ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN MENYIMAK BAHASA INDONESIA PADA KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR KELAS II
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13731Keywords:
Indonesian language learning, listening skills, learning media, lower grades, effectiveness, Pembelajaran Bahasa Indonesia, keterampilan menyimak, media pembelajaran, kelas rendah, efektivitasAbstract
Learning Indonesian at the basic education level plays an important role in forming students communication and literacy skills. One of the vital skills in learning Indonesian is listening skills. However, there are still problems in developing effective learning strategies to improve the listening skills of lower grade students. Therefore, this study aims to evaluate the effectiveness of learning media on the listening skills of lower grade students in elementary schools. The research method used is a literature review study by collecting related articles from Google Scholar. Data analysis was carried out using a simplified approach. The research results showed that learning media such as animated fairy tale videos, hand puppets and pop up books made a significant positive contribution to the listening skills of lower grade students. However, the use of learning media also requires a deep understanding of the material presented and appropriate management on the part of the teacher. Thus, this research provides support for the role of learning media in improving the listening skills of lower grade students. Pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat pendidikan dasar memegang peranan penting dalam membentuk kemampuan komunikasi dan literasi siswa. Salah satu keterampilan yang vital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah keterampilan menyimak. Namun, masih terdapat permasalahan dalam pengembangan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran terhadap keterampilan menyimak siswa kelas rendah di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur review dengan mengumpulkan artikel-artikel terkait dari Google Scholar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan simplified approach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran seperti video animasi dongeng, boneka tangan, dan buku pop up memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap keterampilan menyimak siswa kelas rendah. Meskipun demikian, penggunaan media pembelajaran juga membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang materi yang disampaikan dan pengelolaan yang tepat dari pihak guru. Dengan demikian, penelitian ini memberikan dukungan terhadap peran media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas rendah.Downloads
References
Abdul Khaliq, Barsihanor, Tutus Rani Arifa. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS I DI SDIT ROBBANI BANJARBARU. MUALLIMUNA: JURNAL MADRASAH IBTIDAIYAH, Vol. 5 No. 2, 95-102.
Choeriyah, Y., Kholik, A., & Prasetyo, T. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Siswa Melalui Media Pembelajaran Audio Visual Di Kelas V SDN Gunung Bunder 05. AL-KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(1), 28-36.
Fadilah, S. N. A. (2021). Keterampilan Menyimak Siswa Sekolah Dasar (Studi Pustaka Terhadap Hasil Penelitian di Sekolah Dasar Negeri dan Swasta). Skripsi. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hasan, L. N., & Chumairoh, K. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dongeng Untuk Pembelajaran Menyimak Cerita Di Kelas III Sdn Sukabumi VI Probolinggo. JOB (Jurnal Online Baradha), 17(1), 367-385.
Krisanti, R. Y., Suprihatien, S., & Suryarini, D. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Tangan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menyimak Dongeng Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 24-35.
Kumalasary, A. N. (2018). Penerapan Media Panggung Boneka Dapat Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran Menyimak Cerita Siswa Kelas 1 Sd. PTK A4 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Marisya, A., Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learningpada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli.
Mirnawati, L. B., Faradita, M. N., & Anggraenie, B. T. (2023). Pengembangan Media Big Book Tema Kebersamaan Dalam Mendukung Pembelajaran Keterampilan Menyimak Siswa Kelas II Sekolah Dasar. PROCEEDING UMSURABAYA.
Pane, A. (2018). Menyimak sebagai Keterampilan Berkomunikasi. Jurnal Thariqah Ilmiah, Vol. 06.
Pebriana, U., Ekowati, D. W. W., & Fantiro, F. A. (2017). Peningkatan keterampilan menyimak melalui model pembelajaran artikulasi dan media boneka tangan pada pembelajaran tematik kelas 1 SDN Pejok II Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (P2SD), 5(2), 766-772.
Putri, Q. K., Pratjojo, P., & Wijayanti, A. (2019). Pengembangan media buku Pop-Up untuk meningkatkan kemampuan menyimak tema menyayangi tumbuhan dan hewan di sekitar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 169-175.
Ratnaningsih, A. S. (2021). Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng melalui Model Paire Storytelling dengan Media Wayang Kartun pada Siswa Kelas II Semester Ganjil SDN Jatibaru Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat.
Sofi, A. N. S., & Praheto, B. E. (2023). Penggunaan media boneka tangan untuk pembelajaran berbicara pada siswa kelas rendah sekolah dasar. Bulletin of Educational Management and Innovation, 1(2), 109-121.
Subakti, H. (2023). Analisis Keterampilan Menyimak Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar Kota Samarinda. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(6), 2536-2541.
Wardono, M. S., & Kurniawati, R. (2022). PENGARUH MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG SISWA KELAS 1 SD LABSCHOOL UNESA. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 1(3), 271-281.
Wulandari, AP., Salsabila, AA., Cahyani, K., Nurazizah, TS., Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal on Education, 05(02), 3928-3936.
Wulandari, I. F., Sholeh, K., & Syaflin, S. L. (2023). Pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap keterampilan menyimak siswa kelas III SD Negeri 81 Palembang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5841-5853.
Jaya, H. F., Syam, C., & Seli, S. (2019). ¬ PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK SYAIR MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(10).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.