KEAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR (Studi Komparasi pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di Kelas XI Akuntansi SMK Medikacom Bandung)

Bahasa Indonesia

  • Veri Aryanto Sopiansah UPI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan berfikir kreatif siswa pada kategori minat belajar tinggi dan minat belajar rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode komparasi dengan analisis data menggunakan uji t (one sampel t-tes) dengan uji hipotesis ANOVA. Populasi yang digunakan siswa juruan akuntansi SMK Medikacom dengaan sampel kelas XI AK A dan B. Penelitian ini dibagi dalam dua kelompok siswa, yaitu kelompok siswa dalam kategori minat belajar tinggi dan siswa dalam kategori minat belajar rendah. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, ditemukan hasil bahwasanya terdapat perbedaan kemampuan berfikir kreatif siswa dalam kategori minat belajar tinggi dan siswa dalam kategori minat belajar rendah. Pembelajaran yang dilakukan guru harus dapat memperhatiakan tingkat minat belajar siswanya karna itu akan mempengaruhi proses dan hasil belajar, termasuk kemampuan berfikir salah satunya berfikir kreatif.
Kata kunci: Berfikir kreatif, Hasil belajar, Minat belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 5, 2019
How to Cite
SOPIANSAH, Veri Aryanto. KEAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR (Studi Komparasi pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di Kelas XI Akuntansi SMK Medikacom Bandung). OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 9-18, feb. 2019. ISSN 2549-2284. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/oikos/article/view/1404>. Date accessed: 17 feb. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.23969/oikos.v3i1.1404.
Section
Articles