PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI: PENDEKATAN EFEKTIF DALAM MENJAWAB KEBUTUHAN DIVERSITAS SISWA

Authors

  • Saiful Almujab

Keywords:

pembelajaran berdiferensiasi, diversitas siswa, inklusif

Abstract

Saat ini, keberagaman siswa menjadi sebuah tantangan yang harus dihadapi oleh sekolah. Pembelajaran berdiferensiasi muncul sebagai pendekatan yang efektif dalam menjawab kebutuhan diversitas siswa. Artikel ini bertujuan untuk membahas pentingnya pembelajaran berdiferensiasi dan mengapa pendekatan ini menjadi solusi yang tepat dalam konteks pendidikan yang inklusif. Melalui diferensiasi dalam konten, proses, produk, dan lingkungan belajar, pembelajaran dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan masing-masing siswa. Artikel ini membahas implikasi positif dari penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Siswa mendapatkan pengalaman belajar yang relevan dan bermakna, yang meningkatkan motivasi dan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Selain itu, pembelajaran berdiferensiasi juga mendorong kerja sama, penghargaan terhadap perbedaan, dan pengembangan keterampilan sosial siswa. Namun, penerapan pembelajaran berdiferensiasi tidaklah mudah, tuntuk itu dalam artikel ini penulis mengidentifikasi tantangan dan hambatan yang mungkin dihadapi dalam menerapkan pendekatan ini, seperti pengelolaan waktu, persiapan materi yang berbeda, dan penilaian yang adil dan akurat. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, sekolah dapat mengatasi tantangan ini dan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif bagi semua siswa. Dengan pemahaman yang mendalam tentang konsep dan strategi pembelajaran berdiferensiasi, sekolah dapat menerapkan pendekatan ini secara efektif untuk menjawab kebutuhan diversitas siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Coffield, Frank, David Moseley, Elaine Hall, and Kathryn Ecclestone. 2004. “Learning Styles and Pedagogy in Post-16 Learning A Systematic and Critical Review.” Learning 84.

Davis, Katie, Joanna Christodoulou, Scott Seider, and Howard Gardner. 2019. “The Theory of Multiple Intelligences.” The Cambridge Handbook of Intelligence (January):659–78. doi: 10.1017/9781108770422.028.

Gillies, Robyn M. 2016. “Cooperative Learning: Review of Research and Practice.” Australian Journal of Teacher Education 41(3):39–54. doi: 10.14221/ajte.2016v41n3.3.

Gregory, G. H., and C. Chapman. 2013. Differentiated Instructional Strategies: One Size Doesn’t Fit All. Thousand Oaks: Corwin Press.

Heacox, D. 2002. Differentiating Instruction in The Regular Classroom: How To Reach and Teach All Learners, Grades 3-12. Minneapolis: MN: Free Spirit Publishing Inc.

Jonassen, D. H. 1991. “Evaluating Constructivistic Learning.” Educational Technology 31(9):28–33.

Larmer, John, John Mergendoller, and Suizie Boss. 2018. Project Based Learning. Virginia USA: ASDC.

Nazir, Moh. 2017. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Prastowo, Andi. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-ruzzmedia.

Sari, Dwi Rosita. 2023. Differentiated Instruction : Meeting the Students ’ Diverse Needs and Uniqueness. Vol. 2. Atlantis Press SARL.

Tomlinson, Carol Ann. 2005. How to Differetiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms - 2nd Edition. Vol. 44. Viginia: Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD).

Tomlinson, Carol Ann. 2017. “The Rationale for Differentiating Instruction in Academically Diverse Classrooms.” DIFFERENTIATE INSTRUCTION : In Academically Diverse Classooms 12–18.

Tomlinson, Carol Ann, and Tonya R. Moon. 2015. Assessment and Student Success in a Differentiated Classroom. Virginia USA: ASD.

Vygotsky, L. S. 1978. Mind in Society: The Development of Higher Psychological Process. Vol. 108. London: Harvard University Press.

Wormeli, Rick. 2017. Fair Isn’t Always Equal: Assessing & Grading in the Differentiated Classroom. Stenhouse Publishers.

Downloads

Published

2024-02-02

Most read articles by the same author(s)