HUBUNGAN KONSENTRASI BELAJAR DENGAN SELF EFFICACY SISWA KELAS V SD PADA MUATAN IPS

Authors

  • Luthfiah Hanum Universitas Negeri Jakarta
  • Indah Wardatussa’idah Universitas Negeri Jakarta
  • Prayuningtyas Angger Wardhani Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13654

Keywords:

Konsentrasi Belajar, Self Efficacy, Sekolah Dasar

Abstract

Self efficacy adalah keyakinan diri individu dalam memperhitungkan kemampuan dirinya dalam melakukan sesuatu untuk mencapai hasil pada situasi dan kondisitertentu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya self efficacy siswa,khususnya jenjang sekolah dasar pada muatan IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi atau hubungan yang terdapat antara konsentrasi belajar dan self efficacy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif denganmetode korelasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simplerandom sampling melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini adalah terdapathubungan positif antara konsentrasi belajar dengan self efficacy sebesar .338(r>0.05) dengan derajat hubungan korelasi yang lemah. Secara keseluruhan,penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa semakin tinggi tingkat konsentrasi belajarsiswa, semakin tinggi pula tingkat self efficacy mereka dalam pembelajaran IPS,maka kepercayaan diri siswa akan kemampuan mereka untuk memahami materipembelajaran, mengerjakan tugas maupun ulangan akan meningkat pula.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, A., Sucipto, & Hilyana, S. F. (2022). Konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Jurnal Educatio, 8(4), 1261–1268. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3120

Aprillianti, S. W., & Kusuma Dewi, D. (2022). Hubungan antara SelfEfficacy dengan Prestasi Belajar Siswa di SMA X. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 13(2), 195–213. https://doi.org/10.26740/jptt.v13n2.p195-213

Balaka, M. Y. (2022). Metode penelitian Kuantitatif. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif, 1, 130.

Fitriyah, L. A., Wijayadi, A. W., Manasikana, O. A., & Hayati, N. (2019). Diri, Menanamkan Efikasi Emosi, Kestabilan (Issue 55).

Mustofa, Z., Ulya, I. L., Muqorrobbin, Z., Pangestu, R. T., Rochim, R. L., & Prayitno, M. A. (2023). Strategi Peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa dalam Memahami Materi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Damhil Education Journal, 3(1), 19–35. https://doi.org/10.37905/dej.v3i1.1755

Riinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid19 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2305–2312. https://doi.org/10.31004/edukatif. v3i4.886

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian (1st ed.). PENERBIT KBM INDONESIA.

Seran, E. Y., & Marwadani. (2021). Konsep Dasar IPS (1st ed.). CV Budi Utama.

Sumargo, B. (2020). TEKNIK SAMPLING.

Downloads

Published

2024-05-19

Most read articles by the same author(s)