ANALISIS PERMASALAHAN GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rafika Cahya Ningrum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Heni Pujiastuti Magister Pendidikan Dasar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11225

Keywords:

Kurikulum Merdeka, hambatan pembelajaran, sekolah dasar

Abstract

Perubahan kurikulum mencerminkan semangat untuk terus berkembang dan beradaptasi. Kurikum merdeka merupakan upaya untuk dapat menjawab tantangan global yang dihadapi indonesia saat ini. Guru sebagai tombak pendidikan diharapkan mampu untuk menerapkan kurikulum merdeka dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permasalahan guru dalam penerapan kurikulum merdeka yang ada di salah satu SD di Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang Banten. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Responden dari penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) guru kurang memahami secara mendalam tentang kurikulum merdeka, (2) perbedaan kemampuan yang dimiliki setiap siswa membuat guru bingung harus menggunakan metode pembelajaran yang cocok untuk digunakan, (3) guru tidak memiliki kemampuan IT yang cukup, dan sarana prasarana yang terbatas. Penelitian ini juga mengusulkan beberapa upaya peningkatan, seperti pelatihan intensif, kolborasi antar guru, penyediaan sumber belajar yang mendukung dan pelatihan teknologi. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, A. P., & Hudaidah. (2021). PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN INDONESIA DARI MASA KE MASA. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah , 3(2), 102–108.

Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Anggraini, D. L., Yulianti, M., Faizah, S. N., & Pandiangan, A. P. B. (2022). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial (JIPSI), 1(3), 290–298.

Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Journal of Education and Language Research, 1(2), 2105–2118.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio , 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Fadillah, C. N., Munawarah, & Aulia, R. (2023). PERSEPSI GURU PAUD TENTANG PENTINGNYA PELATIHAN KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 7(2), 367–374.

Febrianningsih, R., & Ramadan, Z. H. (2023). Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3335–3344. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4686

Gazali, M., & Pransisca, M. A. (2021). PENTINGNYA PENGUASAAN LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI BAGI GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM MENYIAPKAN SISWA MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRY 4.0. Jurnal Ilmiah Global Education, 2(1), 87–95.

Mantra, I. B. N., Pramerta, I. G. P. A., Arsana, A. A. P., Puspadewi, K. R., & Wedasuwari, I. A. M. (2022). PERSEPSI GURU TERHADAP PENTINGNYA PELATIHAN PENGEMBANGAN DAN PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Inovasi Penelitian , 3(5), 6313–6318.

Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363

Mawati, A. T., Hanafiah, & Arifudin, O. (2023). DAMPAK PERGANTIAN KURIKULUM PENDIDIKAN TERHADAP PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Jurnal Primary Edu (JPE), 1(1), 69–82.

Melani, A., & Gani, E. (2023). Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 16 Padang. Journal of Education and Humanities, 1(2), 23–32. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i2.28

Nasbi, I. (2017). MANAJEMEN KURIKULUM. Jurnal Idaarah, I(2), 318–330.

Nugraha, O. B., Frinaldi, A., & Syamsir. (2023). Pergantian Kurikulum Pendidikan Ke Kurikulum Merdeka Belajar Dan Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Journal Of Social Science Research, 3(2), 390–404.

Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Nur, M. dapid. (2021). ANALISIS KURIKULUM 2013. Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri, 7(2), 484–493.

Palobo, M., & Tembang, Y. (2019). ANALISIS KESULITAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KOTA MERAUKE. SEBATIK, 23(2), 307–315.

Putri, N. I., Sabrina, S. I., Budiman, N., & Utami, W. T. P. (2023). HAMBATAN GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 3 BROSOT. Indonesian Journal of Elementary Education, 5(1), 51–60. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/IJOEE

Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al Ubudiyah, 2(1), 1–13.

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). MERDEKA BELAJAR: KAJIAN LITERATUR. 183–190.

Silaswati, D. (2022). ANALISIS PEMAHAMAN GURU DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR. Journal of Elementary Education, 05(4), 718–723.

Sunarni, & Karyono, H. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(02), 1613–1620.

Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17–26. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi

Wijaya Saputra, D., & Sofian Hadi, M. (2022). PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR JAKARTA UTARA DAN KEPULAUAN SERIBU TENTANG KURIKULUM MERDEKA.

Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan (D. Ilham, Ed.; 1st ed.).

Downloads

Published

2023-12-11