KOMUNITAS BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN YANG BERPUSAT PADA SISWA SD DI KECAMATAN UNGARAN TIMUR

Authors

  • Farid Ubaidillah UPGRIS Semarang
  • Tutik Yuliarsih UPGRIS Semarang
  • Nurkolis UPGRIS Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23584

Keywords:

Komunitas belajar, Capaian Pembelajaran, Mutu Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan kapasitas
manajemen sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian dilakukan
dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kasus pada dua sekolah
dasar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kapasitas manajemen sekolah yang baik
berdampak positif pada mutu pendidikan. Kapasitas ini dikembangkan melalui
komunitas belajar yang ada di sekolah. Fokus utama komunitas ini adalah
keteladanan kepemimpinan, pembelajaran bersama antar pendidik dan tenaga
kependidikan dalam proses manajemen, serta pengembangan kreativitas dalam
memecahkan masalah. Selain itu, penyediaan lingkungan kerja yang sehat juga
merupakan faktor penting keberhasilan komunitas belajar. Peneliti
merekomendasikan beberapa hal bagi sekolah: 1) melibatkan berbagai pihak untuk
menilai menilai keberhasilan sekolah; 2) memanajemen informasi kepada semua
pihak terkait; 3) memberikan solusi bagi pihak yang mengalami kesulitan dalam
menjalanjan tugas pokok dan fungsinya; 4) mengokohkan komunitas belajar
sebagai sebuah keluarga; 5) melakukan refleksi keterlibatan masing-masing pendidik dan tenaga kependidikan; 6) memaksimalkan kegiatan dialog, refleksi, dan
evaluasi; dan 7) menciptakan suasana sekolah yang nyaman bagi semua pihak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BS Mardiatmadja, S. J. (2017).

Komunitas Belajar. PT Kanisius.

DuFour, R., & Reeves, D. (2016).

The futility of PLC lite. Phi Delta

Kappan, 97(6), 69-71.

Fadhilaturrahmi, F. (2018).

Lingkungan Belajar Efektif Bagi

Siswa Sekolah Dasar. Jurnal

Basicedu, 1(2), 61-69.

Direktorat GTK-RI. Jakarta

Ikhsandi, M. R. H., & Ramadan,

Z. H. (2021). Kepemimpinan

Kepala Sekolah dalam

Meningkatkan Kinerja Guru

Sekolah Dasar. Jurnal

Basicedu, 5(3), 1312-1320.

DOI:

10.31004/basicedu.v5i3.901.

Kasmawati, Y. (2020). Peningkatan

Kompetensi Melalui

Kolaborasi: Suatu Tinjauan

Teoritis Terhadap Guru.

Equilibrium: Jurnal Pendidikan,

8(2), 136-142.

Kemendikbudristek. (2023).

Panduan Komunitas Belajar. Dirjen

DTK. Jakarta

Milaini, L. R., Hasibuan, W. F.,

Novita, E., Tan, T., & Noer, R.

M. (2023). Catatan Penggerak

Merdeka Belajar. Stiletto Book.

Ulfa, A., Fitria, H., & Nurkhalis, N.

(2021). Peranan Komunikasi

Interpersonal Kepala Sekolah dalam

Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal

Pendidikan Tambusai, 5(1), 1223

1230.

Downloads

Published

2024-12-31