RESPON SISWA KELAS 5 SDN PLALANGAN 01 TERKAIT MATERI RANGKAIAN LISTRIK MENGGUNAKAN EKSPERIMEN LISTRIK SEDERHANA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14266Keywords:
Eksperimen, Rangkaian Listrik, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik kelas 5 SDN Plalangan 1 terkait eksperimen rangkaian listrik sederhana pada materi rangkaian listrik. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 5 SDN Plalangan 01. Data penelitian diperoleh dengan cara eksperimen langsung terhadap siswa kelas 5 SDN Plalangan 01 pada materi rangkaian listrik sederhana. Setelah data terkumpul, data dianalisis secara deskriptif. Terdapat banyak materi pembelajaran khususnya IPA yang cenderung sulit dijelaskan secara lisan oleh guru khususnya jenjang sekolah dasar, sehingga diperlukan eksperimen sederhana untuk mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Eksperimen rangkaian listrik sederhana merupakan sebuah metode eksperimen dengan cara praktek langsung menggabungkan beberapa rangkaian listrik, seperti rangkaian listrik seri dan paralel. Materi rangkaian listrik cenderung sulit dipahami oleh siswa sekolah dasar saat dijelaskan oleh guru secara lisan, karena materinya yang cenderung tidak terlihat dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap eksperimen sederhana rangkaian listrik menunjukkan siswa sangat senang, interaktif, tertarik untuk mencari tahu konsep kerja dari rangkaian listrik dan paralel. Selain itu, penerapan eksperimen mudah dilakukan dan mudah dipahami oleh siswa kelas 5 SDN Plalangan 01.Downloads
References
Anggito, A., J. Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Ayub, S., W. Wahyudi., E. P. Handayani. 2022. Penguasaan Konsep Rangkaian Seri dan Paralel Melalui Penggunaan Kit Listrik SEQIP di SD Negeri 6 Mataram. Jurnal Pendidikan, IPA, Geologi, dan Geofisika. 3(2): 6-10.
Febiana, A. A., I. T. Ningrum., k. N. Aisyah., W. kurniawati. 2023. Pembelajaran Rangkaian Seri Dan Paralel Di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia. 1(2): 269-275.
Kartika, D. D. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Materi Rangkaian Listrik Melalui Metode Eksperimen Siswa Kelas VI SDN Junrejo 01 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora. 2(1): 146-167.
Wahyuni, S., A. Hariadi, Alimansyah. 2023. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Muatan IPA Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Video Interaktif. Journal Of Education. 5(2): 5152-5172.
Warsiyah, 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Rangkaian Listrik Sederhana Kelas VI Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 di SD Negeri Karangnudi 2 Ngrampal Sragen. Journal of Education Research. 4(2): 116-121.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.