ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Diah Retno Wati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Berliana Henu Cahyani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Banun Havifah Cahyo Khosiyono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11738

Keywords:

Impact of gadget ; Motivation to learn ; student

Abstract

This research aims to analyze the impact of gadgets on the learning motivations of elementary school students. The type of research used is a qualitative case study. The data collection techniques used in this study are observation, interviews, and documentation. The results of the study indicate that there are several students who have very low memory, especially in learning, which may be due to the impact of gadgets. In this case, as a teacher, various efforts have been made to help students focus and be motivated to learn.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arum Kusuma Dewi , Yuyun. Y & Tuti.H.(2019) . Hubungan Antara Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal.2(1).

Chandra Anugrah Putra. (2014). "Pemanfaatan Gadget sebagai Media Pembelajaran". Jurnal, 2(1).

Chusna, (2017) .Pengaruh Media Gadget pada Perkembangan.

Djamarah, S. (2011). "Psikologi Belajar". Jakarta: Rineka Cipta 6.

Hidayah, N. (2021). "Upaya Guru dan Orang Tua dalam Menanggulangi Dampak Negatif Penggunaan Gadget". Jurnal UII.

Hasanah,Uswatun.(2011).Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada, Media Grup.

Iswidharmaja,D.(2014). Bila Si Kecil Bermain Gadget: Panduan Bagi Orangtua Untuk Memahami Faktor-Faktor Penyebab Anak Kecanduan Gadget. Google Book.

Putri, Maulida Rahmaniar Choliqia. (2023). "Apakah Gadget Memiliki Peran Penting dalam Pertumbuhan Anak?". Jurnal Post.com.

Kurniawati, D. (2020). "Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Prestasi Siswa." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 78-84.

Kendri. (2020). "Study Konseptual Pengaruh Gadget Terhadap Performa Pendidikan." Jurnal Pendidikan, 1(1)

Lestari, I., Riana, A. W., & Taftazani, B.M. (2015). Pengaruh gadget pada interaksi sosial dalam keluarga. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Nafidahtul,Ni'matul.(2015). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Diakses dari https://www.kompasnia.com 25 Februari 2019.

Sari,D. P., & Wijayanti, L. M. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 1-10.

Setiawan, A. (2020). "Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar". Jurnal Pendidikan.

Pradevi, Ajeng Putri. (2020). "Hubungan Pengawasan Orang Tua dalam Penggunaan Gadget dengan Kemampuan Empati Anak". Jurnal Pendidikan, 9(1).

Pratiwi, R. A., & Kurniawan, A. (2022). "Analisis Dampak Penggunaan Gadget pada Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar". Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 45-56.

Pratama, Aditya. (2020). "Peran Orang Tua dalam Mengawasi Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini". Jurnal Ilmu Pendidikan.

Hidayah, N. (2021). "Upaya Guru dan Orang Tua dalam Menanggulangi Dampak Negatif Penggunaan Gadget pada Siswa". Jurnal UII.

Kendri. (2020). "Studi Konseptual Pengaruh Gadget Terhadap Performa Pendidikan". Jurnal Pendidikan, 1(1).

Mboya, I. B., Leyaro, B. J., Kongo, A., Mkombe, C., Kyando, E., & George, J. (2020). "Internet addiction and associated factors among medical and allied health sciences students in northern Tanzania: A cross-sectional study." BMC Psychology, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.1186/s40359-020-00439-9

Mardiyanti, E., Yuhana, Y., & Muttaqin, A. (2022). "Hubungan Kemampuan Literasi Matematis dengan Pemahaman Baca dan Intensitas Penggunaan Gadget Siswa Tingkat SMP." Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 15(2).

Nikmawati, Suryo Bintoro, H., & Santoso. (2021). "Dampak Penggunaan Gadget terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar." Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 254–259.

Nadhila, I. (2013). "Mempermudah Hidup Manusia dengan Teknologi Modern." Jakarta: Pemadani.

Rodhi. (2021). "Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Minat Siswa pada Materi Tranformasi." Jurnal Profesi Keguruan, 7(2).

Rohmad, N., & dkk. (2021). "Pelangi Masa Pandemi." Tidar Media.

Sarla, G. S. (2020). "Excessive use of electronic gadgets: health effects." The Egyptian Journal of Internal Medicine, 31(4), 408-411. (https://doi.org/10.4103/ejim.e jim).

Yulsyofriend, dkk. 2019.Dampak Dadget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak usia Dini, . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.3(1), 67-79

Downloads

Published

2024-03-08

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5