ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11386Keywords:
Implementasi Kurikulum Merdeka, sekolah penggerak, Sekolah dasarAbstract
Tujuan dari penelitian ini mengidentifikasi dan mendapatkan informasi tentang penerapan kurikulum merdeka di sekolah penggerak, dengan memberikan gambaran mengenai pelaksanaannya mencakup menjelaskan konsep Kurikulum Merdeka, prinsip-prinsip kurikulum merdeka, evaluasi implementasi di lapangan, menyoroti kelebihan dan kekurangan, membandingkan dengan kurikulum sebelumnya. serta mendorong diskusi dan pemahaman lebih lanjut tentang konsep ini.. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menggambarkan implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak. Hasilnya menunjukkan implementasi yang optimal meskipun masih terdapat kekurangan dan hambatan. Kunci keberhasilan penerapan kurikulum merdeka terletak pada kemauan kepala sekolah dan guru untuk melakukan perubahan, termasuk perubahan mindset SDM di sekolah.Downloads
References
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210– 219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221
Desyandri., Dan, & Vernanda, D. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Identifikasi Masalah. E-Jurnal: Www.jurnalpedagogika.org, 163–174
Insani, F. D. (2019). Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia sejak Awal Kemerdekaan hingga Saat Ini. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 43–64. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.132
Lowe, K., & Yunkaporta, T. (2013). The inclusion of Aboriginal and Torres Strait Islander content in the Australian National Curriculum: A cultural, cognitive and sociopolitical evaluation. Curriculum Perspectives, 33(1). http://acsa.edu.au/pages/images/KLowe_article%20(2).pdf
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319.
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
Saleh, Meylan. 2020. “‘Merdeka Belajar Di Tengah Pandemi Covid-19.’” Prosiding Seminar NasionalHardiknas 1:51–56.
Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 1, 183–190.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Suryaman, Maman. 2020. “Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.” Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra 1(1):13–28.
Susanti, M., Rahmadona, T., & Fitria, Y. (2023). Studi Literatur: Perbedaan Penilaian Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal basicedu, 7(1), 339-350
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.