Pengaruh Penggunaan Media Kartu Alphabet Berbasis Budaya Lokal Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Kelompok B Di RA Nurul Huda NW Lembuak
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26377Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh penggunaan media kartu alphabet berbasis budaya lokal terhadap kemampuan membaca anak usia dini kelompok B di RA Nurul Huda NW Lembuak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pra eksperimental dengan desain one group pretest posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Subjek yang diteliti pada penelitian ini adalah anak kelompok B di RA Nurul Huda NW Lembuak yang berjumlah 18 anak. Data dianalisis menggunakan statistik parametrik dengan uji hipotesis menggunakan Uji-t. Hasil analisis pada data penelitian menunjukkan ada perbedaan rata-rata yang diuji. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis uji t paired samples test, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000, yang lebih kecil dari 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest setelah diberikan perlakuan dengan penggunaan media kartu alphabet berbasis budaya lokal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu alphabet berbasis budaya lokal berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca anak usia dini.Downloads
References
Andini, A. N., & Mubin, A. N. (2022). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak usia 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian Anak Usia Dini, 1(1), 1–11.
Astuti, S. (2018). Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Ditkintan Komara Kelompok B. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1).
Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0 KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional,2(1), 93-97.
Hariyani, F. (2016). Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Pada Anak Usia Dini Kelompok B dengan Menggunakan Media Gambar. Jurnal Usia Dini, 2(1), 9-21.
Herlina, Emni Silvia. 2019. Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, Vol. 5, No. 4, November-Desember 2019.
Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676.
Liyana, A. & Kurniawan M. 2019. “Speaking Pyramid Sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vo. 3, No. 1, Hal. 225-232.
Maulinawati., Amelia, L., & Rismawati. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Anak di Kelompok B TK Tut Wuri Handayani Samahani Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan. 1(1).
Misbah, M., Pratama, W. A., Hartini, S., & Dewantara, D. (2018). Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology pada Materi Impuls dan Momentum untuk Melatihkan Literasi Digital. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 3(2), 109.
Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2020). Literasi berbahasa Indonesia usia prasekolah: rancangan metode dia tampan dalam membaca permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (1).
Nambiar, R. M. K., Ibrahim, N., Hashim, R. S., Yasin, R. M., Azman, H., Yusof, N. M., Ramli, R., & Mustaffa, R. (2020). Impact of local culture-based reading materials on students’ skill development and confidence in english. Universal Journal of Educational Research
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.