IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENGEMBANGKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Elsa Chaeratunnisa Universitas Sultan ageng Tirtayasa
  • Heni Pujiastuti Pendidikan Dasar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11227

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, Sekolah Dasar.

Abstract

Kurikulum merdeka mengakomodir karakter yang diharapkan yaitu tercetus sebuah gagasan dengan nama Profil Pelajar Pancasila dengan upaya untuk memulihkan karakter positif mutu Pendidikan di Indonesia.. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka dalam mengembangkan profil pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Pengumpulan data dengan kata kunci “kurikulum merdeka” dan “profil pelajar Pancasila” melalui buku dan jurnal atau artikel dari google scholar. tahapan penelitian yang dilaksanakan  sesuai metode studi literatur, yaitu: (1) menelaah  rumusan pertanyaan; (2) melakukan telaah literatur; (3) menyaring serta memilih literatur yang relevan; (4) menganalisis serta mensintesis isi literatur yang sesuai; (5) menelaah  kualitas penulisan artikel jurnal sesuai topik yang telah ditentukan; serta (6) mempresentasikan hasil dari kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka sudah dilaksanakan mulai diterapkan oleh sekolah dasar dengan pilihan mandiri berubah. Ciri khas dari Kurikulum Merdeka adalah adanya pengembangan karakter yaitu melalui mengembangkan Profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler ekstrakurikuler, dan budaya positif di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraena, Yogi, dkk. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila (1-109). Jakarta: Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837.

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 195-205. https://www.ejournal.my.id/jsgp/article/view/591.

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i0 4.309

Hernawan, A. H., & Mulyati, T. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1290-1299.

Irwansyah, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238. doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.3622.

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Yuliani, I. P., Hidayat, M. A. S., Angaraini, S. K. P., Sari, T. F. P., & Salsabhila, U. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Salah Satu Sekolah Dasar Kabupaten Purwakarta. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2602-2614.

Kurniawan, N. A., Sembiring, K., & Saputra, R. (2022). Potret Kesiapan Siswa Bertranformasi Menjadi Pelajar Pancasila dalam Matriks Covey. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling), 6(1), 1-9.

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidikan dan Humaniora), 5(1), 66-78. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN .

Nurmaidah. (2014). Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Afkar: Jurnal Ilmu Keislaman dan Peradaban, 2(2), 41-54.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187.

Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Pada Materi Ekosistem Untuk Peserta didik SMA. Biodik, 5(2), 131–138. https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.7590

Sadewa, M. A. (2022). Meninjau Kurikulum Prototipe Melalui Pendekatan Integrasi-Interkoneksi Prof M Amin Abdullah. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(1), 266-280. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/3560.

Suhartono, O. (2021). Kebijakan Merdeka Belajar dalam Pelaksanaan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Ar-Rosikhun, 1(1), 8-19. https://ejournal.uin malang.ac.id/index.php/alrosikhuun/index%0AP.

Vreuls, J., Kreunen, M. K., Klink, M. V. D., Nieuwenhuis, L., & Boshuizen, H. (2022). Responsive Curriculum Development for Professional Education: Different Teams, Different Tales. The Curriculum Journal, 33(4), 636-659. doi: 10.1002/curj.155

Downloads

Published

2023-12-11