SURVEI DESKRIPTIF: LITERASI DIGITAL SISWA KESULITAN BELAJAR, SDN CEMPAKA PUTIH TIMUR 01PG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13261Keywords:
Literasi Digital, Siswa, Kesulitan belajarAbstract
Siswa sekolah dasar dengan kesulitan belajar seringkali menghadapi tantangan unik dalam memahami dan berinteraksi dengan teknologi digital, sehingga penelitian ini dapat memberikan gambaran yang akurat tentang sejauh mana kompetensi mereka dalam literasi digital yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Penelitian ini menerapkan metode survei untuk menemukan data secara langsung dengan pendekatan kuantitatif. Keterampilan literasi digital siswa kesulitan belajar di SDN Cempaka Putih Timur 01PG literasi digital siswa kesulitan belajar terbagi menjadi tiga kategori, yaitu 26,67% memiliki literasi digital yang sangat baik, 70% memiliki literasi digital yang baik, 3,33% memiliki literasi digital yang cukup.Downloads
References
Bayu, D. (2022). Remaja Paling Banyak Gunakan Internet di Indonesia pada 2022. Dataindonesia.Id
Fernanda, F. F. H., Rahmawati, L. E., Putri, I. O., & Nur’aini, R. (2020). PENERAPAN LITERASI DIGITAL di SMP NEGERI 20 SURAKARTA. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 141–148. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i2.12842.
Gilster, P., & Watson, T. (1997). An Excerpt from Digital Literacy. Digital Literacy.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method) (hlm. 40–41). Hidayatul Quran.
KEMENKOMINFO. (2021). Peluncuran Program Literasi Digital Nasional. KEMENKOMINFO RI.
Kusumastuti, F., Kurnia, N., & Astuti, S. I. (2021). Pengantar Etis Bermedia Digital. In Modul Etis Bermedia Digital. https://literasidigital.id/books/modul-etis-bermedia-digital
Liansari, Vevy & Nuroh, Ermawati Z. (2018). Realitas Penerapan Literasi Digital bagi Mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.Proceedings of The ICERS, 1(3), 241-252
Linda Zakiah. (2021). PENGEMBANGAN INSTRUMEN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN PPKN SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 272–281. https://doi.org/10.21009/jpd.v11i02.19056
Nasrullah, Rullie dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Putri, I. I. M., Rmiyanti, R., & Ningsih, E. R. (2020). Realisasi Gerakan Literasi Digital Sebagai Implementasi Gerakan Literasi Nasional Di Sekolah Muhammadiyah Pangkalan Bun. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 87–99. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i2.12836
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif (1 ed.). Penerbit Alfabeta.
Syaripudin, Acep dkk. (2020). Kerangka Literasi Digital Indonesia. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2019/04/4.-Seri-Buku Literasi-Digital-Kerangka-Literasi-Digital-Indonesia.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.