PENGARUH KARAKTERISTIK PEMASARAN SYARIAH TERHADAP BUNGA TABUNGAN NASABAH DI BANK SYARIAH INDONESIA CABANG MAKASSAR

Penulis

  • Syahriyah Semaun Pare Pare State Islamic Institute
  • Siti Rasyid Pare Pare State Islamic Institute
  • Musmulyadi Musmulyadi Pare Pare State Islamic Institute

DOI:

https://doi.org/10.23969/jrbm.v16i2.7385

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik Pemasaran Syariah yang terdiri dari variabel Teistik (Rabbaniyyah), Etis (Akhlaqiyyah), Realistis (Al-Waqi'yyah) dan Humanistik (Al-Insaniyyah) terhadap minat menabung. Serta untuk mengetahui variabel dominan yang secara simultan mempengaruhi karakteristik Pemasaran Syariah terhadap minat menabung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Analisis Regresi Berganda. Hasil temuan penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Variabel Teistik (Rabbaniyyah) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap variabel Minat Menabung, (2) Variabel Etika (Akhlaqiyyah) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Minat Menabung. variabel minat menabung, (3) variabel Realistis (Al-Waqi'yyah) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap variabel minat menabung, dan (4) variabel Humanistik (Al-Insaniyyah) berpengaruh positif dan signifikan. pengaruh terhadap variabel minat menabung dan variabel Humanistik (Al-Insaniyyah) memiliki pengaruh yang paling dominan secara simultan terhadap minat menabung.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-14

Terbitan

Bagian

Articles