KOMUNITAS BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN YANG BERPUSAT PADA SISWA SD DI KECAMATAN UNGARAN TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23584Keywords:
Komunitas belajar, Capaian Pembelajaran, Mutu PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan kapasitas
manajemen sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian dilakukan
dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kasus pada dua sekolah
dasar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kapasitas manajemen sekolah yang baik
berdampak positif pada mutu pendidikan. Kapasitas ini dikembangkan melalui
komunitas belajar yang ada di sekolah. Fokus utama komunitas ini adalah
keteladanan kepemimpinan, pembelajaran bersama antar pendidik dan tenaga
kependidikan dalam proses manajemen, serta pengembangan kreativitas dalam
memecahkan masalah. Selain itu, penyediaan lingkungan kerja yang sehat juga
merupakan faktor penting keberhasilan komunitas belajar. Peneliti
merekomendasikan beberapa hal bagi sekolah: 1) melibatkan berbagai pihak untuk
menilai menilai keberhasilan sekolah; 2) memanajemen informasi kepada semua
pihak terkait; 3) memberikan solusi bagi pihak yang mengalami kesulitan dalam
menjalanjan tugas pokok dan fungsinya; 4) mengokohkan komunitas belajar
sebagai sebuah keluarga; 5) melakukan refleksi keterlibatan masing-masing pendidik dan tenaga kependidikan; 6) memaksimalkan kegiatan dialog, refleksi, dan
evaluasi; dan 7) menciptakan suasana sekolah yang nyaman bagi semua pihak.
Downloads
References
BS Mardiatmadja, S. J. (2017).
Komunitas Belajar. PT Kanisius.
DuFour, R., & Reeves, D. (2016).
The futility of PLC lite. Phi Delta
Kappan, 97(6), 69-71.
Fadhilaturrahmi, F. (2018).
Lingkungan Belajar Efektif Bagi
Siswa Sekolah Dasar. Jurnal
Basicedu, 1(2), 61-69.
Direktorat GTK-RI. Jakarta
Ikhsandi, M. R. H., & Ramadan,
Z. H. (2021). Kepemimpinan
Kepala Sekolah dalam
Meningkatkan Kinerja Guru
Sekolah Dasar. Jurnal
Basicedu, 5(3), 1312-1320.
DOI:
10.31004/basicedu.v5i3.901.
Kasmawati, Y. (2020). Peningkatan
Kompetensi Melalui
Kolaborasi: Suatu Tinjauan
Teoritis Terhadap Guru.
Equilibrium: Jurnal Pendidikan,
8(2), 136-142.
Kemendikbudristek. (2023).
Panduan Komunitas Belajar. Dirjen
DTK. Jakarta
Milaini, L. R., Hasibuan, W. F.,
Novita, E., Tan, T., & Noer, R.
M. (2023). Catatan Penggerak
Merdeka Belajar. Stiletto Book.
Ulfa, A., Fitria, H., & Nurkhalis, N.
(2021). Peranan Komunikasi
Interpersonal Kepala Sekolah dalam
Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal
Pendidikan Tambusai, 5(1), 1223
1230.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.