KOMUNITAS BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN YANG BERPUSAT PADA SISWA SD DI KECAMATAN UNGARAN TIMUR

Authors

  • Farid Ubaidillah UPGRIS Semarang
  • Tutik Yuliarsih UPGRIS Semarang
  • Nurkolis UPGRIS Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23584

Keywords:

Komunitas belajar, Capaian Pembelajaran, Mutu Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan kapasitas manajemen sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kasus pada dua sekolah dasar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kapasitas manajemen sekolah yang baik berdampak positif pada mutu pendidikan. Kapasitas ini dikembangkan melalui komunitas belajar yang ada di sekolah. Fokus utama komunitas ini adalah keteladanan kepemimpinan, pembelajaran bersama antar pendidik dan tenaga kependidikan dalam proses manajemen, serta pengembangan kreativitas dalam memecahkan masalah. Selain itu, penyediaan lingkungan kerja yang sehat juga merupakan faktor penting keberhasilan komunitas belajar. Peneliti merekomendasikan beberapa hal bagi sekolah: 1) melibatkan berbagai pihak untuk menilai menilai keberhasilan sekolah; 2) memanajemen informasi kepada semua pihak terkait; 3) memberikan solusi bagi pihak yang mengalami kesulitan dalam menjalanjan tugas pokok dan fungsinya; 4) mengokohkan komunitas belajar sebagai sebuah keluarga; 5) melakukan refleksi keterlibatan masing-masing pendidik dan tenaga kependidikan; 6) memaksimalkan kegiatan dialog, refleksi, dan evaluasi; dan 7) menciptakan suasana sekolah yang nyaman bagi semua pihak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BS Mardiatmadja, S. J. (2017).

Komunitas Belajar. PT Kanisius.

DuFour, R., & Reeves, D. (2016).

The futility of PLC lite. Phi Delta

Kappan, 97(6), 69-71.

Fadhilaturrahmi, F. (2018).

Lingkungan Belajar Efektif Bagi

Siswa Sekolah Dasar. Jurnal

Basicedu, 1(2), 61-69.

Direktorat GTK-RI. Jakarta

Ikhsandi, M. R. H., & Ramadan,

Z. H. (2021). Kepemimpinan

Kepala Sekolah dalam

Meningkatkan Kinerja Guru

Sekolah Dasar. Jurnal

Basicedu, 5(3), 1312-1320.

DOI:

10.31004/basicedu.v5i3.901.

Kasmawati, Y. (2020). Peningkatan

Kompetensi Melalui

Kolaborasi: Suatu Tinjauan

Teoritis Terhadap Guru.

Equilibrium: Jurnal Pendidikan,

8(2), 136-142.

Kemendikbudristek. (2023).

Panduan Komunitas Belajar. Dirjen

DTK. Jakarta

Milaini, L. R., Hasibuan, W. F.,

Novita, E., Tan, T., & Noer, R.

M. (2023). Catatan Penggerak

Merdeka Belajar. Stiletto Book.

Ulfa, A., Fitria, H., & Nurkhalis, N.

(2021). Peranan Komunikasi

Interpersonal Kepala Sekolah dalam

Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal

Pendidikan Tambusai, 5(1), 1223

1230.

Downloads

Published

2024-12-31

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>