PENDIDIKAN ETIKA SEBAGAI FONDASI PEMBENTUKAN KARAKTER DI ERA GLOBAL

Authors

  • Farinka Nurrahmah Azizah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung, Indonesia
  • Kustiarini Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
  • Ma’as Shobirin Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Wahid Hasyim, Indonesia
  • Bayu Wijayama SD Negeri Pesantren, Semarang, Indonesia
  • Eko Handoyo Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Tri Joko Raharjo Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14405

Keywords:

Pendidikan Etika, Filsafat Etika, Pembentukan Karakter, Nilai Moral

Abstract

Globalisasi telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk nilai-nilai moral dan etika masyarakat. Dalam konteks ini, pendidikan etika menjadi semakin penting sebagai fondasi pembentukan karakter individu yang mampu menghadapi tantangan global. Artikel ini mengkaji penerapan berbagai aliran filsafat etika dalam pendidikan di sekolah dasar, dengan fokus pada etika kebajikan Aristoteles, deontologi Kant, utilitarianisme Mill, dan etika diskursif Habermas. Melalui pendekatan ini, pendidikan etika dapat membantu siswa mengembangkan penalaran moral, integritas, empati, dan keterampilan komunikasi. Dengan guru sebagai teladan dan lingkungan belajar yang mendukung, implementasi pendidikan etika yang komprehensif bertujuan menumbuhkan generasi bertanggung jawab, berintegritas, dan berkontribusi positif bagi masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif library research untuk mengumpulkan data dari literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi filsafat etika dalam pendidikan dapat menciptakan individu yang berkarakter kuat dan siap menghadapi dinamika global.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawiyah, I. L. (2023). Analisis Komparatif Terkait Nilai-Nilai Etika Bisnis dalam Berbagai Perspektif Lintas Agama di Indonesia. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 7(02), 76-88.

AR, A. S. H., & Ismail, I. (2024). Menggali Peran Filsafat Pendidikan Dalam Membentuk Pemikiran Kritis Di Era Teknologi. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 27-34.

Dewi, A. C., Ramadhan, B., Fadhil, A. A., Fadhil, F., Idris, A. M., Hidayat, M. R., & Yusrin, M. A. D. (2023). Pendidikan Moral dan Etika Mengukir Karakter Unggul dalam Pendidikan. IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education, 3(2), 69-76.

Halawa, J., Waoma, A., & Lawalata, M. (2024). Peran Filsafat Pendidikan Kristen Dalam Meningkatkan Pemahaman Iman Peserta Didik. Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese dan Pastoral, 3(1), 99-111.

Jannah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pancasila dalam Kehidupan Sosial Budaya di Masyarakat Abad-21. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 931-936.

Mazid, S., & Istianah, A. (2023). Pendidikan Kewarganegaraan: Membangun Sekolah Damai Untuk Wujudkan Lingkungan Masyarakat Aman dan Sejahtera. Al-I'timad: Jurnal Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Islam, 1(2), 181-198.

Muttaqien, M. E. (2023). Konsep Komunikasi Jurgen Habermas Dalam Ide Demokrasi Deliberatif Dan Tindakan Komunikatif. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(I), 51-64.

Nafsaka, Z., Kambali, K., Sayudin, S., & Astuti, A. W. (2023). Dinamika Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Ibnu Khaldun: Menjawab Tantangan Pendidikan Islam Modern. Jurnal Impresi Indonesia, 2(9), 903-914.

Ridwan, R. (2021). Relasi Hukum Dan Moral Perspektif Imperative Categories. Fundamental: Jurnal Ilmiah Hukum, 10(1), 18-32.

Rorah, I. R. C., Mangundap, J. M., & Loho, A. M. (2023). Artikel Etika Deontologi sebagai Model dalam Penerapannya pada Profesi Keperawatan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2625-2634.

Rosita, G. O., Ariffianto, M. U., & Abadi, M. T. (2024). Sejarah Pemikiran Ekonomi Klasik. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(3), 368-376.

Sholeh, M. I. (2023). Pengakuan dan reward dalam manajemen sdm untuk meningkatkan motivasi guru. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(4), 212-234.

Zebua, S. I. P., Giban, Y., & Karlau, S. A. (2024). Instruksi Pendidikan Agama Kristen Dalam Mengembangkan Karakter dan Nilai-Nilai Spiritual dalam Era Digital 5.0. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 5(1), 23-35.

Downloads

Published

2024-06-09

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>