PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI RANTAI MAKANAN SISWA KELAS V SD

Authors

  • Lailatul Maghfiroh Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Triman Juniarso Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Amelia Widya Hanindita Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14044

Keywords:

Model Pembelajaran Problem Based Learning, Media Diorama, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi rantai makanan, hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan masih konvensional. Oleh karena itu, peneliti beranggapan bahwa dengan digunakannya model pembelajaran baru diharapkan mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar sehingga hasil belajar juga meningkat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media diorama terhadap hasil belajar IPA materi rantai makanan kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penelitian eksperimen menggunakan desain ekperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan pretest-posttest with control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Problem Based Learning berbantu media diorama terhadap hasil belajar IPA materi rantai makanan kelas V. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar yang mengalami peningkatan dalam penelitian. Nilai mean posttest kelas kontrol sebesar 78.27 lebih besar daripada pretest kelas kontrol yaitu sebesar 50.77. Nilai mean posttest kelas eksperimen sebesar 83.65 lebih besar daripada pretest kelas kontrol yaitu sebesar 53.65. Nilai signifikansi yang menunjukkan 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media diorama terhadap hasil belajar IPA materi rantai makanan kelas V SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian (suatu pendekatan praktik). Jakarta: Rineka.

Asri, Y.N., Rahmi Mudia Alti, Vini Rizqi, Ely Rismawati & Ni Putu Gatriyani 2022. Model- Model Pembelajaran. Sukabumi: Haura Utama.

Djonomiarjo, Triono, and Patilanggio. 2018. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar.” Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Aksar 05: 39–46. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index.

Fauziyah, Nur Endah Hikmah, and Indri Anugraheni. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4 (4): 850–60. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.459.

Fitria, Siti Zahrotul Ulumul, and Suryanti. 2022. “Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Abstrak.” Jpgsd 11: 1100–1113.

Jumiati. 2017. “Penerapan Metode Karya Wisata Pada Konsep Dasar IPA MI/SD Materi Perkembangbiakan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PGMI.” Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 19-27. http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v2i2.765

Kintoko, Niken. 2019. Bahan Ajar Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT. http://repository.upy.ac.id/id/eprint/4190

Mahmudah, Laily. 2019. “Penggunaan Media Monopoli Untuk Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Hubungan Makan dan Dimakan Antar Makhluk Hidup (Rantai Makanan) Siswa Kelas IV SDN Puhjarak 1 Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018.” Simki-Pedagogia 3: 3–7. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri. simki.unpkediri.ac.id

Maria Dimova, Cookson, and Peter M.R. Stirk. 2019. “Multiculturalism and Moral Conflict” 9–25. https://www.taylorfrancis.com/books/edit/10.4324/9780203869444/multiculturalism- moral-conflict-maria-dimova-cookson-peter-stirk

Marliana, R, H S Iriansyah, 2021. “Peningkatan Hasil Belajar Keberagaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Melalui Metode Problem Solving.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 280-285) https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/download/1308/9.

Putri, D. A., Suwatno, S., & Sobandi, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Metode Pembelajaran Team Games Tournaments dan Team Assisted Individualization. Jurnal Manajerial. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.97

Rufaidah, Fika Karunia, and Arta Ekayanti. 2022. “Hubungan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Motivasi Belajar & Kemampuan Pemecahan Masalah.” Edupedia 5 (2): 202. https://doi.org/10.24269/ed.v5i2.1005.

Santi, Mentari Dharma, Farida Nursyahidah, Aryo Andri Nugroho, and Estiyani Estiyani. 2023. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Canva Pada Siswa Kelas V SDN Pandeanlamper 03.” Journal on Education 5 (4): 12272–80. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2199.

Santoso, Singgih. 2016. Statistik Parametrik Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo

Sholikin, Nur Wiji, Imam Sujarwo, and Abdussakir Abdussakir. 2022. “Penerapan Teori Belajar Bermakna Untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa Kelas X.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 6 (1): 386–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1163.

Singh, Perbindar Kaur Pajan, and Harwati Hashim. 2020. “Using Jazz Chants to Increase Vocabulary Power among ESL Young Learners.” Creative Education 11 (03): 262–74. https://doi.org/10.4236/ce.2020.113020.

Syahputra, Yuda, Ardimen Ardimen, Romi Fajar Tanjung, Lira Erwinda, Afifah Nawang Wulan, Chairatul Fadhila, and Famela Zulfikar. 2022. “Pengembangan Instrumen Keterampilan Belajar Mahasiswa.” Cenderawasih Journal of Counseling and Education 1(2): 55–65. https://doi.org/10.31957/cjce.v1i2.2631.

Umar. 2014. “Peran dan Fungsi Media Pembelajaran.” Jurnal Tarbiwiyah 11 (1): 131–44. Wahyuningtyas, Rizki, and Bambang Suteng Sulasmono. 2020. “Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2 (1): 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77.

Downloads

Published

2024-06-03

Most read articles by the same author(s)