PENERAPAN GOOGLE CLASSROOM BERBANTUKAN GOOGLE MEET DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR

(Survei Pada Kompetensi Dasar Konsep Ekonomi Dalam Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X)

Authors

  • Sri Marten Yogaswara Universitas Pasundan
  • Leni Maryani Universitas Pasundan
  • Reni Danisa Universitas Pasundan
  • Fauzi Maulana Universitas Pasundan
  • Putri Aghnia Puspitasari Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/oikos.v6i1.5010

Keywords:

Pembelajaran moda daring, Google Classroom berbantukan Google Meet, Hasil Belajar

Abstract

Pemberlakuan Surat Edaran Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) berimplikasi pada pilihan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam jaringan (daring) atau pembelajaran jarak jauh luar jaringan (luring). PJJ moda daring memunculkan permasalahan kesiapan satuan pendidikan dalam membuat Learning Management System (LMS) dengan kemampuan finansial terbatas. Umumnya pimpinan satuan pendidikan menetapkan kebijakan menggunakan aplikasi pendidikan umum. Salah satu aplikasi pendidikan umum yang banyak digunakan pada satuan pendidikan menengah adalah Google Classroom berbantukan Google Meet. Penerapan aplikasi tersebut menuntut penjelasan ilmiah, yakni seberapa besar pengaruh penerapan Google Classroom berbantukan Google Meet pada pembelajaran ekonomi terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survai. Subjek penelitian terdiri dari peserta didik pembelajaran ekonomi yang dilakukan tim peneliti. Hasil uji instrumen menunjukkan instrumen memenuhi kriteria validitas, reliabilitas, dan normalitas. Hasil uji hipotesis menunjukkan penerapan Google Classroom berbantukan Google Meet pada pembelajaran kompetensi dasar konsep ekonomi memberikan pengaruh sebesar 82,1% terhadap hasil belajar. Pengaruh tersebut berasal dari dimensi tujuan pembelajaran daring dan dimensi kemudahan pembelajaran daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku

Belawati. T. (2019). Pembelajaran Online. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Direktur Pendidikan dan Pembelajaran (2014). Pedoman Penjaminan Mutu Penyelenggaraan Pembelajaran Daring Indonesia Terbuka dan Terpadu. Jakarta: Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Hasibuan & Moedjiono. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya

Susilana, R. &. (2018). Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima

Syah, M. (2011). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru (A. S. Wardan (ed.); Revisi). PT Remaja Rosdakarya

Tim Direktorat Pembelajaran. (2019). Panduan Proses Pembelajaran Daring SPADA 2019. Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi.

Jurnal, Makalah, dan Artikel

Abdullah, R. (2015). Urgensi Penilaian Hasil Belajar Berbasis kelas Mata Pelajaran IPS di Madeasah Tsanawiyah. Lantanida Journal, 3(2), 168-181.Ismail, F. F. & Sudarmadi, D. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Karyawan PT. Beton Elemen Persada. Jurnal Akuntansi, Audit, dan Sistem Informasi Akuntansi, 3(1), 1-13.

Darmawan, Y. (2019). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X Sma Jurusan Ips. Pendidikan Matematika, 1(1), 1–15.

Ernawati. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Kualitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di MAN 1 Kota Tanggerang Selatan.

Laelasari, E., Apipudin, Hermana, A., Purwanti, S., Khorunnisaa, A., Nulaela, N., Wahyudi, D., Juwitaningsih, D., & Darma, C. (2016). Model Pembelajaran Paket C Daring (Edithole (ed.)). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Melvin, T. &. (2017). Hubungan Antara DIsiplin Belajar di Sekolah dengan Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 1(1), 1-14.

Rahmawati, I. (2016). Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Jarak Jauh Berbasis Digital Class Platform Edmodo. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII (pp. 411-419). Purwokerto: Universitas Terbuka Convention Center.

Reni Wahyuningsih, Sri Wahyuni, Albertus Djoko Lesmono (2016). Pengembangan Instrumen Self Assessment Berbasis Web untuk Menilai Sikap Ilmiah pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 4. No. 4. H. 338 – 343.

Diseminasi Hasil Penelitian Melalui Optimalisasi Sinta Dan Hak Kekayaan Intelektual, 122–125

Setawan, P. (2020). Pengertian E-learning-Karakteristik, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan, Jenis komponen, Para Ahli. https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-e-learning/. Artikel online

Suarta, dkk. 2015. Model Authentic Self ± Assessment dalam Pengembangan Employability Skills Mahasiswa Pendidikan Tinggi Vokasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. ISSN 2338-6061 Vol 19(1): 46-57

Subagia, I Wayan & Wiratma, I G. L. (2016). Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 39-54.

Sulastri, I. Firmansyah (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmjur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 90-103.

Wicaksono, V. D. (2017). Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS HDPGSDI Wilayah Jawa, (hal. 513-321). Surabaya.

Wilujeng, T. 2014. Metode SelfAssessment sebagai Metode Alternatif dalam Melakukan Evaluasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. ISSN 2355-7083 Vol 1(1): 10-19.

Yogaswara. S. Marten (2019). Lingkungan Sekitar Sekolah sebagai Sumber Belajar; Bimtek Pengembangan Potensi Sosial Guru Kota Tasikmalaya melalui Outdor Activity 2019. Makalah

Peraturan

Surat Edaran Kemendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Surat Edaran Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Downloads

Published

2022-01-07

Most read articles by the same author(s)