ANALISIS BUTIR SOAL DAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENJAWAB SOAL UJIAN NASIONAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Authors

  • Dini Riani universitas Pasundan
  • Saiful Almujab Universitas Pasundan
  • Amelia Dina Universitas Pasundan
  • Fitriani Fitriani Universitas Pasundan
  • Riko Budiarto Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/oikos.v4i1.2425

Keywords:

Analisis Butir Soal, Ujian Nasional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana butir-butir soal dalam soal Ujian Nasional mata pelajaran ekonomi tahun ajaran 2016/2017 mampu mengarahkan siswa-siswa di SMA Pasundan se-Bandung pada pengembangan berpikir tingkat tinggi. Analisis tersebut dilakukan dengan melihat karakteristik soal ujian nasional kemudian dilakukan pengkatagorisasian berdasarkan ranah kognitif Bloom. Sedangkan untuk analisis butir soal, peneliti melakukan analisis jawaban siswa untuk menentukan  bagaiman tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektifitas pengecoh pada soal UN. Dalam penelitian ini, peneliti juga melakukan analisis terhadap kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal UN dengan menentukan jenis soal mana saja yang dianggap sulit berdasarkan jawaban yang dihasilkan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, sedangakan data diolah mengunakan ANATES V.4. untuk kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi manajemen sekolah dan guru-guru ekonomi dalam mengembangkan materi pembelajaran yang mengarahkan pada kecakapan siswa dalam menjawab soal-soal yang terdapat di Ujian Nasional. Hasil penelitian menunjukan bahwa masih terdapat soal-soal dalam ujian nasonal khususnya pada mata pelajaran ekonomi yang perlu dilakukan evaluasi ulang karena memiliki kategori soal yang buruk.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-02-05

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)