PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SDN RAWAMANGUN 01

Authors

  • Jembar Tahta Aunillah Universitas Negeri Jakarta
  • Petrus Paulus Mbette Suhendro Universitas Negeri Jakarta
  • Fahrurrozi Universitas Negeri Jakarta
  • Uswatun Hasanah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13464

Keywords:

Keywords: Gaya Belajar, Prestasi Belajar, Matematikan

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika di SDN Rawamangun 01. Metode kuantitatif digunakan untuk menganalisis data statistik dari 100 siswa kelas 4, 5, dan 6. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar (visual, auditorial, dan kinestetik) dengan prestasi belajar Matematika. Temuan penelitian ini menegaskan pentingnya memahami gaya belajar siswa untuk meningkatkan proses pembelajaran. Siswa dengan gaya belajar auditorial cenderung responsif terhadap diskusi verbal, sementara siswa dengan gaya belajar kinestetikal lebih baik belajar melalui aktivitas fisik dan praktek langsung. Implementasi strategi pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar individu dapat meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar mereka. Prestasi belajar dalam mata pelajaran Matematika bukan hanya mencakup pencapaian nilai, tetapi juga pemahaman konsep, kemampuan pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir kritis. Oleh karena itu, hasil penelitian ini memiliki implikasi dalam mengevaluasi efektivitas sistem pendidikan dan pengajaran. Kesimpulannya, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami hubungan antara gaya belajar dan prestasi belajar siswa dalam konteks pendidikan Matematika. Implikasi temuan ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan mendukung peningkatan prestasi belajar siswa di masa depan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Tanzeh dan Suyitno, Dasar-dasar Penelitian (Surabaya: Lembaga Kajian Agama dan Filsafat (eLKAF), 2006), 45.

DePorter, Bobbi & Mike Hernacki, Penerjemah: Alwiyah Abdurrahman, Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka, 2013

Hudojo, Herman, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Malang: UM Press, 2005 R. Soedjadi, Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi keadaan masa kini menuju harapan masa depan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional 1999/2000

Tanzeh, Ahmad dan Suyitno, Dasar-dasar Penelitian, Surabaya: Lembaga Kajian Agama dan Filsafat eLKAF, 2006

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Belajar Mengajar, Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2003

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif , Bandung: Remaja Rosda Karya, 2017

Mufida, Nuzulia, Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-

Games- Tournament ( TGT ) pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung ditinjau dari gaya belajar siswa kelas IX MTs Negeri se Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2009/2010, (Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta ), 2010

Nafiannoor, Muhammad, Pendekatan Statistik Modern Untuk Ilmu Sosial, Jakarta: Salemba Humanika, 2009

Widiastuti, Ken Retnoningdyah, Pembelajaran Biologi model Children Learning in Science ( CLIS ) melalui metode Simulasi dan Role Playing ditinjau dari kreatifitas verbal dan gaya belajar siswa di SMPN 2 Geneng Ngawi tahu 2011/2012, Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun

Downloads

Published

2024-05-01

Most read articles by the same author(s)