IMPLEMENTASI MEDIA FLASHCARD MATERI SANDHANGAN SWARA AKSARA JAWA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 02 PANDEAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14545Keywords:
Hasil belajar, Flashcard, Sandhangan swaraAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diterapkannya media pembelajaran konkret berupa Flashcard. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Terdapat 4 komponen dalam model ini, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Sasaran dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 02 Pandean dengan jumlah keseluruhan 20 peserta didik terdiri dari 14 peserta didik laki-laki dan 6 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data melalui kegiatan obsevasi, wawancara, dan tes evaluasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini membuktikan bahwa pengimplementasian media flashcard materi sandhangan swara aksara Jawa mampu membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 02 Pandean. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh terlihat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 90% menjadi 95% pada siklus II.Downloads
References
Avianto, Y. F., & Prasida, T. S. (2018). Pembelajaran Bahasa Jawa Untuk Siswa Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Media Boar Game. Aksara, 133-148.
Anggraini, M., & Mahmudah, I. (2023). Penggunaan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI pada Mata Pelajaran. Matematika. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 125-131.
Arman. (2019). Media Flashcard. Kuningan: Goresan Pena.
Febrianingrum, L., & Wiranti, D. A. (2023). Pengaruh Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Aksara Jawa di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4098 - 4109.
Hadi, S., Winarto, A., Santosa, Y. B., & Nayirotin, U. (2016). Tantri Basa. Surabaya: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.
Majid, A. A., & Arief, A. (2016). Penggunan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Aksara Jawa Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Blimbing 4. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 48-54.
Nazifah, Sugiyono, & Abdussamad. (2013). Penggunaan Media Konkret Meningkatkan Aktivitas Siswa Matematika Kelas I Sdn 07 Sungai Soga Bengkayang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan.
Sumarni, Belawati, T., & Sapriati, A. (2022). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Video serta Sikap Ilmiah Siswa Terhadap Hasil Belajar. Jurnal PTK dan Pendidikan, 78-83.
Verrysaputro, E. A., & Subekti, P. A. (2023). Kontribusi Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Nusantara: Jurnal Pengembangan Bahasa dan Sastra Daerah, 22-31.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.