PENINGKATAN PEMAHAMAN SOAL CERITA MATEMATIKA MELALUI MEDIA KONKRET & SMARTBOX PADA MATERI PENGUKURAN BERAT SATUAN BAKU KELAS 2 SDN 02 PANDEAN KOTA MADIUN

Authors

  • Rhexa Ayuning Krisnawati PPG Prajabatan PGSD FKIP Universitas PGRI Madiun
  • Fauzatul Ma'rufah R Universitas PGRI Madiun
  • Erma Vismayanti SDN 02 Pandean

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16203

Keywords:

Matematika, Media Konkret, Pengukuran Berat, Satuan Baku

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep pengukuran berat satuan baku di kelas 2 SDN 02 Pandean Kota Madiun dengan menerapkan metode siklus 1 dan 2. Metode ini melibatkan identifikasi masalah, perencanaan pembelajaran, implementasi metode pengajaran, dan evaluasi hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa, didukung oleh penerapan strategi pembelajaran yang efektif. Pada Siklus 1, data hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 50% siswa yang berhasil menguasai materi dengan baik, sementara 40% siswa memerlukan bimbingan tambahan, dan 10% siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi. Pada Siklus 2, hasil penelitian menunjukkan bahwa media konkrit seperti alat ukur timbangan dan smartbox dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi pengukuran berat. Implikasi penelitian ini menyoroti pentingnya penggunaan media pembelajaran yang relevan dengan konten pembelajaran dan peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di tingkat dasar.

Downloads

References

Baiquni, I. (2016). Penggunaan media ular tangga terhadap hasil belajar metematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 193-203.

Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68-85.

Khusnaeni, A. (2024). Penerapan Teknologi Inovatif Dalam Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Di Smk Pembangunan. Jip: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(6), 877-885.

Lestari, T., Santoso, G., & Saputro, T. (2023). Meningkatkan Semangat Gotong Royong Melalui Aturan Kolaboratif Di Rumah, Sekolah, dan Sekitarnya. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 1-18.

Muktamar, A. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Implementasi Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(4), 10-18.

Mustika, I. W. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika. Jurnal ika, 18(1), 54-72.

Nurul, J. D. (2018). Proses Illusion Zone (Iz) Dosen Matematika Dalam Proses Pembelajaran Matematika Di Kelas. Lecturer Repository.

Prastowo, A. (2014). Pemenuhan kebutuhan psikologis peserta didik SD/MI melalui pembelajaran tematik-terpadu. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 1(1), 1-13.

Rompis, F. F. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Barang Bekas pada Materi Lingkaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 8(1), 21-46.

Santoso, E. (2017). Penggunaan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan

pemahaman matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1).

Wahab, A., Junaedi, S. P., Efendi, D., Prastyo, H., PMat, M., Sari, D. P., ... & Wicaksono, A. (2021). Media Pembelajaran Matematika. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model pembelajaran mastery learning upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Wandini, R. R. (2019). Pembelajaran matematika untuk calon guru mi/sd.

Zuliyawati, E. M., & Mariana, N. (2019). Eksplorasi Konsep Matematika untuk Mentransformasi Konteks Matematika SD yang Mengandung NIlai-Nilai Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(6).

Downloads

Published

2024-08-21

Most read articles by the same author(s)