MEMBANGUN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMANFAATAN LITERASI DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11960Keywords:
Keywords: digital literacy, character developmentAbstract
This study aims to determine the benefits of digital literacy on the character building of elementary school children. The research method used is descriptive-qualitative through a literature study approach, data sources obtained from the results of analysis and conclusions obtained from books and journals. The result of the analysis of this research is that digital literacy plays an important role in building the character of elementary school students today, because children today tend to prefer digital technology, the internet, social media and so on. With learning that contains character values in every lesson. The conclusion of this research is that the use of digital literacy as a material to build the character of elementary school children is very good balanced with the guidance of parents and teachers. Keywords: digital literacy, character developmentDownloads
References
Hidayat Rahmat, 2019. ILMU PENDIDIKAN : Konsep, Teori dan Aplikasinya. Lembaga Peduli Pengembangan Pendinikan Indonesia (LPPPI).
Kesuma, Triatna, dan Permana. 2011. PENDIDIKAN KARAKTER : Kajian Teori dan Praktek di Sekolah. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Meleong, Lexy J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Cetakan ke-6. Bandung : PT . Remaja Rosdakarya Offset.
Suwardani, N. P. (2020). Pendidikan Karakter: dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat (I. W. Wahyudi (ed.); pp. 31–41). UNHI Press.
Tsauri, 2015. PENDIDIKAN KARAKTER : Peluang Dalam Membangun Karakter Bangsa. PT. IAN Jember Press.
Jurnal :
Amran M, E. S. S. & M. (2018). Peran Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling.
Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital.
Julaiha, S. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Dinamika Ilmu Jurnal Of Education-Jurnal Pendidikan.
Muliastrini, N. K. E., & Handayani, N. N. L. (2021). Gerakan Literasi Digital Bermuatan Karakter dalam Menyongsong Pendidikan Abad 21 Era Society 5.0. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya.
Mulyanto, T., Hayani, A., & Pastowo, A. I. (2021). Implementasi Karakter Pada Era Pamdemik COVID-19 di SD Insan Mandiri Bandar Lampung. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional.
Palunga & Marzuki, 2017. Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter.
Pentianasari, Dkk. 2022. Penguatan Pemdidikan Karakter Pada Siswa sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal PGSD. 8 (1).
Rahardaya, A. K., & Irwansyah, I. (2021). Studi Literatur Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2).
Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA: Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8 (1).
Safitri, I., Marsidin, S., & Subandi, A. (2020). Analisis Kebijakan terkait Kebijakan Literasi Digital di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2).
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3).
Sudyana, D. K., Surawati, N. M., Hindu, U., & Denpasar, I. (2021). Analisis Penerapan Literasi Digital Dalam Menciptakan Kemandirian Belajar Siswa Hindu Di Masa Pandemi Covid 19. Widyanatya, 3(1).
Sujatmiko, I. N., Arifin, I., & Sunandar, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(8).
Sumiati, E., & Wijonarko. (2020). Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat Dan Sektor Pendidikan Pada Saat Pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2).
Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.