IMPELEMENTASI MEMBACA AL-QUR’AN TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KELANCARAN MEMBACA BAGI SISWA DI MAN 1 PROBOLINGGO

Authors

  • Zaenol Fajri Universitas Nurul Jadid
  • Faizin Faizin Universitas Nurul Jadid
  • Hosniatul Jamaliah Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12001

Keywords:

Application of Guided Al-Qur'an Reading, Improving Al-Qur'an Reading Ability

Abstract

This research aims as a means of support, motivation, for students in overcoming potential delays or retardation in reading the Koran so that they can improve their ability to read the Koran from an early age, therefore holding several special programs from the school is one of the joint efforts to improve the ability to read the Koran for students, especially at Madrasah Man 1 Probolinggo. This research was conducted at Man 1 Probolinggo with a qualitative approach using case study research. Data generated from observations and interviews with several students and teachers at Man 1 Probolinggo. Based on the research findings, the guided Al-Qur'an reading program can help students become more fluent readers of the Al-Qur'an by addressing any potential delays or underdevelopment in their reading skills.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhi kusuma, A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Yokyakarta: Cv. Kencana.

Ali, R. (2018). Efektifitas Metode Qiroati dalam Meningkatkan Kemampuan Mmbaca Al Quran Siswa SDIT Bunayya Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 179–186. Retrieved from https://www.jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2SH/article/view/84

Apriyanti, E., & Basri, H. (2020). Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Di Pondok Al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan. Tamaddun, 21(1), 053. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.1377

Arsyad, A., & Salahudin, S. (2018). Hubungan Kemampuan Membaca Al Qur’an Dan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Pai). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2), 179–190. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.476

Astuti, A. P. (2018). Membaca Al Qur’an dapat Menurunkan Kadar Glukosa Dasar pada Pasien Diabetes. Jurnal Keperawatan, 000(99), 479–486.

Astuti, R. (2013). PeningkataKemampuan Membaca Al Qur’an pad Anak Attention Deficit Diserder melalui metode Al-Baroy Berbasis Applied Behavior Analysis PAUD PPs Universitas Negeri Jakarta Al-Quran beberapa huruf hijaiyah , sedangkan ( Attention ADD ( Attention Deficit Dis. Pendidikan Usia Dini, 7(2), 1–16.

Azhari, N. (2019). Pengaruh Metode Ummi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Santri Di Tpq Al Hikmah Bandar Lampung. In Skripsi.

Bunaiya, K. N. (2023). Manajemen Program Pembiasaan Membaca Al Qur’an di SMP Negeri 24 Medan. 4, 976–983.

Fadila, A. N., Studi, P., Agama, P., Islam, F. A., & Surakarta, U. M. (2020). Budaya Literasi Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an siswa Kelas VII di SMP Budi Utomo. 1–11.

Fajri, Zaenol, Atik Hikmatuz Zakiyah, Christiana Pertiwi, E. W. (2022). Pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an melalui Home Visit Method pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Bondowoso. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 61–77. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/atl.v6i1.896

Farihah, U. H. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al Qur’an Indah dengan Metode Tilawati. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 8(1), 69–85. https://doi.org/10.54069/atthiflah.v8i1.192

Fauzan, A. H. (2015). Pola Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) sebagai Upaya Peningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran. Ar-Risalah, VIII(1), 22.

fitriyah mahdali. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan. Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hadis, 2(2), 143–168. https://doi.org/10.15548/mashdar.v2i2.1664

Hadinata, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Ummi terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia 7-13 Tahun. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 19(1), 60–79. https://doi.org/10.37216/tadib.v19i1.423

Hamdani, M. (2018). Penerapan Metode Membaca Al-Qur’an pada TPA di Kecamatan Amuntai Utara (Studi pada metode Iqra dan metode Tilawati). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 11(24), 89–106. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.12

Hariandi, A. (2019). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Alquran Siswa Di SDIT Aulia Batanghari. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 10–21. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6906

Hasan, S., & Wahyuni, T. (2018). Kontribusi Penerapan Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Secara Tartil. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 45–54. https://doi.org/10.30599/jpia.v5i1.317

Jariah, A. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Melalui Kebiasaan Membaca Al-Quran. Jurnal Studia Insania, 7(1), 52. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2630

Joni, Rama., Abdul, Rahman., Eka, Y. (2020). Strategi Guru Agama Desa dalam Meningkatkan Kemampuan membaca Al-Qur’an Warga Desa. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(1), 59–74. Retrieved from http://www.nber.org/papers/w16019

Khamid, A., Prasmanita, D., Munawaroh, R., Zamroni, A., & Nasitoh, O. E. (2020). Implementasi Pembelajaran Tajwid dan Ketrampilan Membaca Al-Qur’an dalam Materi Al-Qur’an Hadist. Attractive : Innovative Education Journal, 2(2), 45. https://doi.org/10.51278/aj.v2i2.38

Mahdali, F. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan. Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hadis, 2(2), 143–168. https://doi.org/10.15548/mashdar.v2i2.1664

Mukroji, M. (1970). Hakekat Pendidik Dalam Pandangan Islam. Jurnal Kependidikan, 2(2), 15–29. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.550

Negeri, N. S., & Aceh, B. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Al-Quran Melalui Metode Demonstrasi di Kelas V SD Negeri 20 Banda Aceh. 9(5), 667–674.

Nugraha, E. (2018). Ngalap Berkah Al-Qur ’ an: Dampak membaca Al-Qur ’ an bagi Para Pembacanya. Ilmu Ushuludin, 5, 122–124.

Nur, I. R., & Aryani, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqra’ pada Santriwan/Santriwati TPQ Nurussholihin Pamulang Kota Tangerang Selatan. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 2(3), 100–110. https://doi.org/10.37481/jmh.v2i3.474

Nur, I., & Suismanto, H. (2018). Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran pada Anak Iys Nur Handayani, Suismanto Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran pada Anak. Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(2), 103–114.

Nurfaida. (2023). Peningkatan KKemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Metode DRILL Berbasis Aplikasi SALAAM Siswa SMKN 1 WAJO. 9, 105–115.

Rifa’i, A. (2018). Implementasi Metode UMMI untuk meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an di SDIT Ihsanul Amal Alabio. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 85–104. https://doi.org/10.35931/am.v0i0.27

Rosi, F. (2020). Urgensi Pembelajaran Al-Qur’an bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(2), 37–49.

Sumarji, S., & Rahmatullah, R. (2018). Inovasi Pembelajaran Al-Qur’an. Journal TA’LIMUNA, 7(1), 60. https://doi.org/10.32478/ta.v7i1.148

Syafei, A., Natsir, N. F., & Jaenudin, M. (2020). Pengaruh Khatam Al-Qur’an Dan Bimbingan Guru Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Mts Nurul Ihsan Cibinong Bogor. Jurnal Dirosah Islamiyah, 2(2), 130–149. https://doi.org/10.47467/jdi.v2i2.116

Ulfa, R. A. (2020). Implementasi Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Merandung Jaya. 1.

Ulfah, T. T., Assingkily, M. S., & Kamala, I. (2019). Implementasi Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 44. https://doi.org/10.30659/jpai.2.2.44-54

Ulum, M., & Nuriyah, K. (2023). Implementasi Kitab Nubdzatul Bayan Dalam Pembelajaran Nahwu dan Shorrof Bagi Pemula. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1126–1132. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5215

Downloads

Published

2024-03-10

Most read articles by the same author(s)