EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 91 SINGKAWANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14592Keywords:
Kata Kunci: Efektivitas, Model pembelajaran Problem Based Learning, Hasil belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas III pada materi keberagaman budaya. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 91 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif eksperimen dengan metode quasi experimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas III SDN 91 Singkawang dengan teknik pengambilan sampel berupa sampel jenuh (total sampling). Penelitian dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa berjumlah 22 orang dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan siswa berjumlah 22 orang. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan efektifitas penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dibandingkan model pembelajaran konvensional pada kelas III SDN 91 Singkawang yang dianalisis menggunakan uji Uji t yaitu 0.01 < 0.05 ; (2) Terdapat peningkatan efektivitas pada model Problem Based Learning terhadap hasil belajar PPKn pada kelas III SDN 91 Singkawang yang dianalisis menggunakan uji Effect size dari kelas eksperimen 2.94 > 1,45 dan kelas kontrol 2.91 > 1,45.Downloads
References
Hartono. (2019). Metodologi Penelitian. Pekanbaru: Zanafa Publishing.
Madiong, B. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan Civic Education. Makasar: Celebes Media Perkasa.
Nuraida, D. (2019). “Peran guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran”. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 51-60.
Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belaar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Tohardi, Ahmad. (2019). Pengantar Metodologi Penelitian Sosial Plus. Pontianak.
Wahyuni, Winda Dwi. 2017. Pengaruh Model PBL terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol: 5 No: 2.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.