PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KERJA SAMA SISWA

Authors

  • Siska Pratiwi STKIP PGRI Bangkalan
  • Abdussalam Abdussalam STKIP PGRI Bangkalan
  • Yunita Hariyani STKIP PGRI Bangkalan
  • Ihwan Firmansyah PGSD, STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.12264

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Kerjasama, Model PBL

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang penting dimiliki oleh setiap orang agar mereka dapat dengan mudah menyelesaikan masalah dalam kehidupannya. Namun, hasil tes kemampuan pemecahan masalah dan kerjasama siswa MI Ar Raudlah masih rendah karena mereka belum terbiasa dengan soal-soal pemecahan masalah dan model pembelajaran yang digunakan model pembelajaran langsung sehingga kurang adanya interaksi antarsiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model problem-based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kerjasama siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini menggunakna one group pre-test post-test desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji paired sampel t test, dan uji manova. Hasil manova menunjukkan bahwa nilai signifikasi < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kerjasama siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Burhanuddin, & In, H. (2019). Penerapan Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 72

Dewi, Maisaroh, dkk. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learningterhadap Keterampilan Kerjasama Dan Hasil Belajar Peserta Didikpada Mata Kuliah Genetika. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 4 (2).

Docktor, J. L. (2009). Development and validation of a physics problem-solving assessment rubric. Dissertation faculty of graduate school of the universitas of Minnesota.

Lestari, A. T. (2022). Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together untuk Meningkat Kemampuan Matematika. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Mayer, R. E., & Wittrock, M. C. (2006). Problem solving. Lawrence Erlbaum Associates Publishers, 287–303.

Polya, G. (1980). On Solving Mathematical Problems in High School. New Jersey: Princeton Univercity Press

Rahayu, Dita. 2020. Keefektifan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7 (2).

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, Afrenia, & Suparno. 2020. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 4 (2).

Yusri, Andi Yunarni. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Negeri Pangkajene. Jurnal Mosharaf, 7 (1)

Downloads

Published

2023-12-31