PENGARUH KONSEP DIRI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR EKONOMI
DOI:
https://doi.org/10.23969/oikos.v8i2.18126Abstract
Proses belajar mengajar seharusnya berorientasi pada keberhasilan untuk memberikan rangsangan kepada peserta didik untuk berpartisipasi secara aktif. Namun, pada saat pelaksanaannya tidak semua peserta didik terlibat secara aktif dan bersemangat pada saat proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hal tersebut, yang menyebabkan proses pembelajaran tersebut kurang efektif disebebkan oleh rendahnya minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara konsep diri dan lingkungan keluarga terhadap minat belajar peserta didik baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: (i) konsep diri memiliki pengaruh terhadap minat belajar ekonomi sebesar 11,5% secara efektif dan 28,9% secara relatif, (ii) lingkungan keluarga memiliki pengaruh terhadap minat belajar ekonomi sebesar 29,4% secara efektif dan 71,9% secara relatif, (iii) konsep diri dan lingkungan keluarga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar sebesar 40,9% sedangkan sisanya sebesar 59,1% yaitu dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Minat belajar harus lebih ditingkatkan dengan cara fokus pada pengembangan konsep diri yang positif seperti meningkatkan kepercayaan diri dan tanggung jawab terhadap proses belajar. Memanfaatkan lingkungan belajar yang mendukung di rumah dengan mengatur waktu belajar secara konsisten dan mencari bantuan saat menghadapi kesulitan. Komunikasi terbuka dengan orang tua juga penting untuk mendapatkan dukungan emosional dan akademik yang dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar.Downloads
References
Sumber Buku:
Fitts, H. (1972). The Self-concept and Behavior: Overview and Supplement. Nashville: The Dede Wallance Center.
Khairani, M. (2014). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Rakhmat, J. (2015). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sariani, N., Prihantini, Winarti, P., Indrwati, Jumadi, surdi, A., & Satria, R. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Tasikmalaya : Edu Publisher.
Sumber Jurnal:
Abdullah, A. N., & Mema, A. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran The Power Of Two Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Inpres Watujara. Jurnal Bina Gogik, 214-220. Vol. 10 No. 1, Maret. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/a rticle/view/654
Fitriyani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon Tentang Konsep Diri dalam Bimbingan Kelompok Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnl Tunas Bangsa, 104- 114. Vol. 6 No. 1, Februari. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/vie w/950/888
Lubis, M. S. (2021). Belajar dan Mengajar Sebagai Suatu Proses Pendidikan yang Berkemajuan. Literasiologi, 98-99. Vol. 5 No. 2, Januari. https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.ph p/literasiologi/article/view/222/219
Maryani, L., & Sopiansah, V. A. (2019). Minat belajar siswa dengan variasi penggunaan media pembelajaran (survey pada siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 3 Bandung). PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(1), 63-69.
Mz, I. (2018). Peran Konsep Diri Terhadap Kedisiplinan Siswa. Jurnal Peradapan dan Pemikiran Islam, 1-11. Vol. 2 No. 1, Juli. https://e-journal.iain- palangkaraya.ac.id/index.php/nalar/article/view/ 915/830
Palangda, L. (2017). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Belajar Ekonomi Peserta Didik Di SMKN 4 Makassar. Pendidikan, 1-14.
Pamungkas, T., & Sari, D. R. (2015). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Batam Tahun 2014. Phytagoras, 56-62. Vol. 4 No. 1. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurna lphythagoras/article/view/571/432
Pratiwi, D. P. (2018). Pengaruh Lingkunga Keluarga dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendiidkan, 138-143. Vol. 6 No. 3. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/articl e/view/25052
Rachmah dkk (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar Pada Prestasi Belajar IPS Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar. Pendidikan, 1168- 1176. Vol. 4 No. 9. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/vi ew/12701
Yolviansyah dkk (2021). Hubungan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika Di SMAN 3 Muaro Jambi. Jurnal penelitian Ilmu Pendidikan, 16-25. Vol. 4 No. 1, Februari. https://jta.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTA/arti cle/view/7883
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.