PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI GAYA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD

Authors

  • Shofiyatul Fuadah Universitas PGRI Madiun
  • Fauzatul Ma’rufah R Universitas PGRI Madiun
  • Erma Vismayanti SD Negeri 02 Pandean Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14128

Keywords:

IPAS, Hasil Belajar, Materi Gaya, Media Ular Tangga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran berupa ular tangga pada pembelajaran langsung dan peningkatan belajar peserta didik setelah belajar menggunakan media ular tangga. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain Kemmis dan Mc Taggart, yang terdiri dari (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Data penelitian berupa hasil pretest dan postest yang dianalisi menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif sederhana. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I hasil belajar peserta didik masih kurang yaitu hanya 10 anak yang mencapai KKM dengan ketuntasan belajar sebesar 40%. Kemudian pada siklus II terdapat 22 anak yang mencapai ketuntasan belajar dengan 85% berpredikat baik. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi gaya pada kelas IV sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Deepublish.

Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523–534. https://doi.org/10.31004/basice du.v7i1.4566

Devega, A. T., Irfan, D., Wakhinuddin, & Jasman, M. M. M. I. (2020). Implementasi LKPD IPA Berbasis Model Pembelajaran Experiential Jelajah Alam Sekitar (EJAS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Masa Pandemi. E-Journal Ups, 4(januari 2020), 1–11.

Hariri, C. A., & Yayuk, E. (2018). Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 1–15.

Latip, A. E. (2018). Evaluasi pembelajaran di SD dan MI. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Marwa, N. W. S., Usman, H., & Qodriani, B. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran Ipas Pada Kurukulum Merdeka. METODIK DIDAKTIK:Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 18(2), 54–65. https://ejournal.upi.edu/index.p hp/MetodikDidaktik/article/view/

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 20(1), 75–76.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basice du.v6i4.3237

Royani, A. (2017). Penerapan Teknik Pembelajaran Kooperatif NHT dalam Meningkatkan Pemahaman tentang Bumi Bagian dari Alam Semesta. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(3), 294. https://doi.org/10.28926/briliant.v 2i3.67

Sentosa, I. P. P. (2020). Peningkatan Hasil Belajar di Masa Pandemi dengan Pembelajaran Numbered Head Together. Universitas Dhyana Pura, 1(2), 145–154.

Sugiyanto. (tanpa tahun). Karakteristik Anak Usia SD. [Online]. Diakses dari: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/Karakteristik%20Siswa%20SD.pdf

Widya A Freddy. (2011). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Strategi Peer Lessons Dengan Media Ular Tangga Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pakintelan 03 Kota Semarang. [Online]. Diakses dari:http://lib.unnes.ac.id/7945/

Downloads

Published

2024-06-06

Most read articles by the same author(s)