HUBUNGAN ANTARA MATH ANXIETY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS KELAS V SD

Authors

  • Kinar Yoshie Universitas Negeri Jakarta
  • Prayuningtyas Angger Wardhani Universitas Negeri Jakarta
  • Indah Wardatussaidah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14851

Keywords:

Korelasional, Kecemasan Matematika, Kemampuan Komunikasi Matematis

Abstract

Salah satu keterampilan terpenting yang perlu dimiliki setiap siswa ialah kemampuan komunikasi matematis. Namun nyatanya, kemampuan komunikasi matematis siswa belum dapat dikatakan bagus. Math anxiety merupakan salah satu hal penyebab komunikasi matematika. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan antara siswa kelas V Sekolah Dasar Kelurahan Rawamangun Jakarta Timur yang memiliki Math anxiety dengan kemampuan komunikasi matematis. Siswa kelas lima SD Islam Al-Azhar 13 Rawamangun dan SDN Rawamangun 12 Pagi dipilih menggunakan teknik simple random sampling sebagai sampel penelitian ini. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Instrumen non tes dan tes dipergunakan untuk mengumpulkan data. Kuesioner dengan skala Likert digunakan untuk mengukur variabel non-tes math anxiety. Deskripsi soal dipergunakan dalam mengukur variabel tes kemampuan komunikasi matematis. Analisis Korelasi Pearson Product Moment dipergunakan dalam menganalisis data. Penelitian menunjukkan bahwa r = -0,267 dan p = 0,039 < 0,05, yang berarti terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis dan math anxiety.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alam, Syamsir. (2023). Hasil PISA 2022, Refleksi Mutu Pendidikan Nasional 2023. Diakses pada 10 Maret 2024, dari https://mediaindonesia.com/amp/opini/638003/hasil-pisa-2022-refleksi-mutu-pendidikan-nasional-2023

Amoria dkk. (2024). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berbasis Budaya Lokal. (S1 Thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji, 2024) Diakses dari https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&as_ylo=2024&q=pentungnya+komunikasi+matematis&btnG=#d=gs_qabs&t=1710263950022&u=%23p%3D5ch9yqg_a4oJ

Artama dkk. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 4(1), 34-40.

Dina dkk. (2022). Literature Review: Faktor Kecemasan Matematika Siswa dan Upaya Mengatasinya. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 443-450.

Fazriansyah, Muh Fajar. (2023). Efektivitas Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(2), 275-283.

Harefa, A. D., Lase, S., & Zega, Y. (2023). Hubungan Kecemasan Matematika Dan Kemampuan Literasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), Page 144–151.

Harususilo, Yohanes Enggar. (2019). Skor PISA 2018: Daftar Peringkat Kemampuan Matematika, Berapa Rapor Indonesia?. Diakses pada 10 Maret 2024, dari https://amp.kompas.com/edukasi/read/2019/12/07/09425411/skor-pisa-2018-daftar-peringkat-kemampuan-matematika-berapa-rapor-indonesia

Hidayati, Isra. & Armiati. (2022). Hubungan Kecemasan Matematis dan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X MIPA SMAN 1 Rumbio Jaya. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1-9.

Komalasari dkk, (2023). Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam Mengatasi Kecemasan Matematis Siswa. Gunung Djati Conference Series, 32, 7-17.

Lubis dkk. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(2), 23-34.

Pertiwi dkk. (2020). Komunikasi Matematika dalam Pemecahan Masalah. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 202-211.

Rahman, Fadya Safitri. & Wandini, Rora Rizki. (2024). Pentingnya Meningkatkan Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis dan Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Journal Innovation in Education (INOVED), 2(1), 37-46.

Ramda, Apolonia Hendrice. & Gunur, Bedilius. (2021). Hubungan Kecemasan Matematika dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 6(2), 130-140.

Ririk dkk. (2022). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Tondano. Adiba: Journal Of Education, 2(3), 441-451.

Sarumaha dkk. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 21-30.

Subroto. (2022). Literasi Matematika Menurut NCTM (National Council of Teachers of Mathematics). Diakses 9 Maret 2024, dari Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Susriyati, Dwi. & Yurida, Siti. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbasis Karakter. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 272-280.

Yohanes, Barep. (2020). Matematika Sekolah. Yogyakarta: Elmatera.

Yuliati dkk. (2024). Pengaruh Math anxiety dan Self Efficacy terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 302-314.

Downloads

Published

2024-06-12

Most read articles by the same author(s)