ANALISIS STRATEGI PROMOSI E-COMMERCE SHOPEE YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

  • Felya Salsabilla Nadiansyah Universitas Pasundan
  • Rully Indrawan Universitas Pasundan
  • Saiful Almujab Universitas Pasundan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas penggunaan e-commerce shopee, strategi promosi yang dilakukan oleh e-commerce shopee dan strategi promosi e-commerce shopee yang paling signifikan mempengaruhi keputusan pembelian mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pasundan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif, dengan sampel berjumlah 202 mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Pasundan. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas penggunaan e-commerce shopee pada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi dalam taraf yang tinggi ditunjukkan dengan jumlah responden sebanyak 202 orang pengguna e-commerce shopee yang merasakan promo rutin dari shopee sehingga dapat menjawab setiap pernyataan-pernyataan setiap variabel strategi promosi yang dimiliki e-commerce shopee, strategi promosi yang dilakukan e-commerce shopee untuk mempengaruhi keputusan pembelian terdiri dari lima yaitu, promo gratis ongkir, banjir promo, permainan berhadiah, beragam metode pembayaran, dan layanan shopee express dan secara parsial strategi promosi berupa banjir promo yang paling signifikan mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi  (R2) sebesar 49,7%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 7, 2022
How to Cite
NADIANSYAH, Felya Salsabilla; INDRAWAN, Rully; ALMUJAB, Saiful. ANALISIS STRATEGI PROMOSI E-COMMERCE SHOPEE YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. Oikos : Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 62-71, jan. 2022. ISSN 2549-2284. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/oikos/article/view/5057>. Date accessed: 18 aug. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23969/oikos.v6i1.5057.

Most read articles by the same author(s)