PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHTBERBANTUAN MEDIA PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XIIPS 2 SMAN 3 PRAYA

Authors

  • Hamidatun Hasanah Universitas Mataram
  • Hairil Wadi Pendidikan Sosiologi FKIP Universitas Mataram
  • Imam Malik Pendidikan Sosiologi FKIP Universitas Mataram
  • Ni Made Novi Suryanti Pendidikan Sosiologi FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11455

Keywords:

Keywords: Number Head Together, Pictorial Riddle Media, Student Learning Activities and Responsibility

Abstract

ABSTRACT This research aims to apply the NHT Type Cooperative learning model assisted by Pictorial Riddle Media to increase student learning activities and responsibilities in the sociology subject of class XI IPS 2 SMAN 3 Praya. This research uses classroom action research with data collection techniques through observation, interviews and documentation. The stages in this research were carried out through initial observation, planning, action, observation and reflection. The subjects of this classroom action research were students of class XI IPS 2 at SMAN 3 Praya, while the informants in this research were sociology subject teachers. The results of the first cycle of research showed that the implementation of the Number Head Together learning model assisted by Pictorial Riddle media was carried out at 73%, the level of student learning activity was carried out at 63% and student learning responsibilities were carried out at 68%. Furthermore, cycle II showed that the implementation of the Number Head Together learning model assisted by Pictorial Riddle media was achieved at 100%, student learning activities at 80% and student learning responsibility at 93%. Keywords: Number Head Together, Pictorial Riddle Media, Student Learning Activities and Responsibility ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Pictorial Riddle untuk meningkatkan aktivitas dan tanggung jawab belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS 2 SMAN 3 Praya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Adapun tahapan dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi awal,perencanaan,tindakan,observasi dan refleksi. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah adalah siswa kelas XI IPS 2 SMAN 3Praya , sementara informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran sosiologi. Hasil penelitian siklus I menunjukkan penerapan model pembelajaran Number Head Together berbantuan media Pictorial Riddle terlaksana sebesar 73%, tingkat aktivitas belajar siswa terlaksa sebesar 63% dan tanggung jawab belajar siswa terlaksana sebesar 68%. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan penerapan model pembelajaran Number Head Together berbantuan media Pictorial Riddle terlaksana sebesar 100%, aktivitas belajar siswa sebesar 80% dan tanggung jawab belajar siswa sebesar 93% . Kata Kunci : Kooperatif tipe NHT, Media Pictorial Riddle, Aktivitas dan Tanggung Jawab Belajar Siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirudin, A., & Suryadi, A. (2016).Keragaman Media dan Metode Pembelajaran dalam PembelajaranSejarah Kurikulum 2013 pada Tiga SMA Negeri di Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2015/2016.IndonesianJournalofHistoryEducation,4(2),7–13.

Astuti, D. A., Haryanto, S., & Prihatni, Y. (2018). Evaluasi implementasi Kurikulum 2013.WiyataDharma:JurnalPenelitianDanEvaluasiPendidikan,6(2),7–14.

Arikunto,Suhardjono, &Supardi.(2019).PenelitianTindakanKelas(EdisiRevisi). BumiAksara

Awal,S.,A.Yani,danB.D.Amin.2017.PerananMetodePictorialRiddleTerhadapPenguasaanKonsep Fisika Pada Siswa SMAN 1Bontonompo.Jurnal Pendidikan FisikaUniversitasMuhammadiyah Makassar.4(2):249-266.

Aqib,Zaenaldkk.2010.PenelitianTindakanKelas.Bandung:CV.Yrama Widya..

Ekawarna, Salam, M., & Anra, Y. (2021). Memilih Masalah Untuk Penelitian Tindakan Kelas: Bahankajianuntuk pelatihanGurumenyusun LaporanhasilPTK.Jurnal Karya Abdi,5(1),52–62.

Febriyanti, N., dan W. Wati. 2018. Pictorial Riddle:Pengaruhnya Terhadap Domain Kognitif SiswaPadaPokokBahasanGetarandanGelombang.IndonesianJournalofScienceandMathematicsEducation.1(3):255-261.

Krismawati,E.M.(2021).OptimalisasiPenerapanModelPembelajaranPreskriptifUntukMeningkatkanAktivitasBelajarGeografisiswaSMAN2Denpasar.IndonesianJournalofEducationalDevelopment,2(1),60–68.https://doi.org/10.5281/zenodo.4781853

Moloeng,L.J.(2009).MetodologiPendidikanKualitas.RemajaRosdakarya..

Winnarty, S. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Number Head Together dan TwoStayTwoStrayUntukMeningkatkanAktivitasBelajarSiswapadaMateriGarisSinggungLingkaran.WartaPendidikan|E-Journal, 5(9),35–39.

Purwanto, J. 2014. “Efektivitas Model Pembelajaranberbantuan media Pictorial Riddle dengan KontenIntegrasi-Interkoneksi pada Materi Suhu dan Kalor terhadap Kemampuan Berpikir Kritis SiswaSMA”.JurnalKaunia,10(2):117-127.

Rochiati,Wiriatmadja.2005.MetodePenelitianTindakanKelas.Bandung:RosdaKarya

Setyosari, P. (2014). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas.Jurnal Inovasi DanTeknologiPembelajaran,1(5),20–30.

Sarnoko, Ruminiati, &Setyosari,P.(2016).PenerapanPendekatanSAVI Berbantuan Vidiopembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN I SananGirimartoWonogiri.JurnalPendidikan:Teori, Penelitian,DanPengembangan, 1(7),1235–1241

Suliati,E.(2015).PeningkatanAktivitasPembelajaranPengetahuanAlamMenggunakanMediaGambar.JournalofEquatorialEducationandLearning,4(12),1–13.

Wadi,H.,Hamidsyukrie,Sukardi,Suryanti,NiMadeNoviHandayani,N.,&Masyhuri.(2020).Pendampingan Inovasi Pembelajaran IPS HOTS Pola Lesson Study For Learning Community Di SMP14Mataram.ProsidingPEPADU2020,2(2007),2–3

Downloads

Published

2023-12-21

Most read articles by the same author(s)