IMPLEMENTASI PERENCANAAN BERBASIS DATA DALAM PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI SDN 3 BEBENGAN KABUPATEN KENDAL

Authors

  • Dewi Nur Laksmi Astutiningtyas UNIVERSITAS PGRI SEMERANG
  • Ima Puji Astuti Managemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
  • Nofita Wulandari Managemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
  • Nurkolis Managemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14617

Keywords:

Perencanaan Berbasis Data (PBD), Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS), Pengelolaan pembiayaan pendidikan

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) dalam mengelola pendanaan pendidikan di SDN 03 Bebengan, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal. Fokusnya adalah menilai integrasi temuan dari laporan rapor pendidikan ke dalam Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS). Metode deskriptif kualitatif digunakan, dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa meskipun SDN 03 Bebengan telah mengidentifikasi masalah melalui laporan rapor pendidikan, integrasi temuan ke dalam RKAS belum efektif. Alokasi anggaran tidak sepenuhnya mengatasi kebutuhan yang diidentifikasi, seperti peningkatan keterampilan membaca dan matematika serta peningkatan iklim keamanan sekolah. Rekomendasi meliputi peningkatan persiapan RKAS melalui perencanaan yang sistematis, analisis data yang lebih mendalam, dan keterlibatan pemangku kepentingan. Studi ini menekankan pentingnya integrasi data dalam manajemen pendidikan dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui manajemen keuangan yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

-Article Text-520529139-1-10-20240314. (n.d.).

-Artikel Teks Penelitian (_Word)-10616-2-10-20230308. (n.d.).

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.

Hasan, M., Tuti Khairani Harahap, Mp., Syahrial Hasibuan, Ms., Iesyah Rodliyah, M., Sitti Zuhaerah Thalhah, Mp., Cecep Ucu Rakhman, Mp., Paskalina Widiastuti Ratnaningsih, M., Inanna, Mh., Andi Aris Mattunruang, Mp. S., Nursaeni, Mp., Yusriani, Mp., Nahriana, Mk., Dumaris Silalahi, Mp. E., Dra Sitti Hajerah Hasyim, Mp., Azwar Rahmat, Ms., Yetty Faridatul Ulfah, Mtp., & Nur Arisah, Mh. (n.d.). METODE PENELITIAN KUALITATIF.

Imza Mahendra, Y., Mus, S., & Pettarani Kota Makassar Alamat, J. A. (n.d.). PERENCANAAN BERBASIS DATA PADA PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI UPT SMPN 9 BINAMU KABUPATEN JENEPONTO DATA-BASED PLANNING IN THE IMPLEMENTATION OF THE DRIVING SCHOOL PROGRAM AT UPT SMPN 9 BINAMU JENEPONTO DISTRICT.

Indahri, Y. (2021). Asesmen Nasional sebagai Pilihan Evaluasi Sistem Pendidikan Nasional. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 12(2). https://doi.org/10.46807/aspirasi.v12i2.2364

Jemmy Ferry Anggriawan Fadli Agus Triansyah Akib Abdul Tahir Akademi Teknik SoroakoI, M., & Tinggi Teologia Baptis Indonesia, S. (n.d.). PEMANFAATAN PLATFORM RAPOR PENDIDIKAN INDONESIA TERHADAP PERENCANAAN BERBASIS DATA. https://doi.org/10.26740/jdmp.v7n2.p201-10

Lokakarya, K., Berbasis, P., Program, D., Penggerak, S., I, A., Ketiga, T., Kabupaten, D., Rahma, S., & Hamzah, A. (2024). Madani : Indonesian Journal Of Civil Society. 6(1), 53–64. https://ejournal.pnc.ac.id/index.php/madani

Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363

Pendidikan Identifikasi, R., & Refleksi, B. (n.d.). RAPOR PENDIDIKAN INDONESIA.

Prahara, T. O., Mujtahid, I. M., & Rosita, T. (2022). Pengaruh Supervisi dan Peran Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Mengajar Guru SD Negeri di Kecamatan Rumbai Pesisir. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 75. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.75-86.2022

Purnama, N., & Kota, T. (n.d.). Analisis Pelaksanaan Perencanaan Berbasis Data di SDN 001 Tembilahan Kota Untuk Mengetahui Kebutuhan Sekolah. https://ejournal.igiinhil.id/index.php/IGISinergitas

Rubiherlan, Y., Pristi, M., Nursanti, F. E., Handayani, S., & Muchtar, H. S. (n.d.). Pemanfaatan Rapor Pendidikan Pada Pengembangan Program di SDN Puncak 2. https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id?login,

Sri Lena, M., Nendra, F., Rahim, Z., & Tricia, A. (n.d.). PRAKTIK OBSERVASI SEKOLAH. www.madzamedia.co.id

Suciono, W. (2021). Berpikir kritis (tinjauan melalui kemandirian belajar, kemampuan akademik dan efikasi diri). Penerbit Adab.

Susanto, D., Jailani, Ms., & Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (n.d.). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim

Syamsuddin, M. A., & Harianto, B. T. (2023). ANALISIS RAPOR PENDIDIKAN SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN PROGRAM BERBASIS DATA. 7. https://doi.org/10.37250/newkiki.v4i1.207

Umanailo, M. C. B. (2019). Integration of Community Empowerment Models [Pengintegrasian Model Pemberdayaan Masyarakat]. Proceeding of Community Development, 2, 268. https://doi.org/10.30874/comdev.2018.319

Wahib, A. (n.d.). Manajemen Evaluasi Program Supervisi Pendidikan. https://e-journal.staima-

Yunarti, T., & Amanda, A. (n.d.). Pentingnya Kemampuan Numerasi Bagi Siswa (Vol. 2).

Downloads

Published

2024-06-11

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2