ANALISIS MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS 2 SD

Authors

  • Linda Prahastiwi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Banun Havifah Cahyo Khosiyono Universitas Sarjana Tamansiswa
  • Berliana Henu Cahyani Universitas Sarjana Tamansiswa
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjana Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10886

Keywords:

Gambar Seri, Keterampilan Menulis, Media Pembelajaran

Abstract

ABSTRACT The aim of this research is to analyze the use of series image picture to improve the writing skills of students in the 2nd grade. The method used in this research is descriptive qualitative. This research was conducted in the 2nd grade of SD Negeri 1 Pangenrejo. Research data collection techniques use questionnaires, interviews and observation. The data analysis technique uses the Miles and Huberman model which includes data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research results show that the use of series image media can improve students' writing skills. With the series of image media, students become more active and motivated so that it can stimulate students' ability to express ideas and assemble sentences into a coherent paragraph.   Keywords: Series Picture, Writing Skill, Learning Media ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas 2 SD Negeri 1 Pangenrejo. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Dengan adanya media gambar seri, siswa menjadi lebih aktif dan termotivasi sehingga dapat menstimulus kemampuan siswa untuk menuangkan gagasan dan merangkai kalimat menjadi sebuah paragraf yang padu.   Kata Kunci: Gambar Seri, Keterampilan Menulis, Media Pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh penggunaan media film animasi terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 250-262.

Aziezah, R. K. (2022). Penggunaan Media Gambar Seri sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Cerita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 94-100.

Hamdu, G. (2018). Penggunaan Media Gambar Seri Sebagai Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Ekspositoris. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5 (1), 130-140.

Lastaria, L., Arnisyah, S., & Astuti, A. D. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Rakyat pada Guru Bahasa Indonesia SMA Sekalimantan Tengah. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 123-132.

Mahmur, M., Hasbullah, H., & Masrin, M. (2021). Pengaruh minat baca dan penguasaan kalimat terhadap kemampuan menulis narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(02), 169-184.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (Third edition). Singapore: SAGE Publications, Inc.

Riyana, C. (2012). Media pembelajaran. Jakarta Pusat : Kementerian Agama Republik Indonesia.

Sari, Helsy, I., Aisyah, R., & Irwansyah, F.S. (2010). Media Pembelajaran. Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Siregar, A. R. P. (2023). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 38 Medan Krio. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 5(1), 2438-2444.

Sugiharti, R. E., & Oktaviana, S. (2023). Penerapan Model Picture and Picture sebagai Solusi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 32-40.

Suyati, S. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas I Menggunakan Media Gambar Seri Di Sdn 014 Pengalihan Enok Indragiri Hilir. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 64-70.

Tarigan, H.G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tenriola, B., Rahim, A. R., & Jam’an, A. (2021). Keefektifan Teknik Analisis Contoh Berbasis Struktur Teks Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Cerita Anekdot Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Majauleng Kabupaten Wajo. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 134-143.

Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51-57.

Downloads

Published

2023-11-14

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>