PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL MENGGUNAKAN MEDIA SHADOW PUPPET DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11181Keywords:
Menceritakan Kembali, Teks Fabel, media shadow PuppetAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan proses dan hasil pembelajaran keterampilan menceritakan kembali teks fabel menggunakan media Shadow Puppet pada Peserta didik Kelas IV SDN Karangwuluh. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Karangwuluh. Hasil penelitian ini adalah (1) penggunaan media Shadow Puppet dalam menceritakan kembali teks fabel pada peserta didik kelas IV SDN Karangwuluh dapat meningkatkan kualitas aktivitas peserta didik dari siklus I yang dominan berada pada kategori cukup baik dengan persentase 43,85 % menjadi kategori baik juga dengan persentase 43,85 % pada siklus II, dan (2) terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar peserta didik dari prasiklus sebesar 27,27 % dengan rata-rata kelas 56,78 menjadi 63,63 % dengan rata-rata kelas 78,61 pada Siklus I, dan meningkat lagi menjadi 90,90 % pada Siklus II dengan rata-rata kelas 84,92. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Shadow Puppet dalam menceritakan kembali teks fabel dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Karangwuluh.Downloads
References
Arianti, O. R., Asih, D., & Ningsih, R. (2019). Discovery Learning,Teks Laporan APPLICATION OF DISCOVERY LEARNING MODEL IN INTERPRETING TEXT ORAL RESULTS OF OBSERVATION RESULTS IN CLASS X STUDENTS IPA.2 STATE 1ST HIGH SCHOOL. JURNAL PENDIDIKAN ROKANIA, 4(2), 183–197. https://doi.org/10.37728/JPR.V4I2.210
Arianti, R. (2019). Petunjuk praktis pengajaran keterampilan berbicara / Rita Arianti, S.Pd., M.Pd. | OPAC Perpustakaan Nasional RI. CV Budi Utama. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1313477
Arikunto, S. (2014). Penelitian tindakan kelas / Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi ; editor, Suryani | OPAC Perpustakaan Nasional RI. Bumi Aksara. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=947535
Ayuandia, N., Saparahayuningsih, S., & Ardina, M. (2017). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE KARYAWISATA PADA ANAK KELOMPOK B LAB SCHOOL PAUD UNIB KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 33–38. https://doi.org/10.33369/JIP.2.1.33-38
Cahyani, N. A., Djuanda, D., Sudin, A., Studi, P., Upi, P., Sumedang, K., Mayor, J., & 211 Sumedang, A. N. (2017). PENERAPAN METODE VAKS (VISUAL, AUDITORY, KINESTETHIC, SUGESTOPEDIA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATERI MEMERANKAN TOKOH DRAMA. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 1571–1580. https://doi.org/10.17509/JPI.V2I1.10470
Darmuki, A., Hariyadi, A., Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P., & Pendidikan Kewarganegaraan, P. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MAHASISWA PBSI TINGKAT I-B IKIP PGRI BOJONEGORO TAHUN AKADEMIK 2018/2019. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(2), 256–267. https://doi.org/10.24176/KREDO.V2I2.3343
Muliawati, H., & Pd, M. (2016). KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN PRAGMATIK PADA SISWA SMA. PRASASTI: CONFERENCE SERIES, 0(0), 90–94. https://doi.org/10.20961/PRAS.V0I0.460
N. D. J., Drs.I Wayan Wendra, M. P. ., & Drs. Gede Gunatama, M. H. . (2014). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA (BERCERITA) MELALUI PENERAPAN TEKNIK MENYELESAIKAN CERITA SISWA KELAS VII J SMP NEGERI 2 UBUD GIANYAR. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/JJPBS.V2I1.3286
Nuryanto, S., Abidin, A. Z., Setijowati, U., & Sb, N. S. (2018). PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA PGSD DALAM PERKULIAHAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KONSERVASI NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PENERAPAN METODE TASK BASED ACTIVITY DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 83–94. https://doi.org/10.15294/JPP.V35I1.15095
Puisi, P., Lokal, B., Dian, B., Armariena, N., Armariena, D. N., Kunci, K., & Budaya, L. (2018). PENULISAN PUISI BERTEMA LOKAL BUDAYA DENGAN MODEL SUGESTI IMAJINASI MAHASISWA. Parataksis: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.31851/PARATAKSIS.V1I1.2248
Ramadhanti, D. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 LEMBAH GUMANTI. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 27–42. https://doi.org/10.22202/JG.2017.V3I1.1230
Sunarminingsihi, S. (2022). PENGGUNAAN MEDIA KALDUK SPONTI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA JAWA MATERI PUNAKAWAN PADA PEMBELAJARANDARING KELAS VI SDLBC SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA. Exponential (Education For Exceptional Children) Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 3(1), 330–351. http://journal.upy.ac.id/index.php/PLB/article/view/3480
Utari, Y., Dian, D., & Armariena, N. (2018). PENGGUNAAN BAHASA PADA ANAK USIA 4 TAHUN SEBAGAI PENGAJARAN DI LINGKUNGAN KELUARGA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1843
Wuryaningtyas, C. J. (2015). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF-INTEGRATIF. Jurnal Penelitian, 19(1). https://e-journal.usd.ac.id/index.php/JP/article/view/1003
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.