PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP

Authors

  • Diyah Nadiyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Heni Pujiastuti Magister Pendidikan Dasar, Universitas Sultan Ageng Tiratayasa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11215

Keywords:

Problematika, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran IPA.

Abstract

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang memuat pembelajaran intrakurikuler yang  beragam sehingga dapat menigkatkan kreativitas dan berpikir kritis peserta didik. Dalam proses pembelajarannya, guru memiliki kebebasan dalam memilih perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan gaya belajar peserta didik. Salah satu mata pelajaran yang terdapat dalam Kurikulum merdeka yaitu mata pelajaran IPA. Pada proses penerepannya terdapat beberapa problematika. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika hasil implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPA di SMP. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang akan dilakukan dalam penelitian ini meliputi wawancara. Lembar wawancara digunakan untuk memperoleh informasi dari kepala sekolah, wakasek bidang kurikulum, dan guru mata pelajaran IPA. Hasil penelitiannya yaitu penerapan kurikulum merdeka khususnya dalam pembelajaran IPA belum dapat diterapkan secara efektif dan efisien. Hal ini lembaga pendidikan perlu menyediakan pelatihan dan bimbingan secara intensif kepada guru untuk meningkatkan pemahaman guru terkait Kurikulum Merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hiernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Kiomparasi Impliemientasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Mierdieka di Siekiolah Dasar. Jurnal Basiciedu, 6(4), 5877–5889.

Ariany, Y., Ardi, & Rahmi, Y. L. (2017). Priobliematika Pielaksanaan Kurikulum 2013 Dalam Piembielajaran IPA Kielas VII SMP Niegieri Di Kiecamatan Lima Kaum Tahun 2017 / 2018. Jiournal Biiosains, 1(2), 306–314.

Arifiani, I. K., & Umami, N. (2023). Priobliematika Guru Dalam Impliemientasi Kurikulum Mierdieka Di SMKN 1 Pagierwiojio Kabupatien Tulungagung. 872–878.

Djamaludin, A., & Wardana. (2019). Bielajar dan Piembielajaran 4 Pilar Pieningkatan Kiompietiensi Piedagiogis. CV. Kaafah Liearning Cientier.

Fiebrianningsih, R., & Ramadan, Z. H. (2023). Kiesiapan Guru dalam Pielaksanaan Kurikulum Mierdieka Bielajar di Siekiolah Dasar. Jiournal iObsiesi: Jurnal Piendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3335–3344. https://dioi.iorg/10.31004/iobsiesi.v7i3.4686

Idhartionio, A. R. (2023). Litierasi Digital Pada Kurikulum Mierdieka Bielajar Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Tieknioliogi Piembielajaran, 12(2), 91–96.

Indarta, Y., Jalinus, N., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Rielievansi Kurikulum Mierdieka Bielajar diengan Miodiel Piembielajaran Abad 21 dalam Pierkiembangan iEra Siociiety 5 . 0. iEdukatif : Jurnal Ilmu Piendidikan, 4(2), 3011–3024.

Jieanny, C., Candra, N. K., Sietiawan, M., & Ahmad, N. (2023). Analisis Tantangan Guru IPA SMP Di Indioniesia Dalam Mienierapkan Piembielajaran IPA Tierintiegrasi STiEM. FKIP ie-PRiOCiEiEDING, 98–102.

Jiojior, A., & Sihiotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Mierdieka dalam Miengatasi Liearning Lioss di Masa Pandiemi Ciovid-19 (Analisis Studi Kasus Kiebijakan Piendidikan ). iEdukat, 4(4), 5150–5161.

Kiemiendikbud. (2022). Kurikulum untuk Piemulihan Piembielajaran. Pusat Kurikulum dan Pierbukuan,Kiemiendikbud.

Liestari, D., Asbari, M., & Yani, iE. iE. (2023). Kurikulum Mierdieka : Hakikat Kurikulum dalam Piendidikan. Jiournal iof Infioiermatiion Systiems and Managiemient, 02(05), 85–88.

Mahdiannur, M. A., iErman, Martini, Nurita, T., & Riosdiana, L. (2022). iEkspliorasi Piengietahuan Guru IPA SMP Tientang Piembielajaran Bierdifieriensiasi Dalam Kurikulum Mierdieka: Piengukuran Bierdasarkan Ciompliex Multiplie-Chioicie Surviey. Jurnal Tarbawiyah, 29(2), 295–310.

Mielani, A., & Gani, iE. (2023). Impliemientasi Kurikulum Mierdieka dalam Piembielajaran Bahasa Indioniesia di SMP Niegieri 16 Padang. Jiournal iof iEducatiion and Humanitiies, 1(2), 23–32.

Nadiyah, D., Lieksionio, S. M., Dian, V., & Riesti, A. (2022). Piengiembangan Labioratiorium Virtual Bierbasis Inkuiri Tierbimbing Tiema Bienda Di Siekitar Untuk Mienumbuhkan Minat Bielajar Piesierta Didik. Jiournal iof Sciiencie iEducatiion, 6(3), 764–772.

Nurani, D., Anggraini, L., Misiyanti, & Mulia, K. R. (2022). Buku Saku: Sierba Sierbi Kurikulum Mierdieka Kiekhasan Siekiolah Dasar. Tim Pusat Kurikulum dan Piembielajaran.

iOktavia, F. T. A., Maharani, D., & Qudsiyah, K. (2023). Priobliematika Pienierapan Kurikulum Mierdieka Bielajar Pada Piembielajaran Matiematika Di SMK Niegieri 2 Pacitan. iEDUMATIC: Jurnal Piendidikan Matiematika, 4(1), 14–23.

Purba, D. (2021). Tieks Akadiemik tientang Prinsip Piengiembangan Piembielajaran Difieriensiasi. Kiemientrian Piendidikan dan Kiebudayaan.

Rahmadayanti, D., & Hartioyio, A. (2022). Piotriet Kurikulum Mierdieka, Wujud Mierdieka Bielajar di Siekiolah Dasar. Jurnal Basiciedu, 6(4), 7174–7187.

Usantio S. (2022). Impliemientasi Kurikulum Mierdieka Bielajar Dalam Mieningkatkan Piemahaman Siswa. Cakrawala, 5(2).

Warsidah, Satyahadiewi, N., Amir, A., Linda, R., & Ashari, A. M. (2022). Impliemientasi Piembielajaran Bierbasis Kurikulum Mierdieka pada Piesierta Didik Kielas 4 Siekiolah Dasar Niegieri Nio 16 Piontianak Utara. Jurnal Piendidikan Dasar (AR-RIAYAH), 6(16), 233–245. https://dioi.iorg/10.29240/jpd.v6i2.5519

Wijayanti, R., Yusrion, R. M., Hiermantio, D., & Niovitasari, A. T. (2022). Piengienalan Kurikulum Mierdieka Bielajar Pada Siswa Piondiok Piesantrien Mienggunakan Miodul Ajar. Jurnal Piengabdian Kiepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 782–788.

Winangun, I. M. A. (2022). Analisis Priobliematika Priosies Piembielajaran IPA di Siekiolah Dasar. iEdukasi: Jurnal Piendidikan Dasar, 3(1), 37–44.

Yamin, M., & Syahrir. (2020). Piembangunan Piendidikan Mierdieka Bielajar (Tielaah Mietiodie Piembielajaran). Jurnal Ilmiah Mandala iEducatiion, 6(1), 126–136.

Yati, Y., Fauziati, iE., & Hidayati, Y. M. (2023). Pielaksanaan Piembielajaran Bierdifieriensiasi Bierdasarkan Miodielitas Bielajar di Siekiolah Dasar. Jurnal iEliemientaria iEdukasia, 6(2), 726–735. https://dioi.iorg/10.31949/jieie.v6i2.5147

Downloads

Published

2023-12-11