Siswa Kelas Iv Mi/Sd. Jurnal Inovasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (Jipmi), 2(1), 13-21.

Pramana, P. M. A., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Relevansi Teori Belajar Konstruktivisme Dengan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 487-493.

Pratiwi, D. H. (2021). Upaya Pembentukan Karakter Sopan Santun Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Jawa Di Kelas Iv Mi Ma’arif Nu 02 Tamansari Karangmoncol Purbalingga (Doctoral Dissertation, Iain Purwokerto).

Restuning, W. (2020). Implementasi Strategi Pembelajaran Index Card Match Dalam Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas Ivb Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Purbalingga (Doctoral Dissertation, Iain Purwokerto).

Rinjani, F. E. P., & Khotimah, I. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Melalui Kolaborasi Siswa Berbasis Problem Based Learning. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 15(2), 139-145.

Rohmah, T. R. S. (2019). Membangun Kearifan Lokal Melalui Gerakan Literasi Mibanda (Micinta Baca Tulis Aksara Sunda) Di Sdn Sukahayu Kabupaten Subang. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2).

Sari, R. N., & Subrata, H. (2018). Efektivitas Penggunaan Kartu Pintar Jawa (Kapija) Dalam Penerapan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas Iv Sdn Babatan 1 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(5), 255068.

Supardi, K. (2017). Media Visual Dan Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jipd (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 1(2), 160-171.

Downloads

Published

2024-06-30

Most read articles by the same author(s)