ANALISIS STRATEGI PROMOSI E-COMMERCE SHOPEE YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

Authors

  • Felya Salsabilla Nadiansyah Universitas Pasundan
  • Rully Indrawan Universitas Pasundan
  • Saiful Almujab Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/oikos.v6i1.5057

Keywords:

Strategi Promosi, E-commerce, Shopee, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas penggunaan e-commerce shopee, strategi promosi yang dilakukan oleh e-commerce shopee dan strategi promosi e-commerce shopee yang paling signifikan mempengaruhi keputusan pembelian mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pasundan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif, dengan sampel berjumlah 202 mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Pasundan. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas penggunaan e-commerce shopee pada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi dalam taraf yang tinggi ditunjukkan dengan jumlah responden sebanyak 202 orang pengguna e-commerce shopee yang merasakan promo rutin dari shopee sehingga dapat menjawab setiap pernyataan-pernyataan setiap variabel strategi promosi yang dimiliki e-commerce shopee, strategi promosi yang dilakukan e-commerce shopee untuk mempengaruhi keputusan pembelian terdiri dari lima yaitu, promo gratis ongkir, banjir promo, permainan berhadiah, beragam metode pembayaran, dan layanan shopee express dan secara parsial strategi promosi berupa banjir promo yang paling signifikan mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi  (R2) sebesar 49,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aflili, H., Kalangi, J., & Walangitan, O. (2017). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Menabung Nasabah. Jurnal Administrasi Bisnis, 5(006), 269393. https://doi.org/10.35797/jab.0.0.2017.18378.

Fandy, T. (2014). Pemasaran Jasa. Andi.

Gitosudarmo, I. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE.

Hartman, Amir, & Sifonis, J. (2000). Net Ready: Strategies for Success in the. E-Conomy. McGraw-Hill Comp. Inc.

Iprice. (2020). Peta E‑Commerce Indonesia. Iprice Insights. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Jayani, D. H. (2020). Shopee, E-Commerce dengan Pengunjung Situs Tertinggi Kuartal III 2020. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish /2020/11/20/shopee-e-commerce-dengan-pengunjung-situs-tertinggi-kuartal-iii-2020

Kotler & Keller. (2016). Capturing Marketing Insights (Electronic Version). In Marketing Management.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip PEMASARAN Principle of Marketing. 1–63.

Laudon, K., & Traver, C. G. (2014). E-Commerce 2014; 10th Edition. https://www.pearson.com/us/higher-education/product/Laudon-E-Commerce-2014-10th-Edition/9780133024449.html

RCTI Ads. (2020). Membaca Peluang Industri E-commerce Indonesia di Tahun 2020. RCTI Ads. https://www.rctiads.com/blogs/membaca-peluang-industri-e-commerce-indonesia-di-tahun-2020

Tjiptono, F., & Diana, A. (2019). Kepuasan Pelanggan. Andi Offset.

Umar, H. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Rajawali Press.

Van Der Merwe, R., & Bekker, J. (2003). A framework and methodology for evaluating e-commerce Web sites. Internet Research, 13(5), 330–341. https://doi.org/10.1108/10662240310501612

Yulia, farida, Lamsah, & Periyadi. (2019). BUKU MANAJEMEN PEMASARAN_compressed.pdf (Issue April, p. 79).

Downloads

Published

2022-01-07

Most read articles by the same author(s)