TINGKAT KRETIVITAS MAHASISWA DALAM BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN DITINJAU DARI MINAT BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/oikos.v8i1.12527Kata Kunci:
Minat Belajar, Kreativitas, Hasil BelajarAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa pada kategori minat belajar tinggi dan minat belajar rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode komparatif dengan analisis data menggunakan uji t (one sample t-test) dengan uji hipotesis ANOVA. partisipan penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2020 program studi pendidikan ekonomi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas pasundan. Penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok siswa, yaitu kelompok siswa dalam kategori minat belajar tinggi dan siswa dalam kategori minat belajar rendah. minat. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa pada kategori minat belajar tinggi dan siswa pada kategori minat belajar rendah. Pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru harus dapat memperhatikan tingkat minat belajar siswa karena akan mempengaruhi proses dan hasil belajar, termasuk kemampuan berpikir, salah satunya adalah berpikir kreatif.Unduhan
Referensi
Almujab, S. (2015). Pengaruh Metode Discovery Terhadap Peningkatan Berpikir Kreatif (Studi Kuasi Eksperimen Mata Pelajaran Kewirausahaan Pada Siswa Kelas XI PS SMKN 1 Bandung).
Anderson, L. W. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Aesmen (Revisi Taksonomi Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Asep Herry Hernawan, d. (2006). Pengembangan Kuri ku lum dan Pembelajaran . Jakarta: UT Departemen Pendidikan Nasional.
Edora. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Oikos Jurnal Pendidikan Ekonomi FKIP Unpas.
Dwi, Laksana S. (2018). Integrasi Empat Pilar Pendidikan (Unesco) Dan Tiga Pilar Pendidikan Islam.
Filsaime, T. (2008 ). Menguak Rahasia Berpikir Kreatif dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Gary Coombs, M. E. (2004). Education Introduction To The Special Issue: Problem-Based Learning As Social Inquiry—Pbl And Management. Journal Of Management Education Sage Publication, 28(5), 523–535.
Hidayat, R. &. (2013). Pendidikan Abad 21 dan Kuri kulum 2013. Unpak.
https://data.go.id/dataset/nilai-rata-rata-sekolah-un
Kemendikbud. (2016). Revitalisasi Pendidikan Vokasi.
Komara, Endang. (2018) Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education. Volume 4 (1).
Kusumaningtias, A., Zubaidah, S., & Indriwati, S. E. (2013). Pengaruh Problem Based Learning Dipadu Strategi Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Metakognitif, Berpikir Kritis, dan Kognitif Biologi Siswa Kelas Xi SMA Negeri 5 Malang. (Tesis). Disertasi dan Tesis Program Pascasarjana UM, 33–47. Retrieved From Http://Jpk.Lemlit.Um.Ac.Id/Wp-Content/Uploads/2014/08/02-Anyta-Kusumaningtyas- Ok.Pdf
Litbang. (2013). Kemendikbud.
Martinis, Y. (2008). Paradigma Pendidikan Konstruktivistik. Jakarta: Gaung Persada Press.
Muldayanti, N. D. (2013). Pembelajaran Biologi Model STAD dan TGT Ditinjau dari Keingintahuan dan Minat Belajar Siswa. JPII, 1 (1), 12–17. Https://Doi.Org/10.15294/Jpii.V4i2.4179
Nurina Happy, D. B. W. (2014). Keefektifan PBL Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis, Serta Self-Esteem Siswa SMP, 1(November), 176–187.
Prihatini, Effiyati (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Formatif 7(2): 171-179, ISSN: 2088-351X
Redhana, I Wayan. A. A. Istri Agung Rai Sudiatmika, I Ketut Artawan. (2009) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pertanyaan Socratik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 42, Nomor 3, Oktober 2009, hlm. 151 -159
Sbderstrbrm, T. F. (2011). From distance to online education: Educational management in the 21th century. Annual Conference Dublin.
Tambunan, Nurma. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Formatif 6(3): 207-219, 2016 ISSN: 2088-351X
Trilling, B. a. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Fransisco, California: Jossey-Bass/John Wiley & Sons, Inc.
Utami, M. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta
Wiyono, K., Pd, S., Setiawan, A., Si, M., Suhandi, A., & Si, M. (2009). “ Model Pembelajaran Multimedia Interaktif Relativitas Khusus untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Makalah Seminar Nasional Pendidikan di FKIP Universitas Sriwijaya Palembang , 14 Mei 2009 Oleh :, 1–12.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.