PENGADAPTASIAN METODE STEM DI TINGKAT SEKOLAH DASAR: KEUNGGULAN PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN TEKNOLOGI WORDWALL

Authors

  • Syinta Nur Universitas Jember
  • Mita Riski Annisa Universitas Jember
  • Alvira Fedora Universitas Jember
  • Maretha Dewi Anggraeni Universitas Jember
  • Sri Wahyuni Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14787

Keywords:

STEM, Wordwall, Teknologi

Abstract

Pendidikan di era zaman sekarang lebih canggih dengan adanya berbagai teknologi di revolusi industri 5.0. Adanya teknologi yang bervareasi, dibutuhkannya pendekatan inovatif dan responsif. Salah satu metode pembelajaran yang berkembang saat ini yaitu Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). Metode STEM dikembangkan di tingkat menengah dengan tujuan meningkatkan keterlibatan siswa dan memepersiapkan siswa untuk menghadapi masa depan yang lebih kompleks di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Teknologi wordwall merupakan salah satu contoh penerapan dari metode STEM. Pada teknologi wordwall ini memungkinkan guru untuk memberikan pemebalajaran kepada siswa yang lebih vareatif seperti kuis, puzzle kata, dan flashcards. Penerapan metode STEM di tingkat menengah dengan menggunakan teknologi wordwall merupakan sebuah langkah yang inovatif dalam meningkatkan pembelajaran di era revolusi industri ini. Dengan adanya fitur-fitir yang menarik yang disediakan oleh wordwall, guru dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik dan relevan sehingga siswa dapat lebih giat dalam belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, R. (2024). Pendekatan STEM Dalam Pembelajaran Modern. Sukabumi:CV Jejak.

Bastian, A., dan Reswita. (2022). Model dan Pendekatan Pembelajaran. Indramayu: CV Adanu Abimata.

Diana, N., Suhendra, Turmudi, D. Juandi. (2023). Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan STEM. Banda Aceh:Syiah Kuala University Press.

Fikriansyah, M., dan I. Layyinnati. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Webside (Wordwall) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 07 Paciran.

Hendra, H. Afriyadi, Tanwir, N.

Hayati, Supardi, S. N. Laila, Y. F. Prakasa, R. P. A. Hasibuan, dan A. D. A. Asyhar. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Jambi:PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Koriyah, R., dan A. Muhid. (2022). Inovasi teknologi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi wordwall Website pada mata pelajaran PAI di masa penerapan pembelajaran jarak jauh: tinjauan pustaka. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. 9:(3).

Mahwati, Y. (2023). Menulis Kajian Literatur Naratif. Sleman:CV BUDI UTAMA.

Novallyan, D., D. Gusfarenie, R. Safit, Nehru, dan C. Riantoni. (2022). Pembelajaran Berbasis STEM. Pekalongan: Penerbit NEM.

Patriawan, D. A., Yulfiah, dan M. Basuki. (2023). Konsep Teknologi: Bagaimana Cara Mata Memandang Teknologi. Yogyakarta: Cahaya Harapan.

Shofia, N. A., dan E. L. F. Ahsani. (2021). Pengaruh penguasaan IT guru terhadap kualitas pembelajaran di masa depan. Forum Pedagogik. 12:(2).

Downloads

Published

2024-06-11

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>