EFEKTIVITAS TEKNIK ECOPRINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK EDELWEISS DASAN CERMEN

Authors

  • Nanik Sulismawati Universitas Mataram
  • Baik Nilawati Astini Universitas Mataram
  • Ika Rachmayani Universitas Mataram
  • I Nyoman Suarta Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10805

Keywords:

Application of Ecoprint, Logical Thinking Ability of children aged 5-6 years

Abstract

This study aims to describe the logical thinking ability of early childhood after being given treatment, to describe the application of ecoprint in early childhood learning and to find the effect of the application of ecoprint on the development of children's logical thinking skills in Edelweiss Dasan Cermen Kindergarten. The research method used is an experimental method, using a research design one group pretest postest design. The results of this study show that the application of ecoprint can improve the logical thinking skills of children aged 5-6 years at Edelweiss Dasan Cermen Kindergarten in 2022, this can be seen from the average score of children's pretest scores of 26.08 with an average score of 62.57% and the average score of postest scores Children are 65.5 with an average score of 86.18%. In the Normality Test pretest data (0,200 > 0,05) postest data (0,200 > 0,05), the pretest data and postest are declared to be normally distributed. In the t test with SPSS 24 it can be seen that the result of probability or sig is obtained (2-tailed) of 0,000, so (0,000 < 0.05) then H_0 rejected and H_a accepted. Based on the results of the study, it can be concluded that there is a significant influence on the application of ecoprint can improve the logical thinking ability of children aged 5-6 years in Edelweiss Dasan Cermen Kindergarten in 2022.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani, S., Dami,S., Rahmawati.,Y., 2022. Pelatihan Pembuatan Ecoprint Menggunakan Teknik Steam di Hadimulyo Timur, 6 (1), pp.31-40

Asmara, D. A., Meilani, S., 2020. Jurnal: Penerapan Teknik Ecoprint pada Dedaunan Menjadi Produk Bernilai Jual, 1 (2), pp.16-26.

Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. 2015. Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini

Fatmala, Y., Hartati, S., 2020. Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Kreativitas Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tembusai, 4 (2), pp.1143-1155.

Husna, Farisah, 2016. “Eksplorasi Teknik Eco Dyeing dengan Tanaman sebagai Pewarna Alam”. Fakultas Industri Kreatif, Telkom University. E-Proceeding Of Art and Design 3(2), pp.280-293

Irianingsih, Nining. 2018. Yuk Membuat Ecoprint Motif Kain dari Daun dan Bunga. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Jaya, Indra, 2018. Penerapan Statistik Untuk Pendidikan, Medan: Perdana Publishing

Karta,W. I., Setiadi, D., Ismail, M., 2017. Belajar dan Pembelajaran. Mataram, NTB: FKIP Universitas Mataram

Khadijah, 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing

Kharisma, V., Septiana, U., 2019. Jurnal: Pelatihan Teknik Ecoprint Untuk Guru PAUD. 2, pp.183-187

Kusuma, Lia. 2017. Jurnal : Perbedaan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Status Bekerja Ibu Di TK Se-Kelurahan Tamanagung Muntilan. Pendidikan Guru PAUD S-1 6(4).

Nurhasanah, 2018. Perkembangan Anak Usia Dini. Lombok Barat, NTB: Arga Puji Press

Nurliana, S., Wiryono., Haryanto, H., Syarifuddin, 2021. Jurnal: Pelatihan Ecoprint Teknik Pounding Bagi Guru-Guru PAUD Haqiqi di Kota Bengkulu. 19 (2), pp.262 – 271

Nurqolbi, R. I., Riyanto A. A., Lestari, R. H., 2019. Jurnal: Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Kemampuan Berfikir Logis Pada Anak Usia Dini. 2(5), pp.189-196

Octariza, S., Mutmainah, S., 2021. Jurnal: Penerapan Ecoprint Menggunakan Teknik Pounding Pada Anak Sanggar Alang-Alang, Surabaya. 9 (2), pp. 308-317

Pattilima, Hamid, 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Pascarina, Hanifa, 2022. Jurnal: Kalimat Perintah padaPemeragaan Teknik Ecoprint dalam Kegiatan Pengabdian Mayarakat di SMP Permata Hati Purwokerto. 2(1), pp.1-13

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Nasional Anak Usia Dini.

Rachmawati, N., Imami, 2007. Jurnal: Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif : Wawancara. 11(1), pp.35-40

Rahayu, D. I., 2018. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Mataram, NTB: FKIP Universitas Mataram

Saraswati, R., Susilowati, D., Restuti, R. C., Pamungkas, F. D., 2019. Pemanfaatan Daun untuk Ecoprint dalam Menunjang Pariwisata. Depok: Departemen Geografi FMIPA Universitas Indonesia.

Simanungkalit, S., Y., Syamwil, R., 2020. Jurnal: Teknik Ecoprint dengan Memanfaatkan Limbah Mawar (Rosa Sp.) Pada Kain Katun. 9(1), pp. 90-98

Sudaryono, 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Graha ilmu

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabet.

Sustina, I.,Laiya, W., S., 2020. Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Gorontalo: UNG Press Gorontalo

Toreh, R., F., 2020. Jurnal: Implementasi Teknik Ecoprinting dalam Pemanfaatan Limbah Organik Pasar Bunga Kayoon. 2, pp.1-7

Winarno, M.,E., 2013. Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: UM

Youtube: Handmade Idea, 2020. Workshop Prateshi Batik Semarang: Membuat Eco Pounding Pada Tote Bag. Diakses pada laman: https://youtu.be/cL9lEJk0iYs

Zulminiati, 2014. Metodologi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Padang: UN Padang

Puspa Ardini ,P.,&lestariningrum ,A.(2018).bermain dan permainan anak usia dini. Adjie media nusantara.

Rudiyanto ,A.( 2016).perkembangan motorik kasar dan motorik halus anak usia dini. Darussalam press Lampung.

Downloads

Published

2023-12-09