ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS V SD

Authors

  • Sugiati Sugiati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Banun Havifah Cahyo Khosiyono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Berliana Henu Cahyani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10882

Keywords:

NHT learning model, active learning, IPAS

Abstract

The aim of this research is to analyze the application of the Numbered Heads Together (NHT) learning model to increase active science learning in class V students at SD Negeri Tanjungrejo. This research is descriptive qualitative research. The research subjects were 13 class V students. Data collection was carried out by observation and interviews. Data were analyzed using the Miles and Huberman model. The results of this research indicate that the application of the Numbered Heads Together (NHT) learning model can increase student activity in the IPAS learning process.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Banun Havifah Cahyo Khosiyono, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Pendidikan Dasar

References

Andini, M. N., dkk. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org.10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Anjarini, T. (2017). Strategi, Model, Media dan Teknologi Pembelajaran di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2b), 139-143. https://doi.org/10.30651/else.v1i2b.1156

Arenita, F. C., dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 3 Dokoro Wirosari. JGK (Jurnal Guru Kita), 2(4), 76-82. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/view/13578/11449

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A – Fase C Untuk SD/MI/Program Paket A. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/cp/dasmen/13.%20CP%20IPAS.pdf

Dewi, F. A., dkk. (2023). Penerapan Model Pembelajaran “Number Head Together” untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 5757-5768. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10103

Ghaniem, A. F., dkk. (2021). Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam Sosial untuk SD Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Komalasari, K. (2017). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Refika Aditama.

Liasmi, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Materi Gaya Dan Gerak Melalui Flashcard Di Kelas 6 Semester II SDN 1 Panji Lor Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV), 3(1), 51-59. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPV/article/view/1214

Miles, M.B., & Huberman, A.M. (1994). Qualitative Data Analysis: an expanded sourcebook. London: Sage Publications.

Permatasari, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) Terhadap Hasil Belajar IPA di SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 2587-2593. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9428

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Simanungkalit, M. (2020). Penerapan Pembelajaran Aktif Kooperatif Melalui Model Numbered Head Together (NHT) Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA – Biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 7(1), 89-102. https://doi.org/10.24114/jtikp.v7i1.22635

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yustika, G., & Prihatnani, E. (2019). Peningkatan Hasil dan Keaktifan Belajar Siswa Melalui NHT. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 481-493. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.136

Downloads

Published

2023-12-09

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>