ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI NEWMAN PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12488Keywords:
ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK, LITERASI MATEMATIKA, TEORI NEWMANAbstract
Penyelesaian soal literasi matematika memerlukan adanya pemahaman konsep pada soal yang disajikan. Kesulitan yang dialami oleh peserta didik disebabkan ketidakbiasaan dalam menyelesaikan soal literasi matematika karena kurangnya variasi soal yang diberikan oleh guru. Tujuan penelitian untuk mengetahui jenis dan persentase kesalahan dalam menyelesaikan soal literasi matematika pada konten change and relationship, faktor yang menjadi penyebabnya. Desain penelitian menggunakan deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada semester gasal tahun pelajaran 2022/2023. Tempat penelitian SDN Dukuhan Kerten Surakarta dengan jumlah sampel sebanyak 26 peserta didik. Pengumpulan data dengan metode tes dan wawancara, dengan analisis kesalahan menggunakan statistik deskriptif berdasarkan teori Newman. Hasil dari penelitian ini yaitu reading error sebanyak 6,6% dikategorikan sangat rendah. Comprehension error sebanyak 27,4% yang termasuk pada kategori rendah. Transfromasion error sebanyak 16,3% dan termasuk pada kategori rendah. Process skill error sebanyak 26,9% yang termasuk pada kategori rendah, dan Encoding error sebanyak 22,5% yang termasuk kategori kesalahan rendah. Faktor penyebab peserta didik melakukan kesalahan kurangnya kemampuan bahasa, tidak memahami soal, kesulitan menentukan rumus dan operasi hitung, kesulitan dalam mengaitkan permasalahan yang terdapat dalam soal dengan bentuk matematikanya, tidak teliti, kurangnya minat mengerjakan soal, terburu-buru, serta tidak terbiasa menuliskan kesimpulan. Berdasarkan temuan dapat ditarik kesimpulan, guru hendaknya lebih sering memberikan soal-soal literasi matematika agar peserta didik terbiasa mengerjakan soal-soal secara runtut dan memberikan pengarahan kepada peserta didik khususnya pada tahapan comprehension yang menjadi kesalahan paling banyak yang dilakukan. Peserta didik hendaknya lebih sering mengasah kemampuannya dengan mengerjakan soal literasi matematika menggunakan kelima tahapan Newman dan perlu lebih teliti agar mendapatkan hasil yang benar. Kata Kunci: Analisis Kesalahan Peserta didik, Literasi Matematika, Teori NewmanDownloads
References
Abidin, Y., T. Mulyati, dan H. Yunansah. (2017). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Aisyah, F. N., S. Hariyani, dan Dinullah. (2019). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Cerita Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Review Pembelajaran Matematika. 4(1): 11-22.
Ali. (1993). Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.
Ali, dan M. Ansori. (2014). Metodelogi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Aqib, Z., dan A. Amrullah. (2019). Menejemen Belajar dan Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Referensi.
Arikunto, S. (2023). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Asiasi, M. F., M. S. Masyhud., dan R. Alfarisi. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Newman Topik Jarak dan Kecepatan di Kelas V SDN Jember Lor 03. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar. 9(1): 133-150.
Clements, M. A., dan N. F. Ellerton. (1996). The Newman Procedure for Analyzing Errors on Written Mathematical Tasks. University of Newcastle: Faculty of Education.
Dewantara, A. H. (2018). Soal Matematika Model PISA: Alternatif Materi Program Pengayaan. Ditaktika Jurnal Pendidikan. 12(2): 197-213.
Djadir, Awi, dan Dzulhijrah. (2018). Deskripsi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA pada Konten Change and Relationship. Issues in Mathematics Education. 2(2): 112-118.
Fadillah, A., dan Ni'mah. (2019). Analisis Literasi Matematika Siswa dalam Memecahkan Soal Matematika Pisa Konten Change and Relationship. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika. 3(2): 127-131.
Fazzilah, E., K. N. Effendi., dan R. Marlina. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Uncertainty and Data. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 4(2): 1034-1043.
Frestianti, M. S., G. A. Fauzan., dan R. Amelia. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMPN 1 Cikancung Melalui Pendekatan Kontekstual. Journal On Education. 2(1): 88-95.
Johar, R. (2012). Domain Soal Pisa untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang. 1(1): 30-41. https://unej.id/Kk6P40p. [Diakses 22 Maret 2022]
Martina, A., T. B. Setiawan., dan Susanto. (2018). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Ruang Sisi Lengkung Berdasarkan
Prosedur Newman Pada Siswa Bergaya Belajar Audiotorial. Jurnal Kadikma. 9(1): 148-155.
Masyhud, M. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan (LPMK).
Noviana, K. Y., dan B. Murtiyasa. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity Pada Siswa SMP. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. 4(2): 195-211.
OECD. (2013). Educations at a Glance 2013: OECD Indicators. OECD Publishing.
OECD. (2013). PISA 2012 Results: Ready to Learn Student's Engagement, Drive and Self Beliefs Volume III. Paris: OECD Publishing.
OECD. (2016). PISA 2015 Result (Volume 1): Exellence and Equity in Education. Paris: OECD Publising.
OECD. (2019). PISA 2018 Results. Journal of Chemical Information. 53(9): 16891699.
Pranitasari, D., dan N. Ratu. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika PISA Pada Konten Change and Relationship. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 9(4): 1235-1248.
Puspitasari, A., S. Setiawani., dan N. D. Lestari. (2022). Analisis Kemampuan Matematika Siswa Kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Ambulu Berdasarkan Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Universitas Jember. 3(2): 1-7.
Putra, Y. Y., dan R. Vebrian. (2019). Literasi Matematika: Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Bangka Belitung. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Riyatuljannah, T., dan S. Fatonah. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Penyelesaian Soal Berorientasi Konten Quantity. Jurnal Pendidikan Matematika. 9(1): 59-68.
Runtukahu, T., dan S. Kandou. (2022). Pembelajaran Matematika Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Safitri, F. A., T. Sugiarti., dan F. S. Hutama. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam
Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Jurnal Profesi Keguruan. 5(1): 42-49.
Satoto, S., S. Hery., dan E Pudjiastuti. (2022). Analisis Kesalahan Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal dengan Prosedur Newman. Unnes journal of Mathematics Education. 1(2): 1-7.
Setiawan, H., Dafik., dan N. D. Lestari. (2023). Soal Matematika dalam PISA Kaitannya dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Matematika. 244-251.
Stacey, K., dan R. Turner. (2019). Assessing Mathematical Literacy. Springer International Publishing.
Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Yeni, E. M. (2019). Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. 2(2): 1-10.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.