PENERAPAN GOOGLE CLASSROOM BERBANTUKAN GOOGLE MEET DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR

(Survei Pada Kompetensi Dasar Konsep Ekonomi Dalam Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X)

  • Sri Marten Yogaswara Universitas Pasundan
  • Leni Maryani Universitas Pasundan
  • Reni Danisa Universitas Pasundan
  • Fauzi Maulana Universitas Pasundan
  • Putri Aghnia Puspitasari Universitas Pasundan

Abstract

Pemberlakuan Surat Edaran Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) berimplikasi pada pilihan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam jaringan (daring) atau pembelajaran jarak jauh luar jaringan (luring). PJJ moda daring memunculkan permasalahan kesiapan satuan pendidikan dalam membuat Learning Management System (LMS) dengan kemampuan finansial terbatas. Umumnya pimpinan satuan pendidikan menetapkan kebijakan menggunakan aplikasi pendidikan umum. Salah satu aplikasi pendidikan umum yang banyak digunakan pada satuan pendidikan menengah adalah Google Classroom berbantukan Google Meet. Penerapan aplikasi tersebut menuntut penjelasan ilmiah, yakni seberapa besar pengaruh penerapan Google Classroom berbantukan Google Meet pada pembelajaran ekonomi terhadap hasil belajar peserta didik.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survai. Subjek penelitian terdiri dari peserta didik pembelajaran ekonomi yang dilakukan tim peneliti. Hasil uji instrumen menunjukkan instrumen memenuhi kriteria validitas, reliabilitas, dan normalitas.
Hasil uji hipotesis menunjukkan penerapan Google Classroom berbantukan Google Meet pada pembelajaran kompetensi dasar konsep ekonomi memberikan pengaruh sebesar 82,1% terhadap hasil belajar. Pengaruh tersebut berasal dari dimensi tujuan pembelajaran daring dan dimensi kemudahan pembelajaran daring.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 7, 2022
How to Cite
YOGASWARA, Sri Marten et al. PENERAPAN GOOGLE CLASSROOM BERBANTUKAN GOOGLE MEET DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR. Oikos : Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 30-43, jan. 2022. ISSN 2549-2284. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/oikos/article/view/5010>. Date accessed: 18 may 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23969/oikos.v6i1.5010.