This is an outdated version published on 2023-10-06. Read the most recent version.

KEVALIDAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS GAMBAR ANIMASI PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF SISWA KELAS IV SDN MANGGIS 2

Authors

  • Yessica Novita Puji Rahayu Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Bagus Amirul Mukmin Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ilmawati Fahmi Imron Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10213

Keywords:

Media Pembelajaran, Powerpoint Interaktif, Gambar Animasi, IPA SD

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan pada kelas IV SDN Manggis 2, dalam proses pembelajaran penggunaan media untuk menjelaskan materi energi alternatif masih berfokus pada gambar yang ada pada buku siswa, kurangnya penggunaan media dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru yang monoton sehingga siswa masih kesulitan untuk memahami materi. Sehingga siswa kurang antusias dan  semangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan media powerpoint interaktif berbasis gambar animasi. Dengan adanya media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis gambar animasi dipercaya mampu memberikan pengaruh positif dalam proses pembelajaran terkait materi energi alternatif. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan (R&D), dengan menggunakan model ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terkait data kevalidan. Perolehan data hasil validasi ahli materi menunjukkan skor rata-rata 88% dengan kategori sangat valid, dan ahli media memperoleh skor rata-rata 83% dengan kategori sangat valid yang kemudian dinyatakan dengan skor rata-rata yaitu 85%. Dari hasil penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis gambar animasi pada materi energi alternatif dinyatakan sangat valid sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M. (2015). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Semarang: Unissula Press.

Akbar, Sa’dun, dkk. 2017. Implementasi Pembelajaran Tematik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011

Made Tegeh Dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Ririn Indriyanti. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Materi Penyesuaian Makhluk Hidup Terhadap Lingkungan Untuk Siswa Kelas V SD Negeri Depok 1. Universitas Sanata Dharma.

S. P. Hisbullah & N Selvi. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Angkasa Timur.

Saptono, A. (2017). Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Dan Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X Di Sma Negeri 89 Jakarta. Econosains Jurnal Online Ekonomi Dan Pendidikan, 14(1), 105– 112. https://doi.org/10.21009/econosains.0141.08

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2023-10-06

Versions

Most read articles by the same author(s)