HUBUNGAN PROKRASTINASI AKADEMIK DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD DI KECAMATAN PONDOK AREN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13747Keywords:
prokrastinasi akademik, pemecahan masalah, matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana hubungan antara prokrastinasi akademik dan pemecahan masalah matematika. Lokasi penelitian dilakukan di SDN Pondok Betung 01 Kecamatan Pondok Aren. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pondok Betung 01 di kecamatan Pondok Aren yang berjumlah 28 siswa diantaranya 19 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat hubungan signifikan antara prokrastinasi akademik dan kemampuan pemecahan masalah matematika.Downloads
References
Abror M. H. (2022). Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 233-242.
Asfar, A. M. Irfan Taufan dan Syarif Nur. 2018. Model Pembelajaran PPS (Problem Posing & solving): Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Sukabumi: Jejak.
Ferrari, Joseph R., dkk. 1995.
Procrastination and Task Avoidance (Theory, Research, and Treatment). New York: Plenum Press.
Najoan, Roeth A. O. 2019. Strategi Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika di Sekolah Dasar. Minahasa Utara: Yayasan Makaria Waya.
Burhan, M. N. I., & Herman. 2019. Perilaku Prokrastinasi Akademik Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar). Social Landscape Journal. (2019). (online, diakses pada 30 Januari 2021)
Chisan, F. K. & Jannah, M. (2021). Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Sekolah Menegah Atas. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(5).
Dewi, N., Asifa, S. N., & Zanthy, L. S. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematikka, 9(1).
Fitriana, D. A. (2022). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penilaian Matematika Dengan Problem Solving Berbasis Penskoran Politomus. Jurnal IKLILA: Studi Islam Dan Sosial, 5(1).
Fitriatien, S. R. (2020). Evaluasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika.
Hermawan, Z. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Individual Teknik Behavior Self-Managemen Untuk Mengatasi Prokastinasi Akademik Siswa. Bimbingan Konseling Islami, 1.
Leksono, I. P. & Fitriatien, S. R. (2021). Development of Mathematic Learning Set Based On Pedagogical Content Knowledge to Improve Mathematics Problem Solving Ability. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(1).
Nugroho, W. D. (2019). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Prokrastinasi Akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(3).
Rosmaini, R. (2023). Analisis Faktor- faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(2).
Sahaya, D. E. A., & Yuniantaq, T. N. H. (2020). Profil Karakter Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).
Susilawati, Rifani, E., Ummah, F. S., & Musrifah, U. (2022). Hubungan Resilensi Akademik Mahasiswa dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa di Era New Normal. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 3(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.