MOTIF PERILAKU MENYIMPANG SISWA DAN POLA PENGENDALIANNYA DI SMAN 4 MATARAM

Authors

  • Syifa Miftahul Amalia Universitas Mataram
  • Hamidsyukrie ZM Universitas Mataram
  • Hairil Wadi Universitas Mataram
  • Suud Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9995

Keywords:

Motif, Pola Pengendalian, Perilaku Menyimpang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motif perilaku menyimpang siswa dan pola pengendaliannya di SMAN 4 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi. Lalu data dianalisis menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat bentuk dan motif perilaku menyimpang serta pola pengendaliannya pada siswa di SMAN 4 Mataram. Adapun bentuk perilaku menyimpang siswa yaitu: 1) perilaku menyimpang ringan, diantaranya terlambat masuk sekolah, tidak menggunakan sepatu sesuai aturan; 2) perilaku menyimpang sedang, diantaranya bolos, berada diluar kelas saat kbm; 3) perilaku menyimpang berat, diantaranya mencuri; 4) perilaku menyimpang primer, diantaranya tidak memakai atribut sekolah lengkap; 5) perilaku menyimpang sekunder, diantaranya memalsukan surat izin; 6) perilaku menyimpang individual diantaranya mengeluarkan baju; dan 7) penyimpangan kolektif diantaranya berkelahi. Kemudian motif perilaku menyimpang siswa, yaitu: 1) motif biogenetis yang diantaranya ditandai dengan: keluar kelas saat kbm karena sering merasa lapar saat belajar; dan 2) motif sosiogenetis yang diantaranya ditandai dengan: ingin menonjolkan diri, ingin mencari popularitas agar dianggap kuat dan hebat. Selain itu ditemukan pula pola pengendalian pada perilaku menyimpang siswa yaitu (1) pola pengendalian preventif antara lain: sosialisasi tata tertib sekolah kepada siswa pada masa orientasi siswa; (2) pola pengendalian represif antara lain: pemberian sanksi penyitaan sepatu siswa yang tidak sesuai aturan; (3) pola pengendalian kuratif antara lain: pengembalian siswa pada orangtuayang telah mencapai poin pelanggaran; dan (4) pola pengendalian persuasif antara lain: gambar poster himbauan mentaati tatib.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrullah, Nazar. 2021. Pernikahan Dini Remaja pada masa Pandemi Covid- 19 (Studi di Dusun Montong Nangka Desa Kerembong Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sosiologi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram. Mataram: Perpustakaan FKIP UniversitasMataram

Bila, S. A., Bahari, Y., & Fatmawati, F. Analisis Pengendalian Sosial Oleh Guru Dalam Mendisiplinkan Siswa Kelas Xi Iis Sma Islamiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(11).

Burlian, Paisol. 2016. Patologi Sosial. Jakarta: Bumi Aksara

Detik.com. 14 Juli 2022. Empat Pelajar Terlibat Kasus Peredaran Narkoba di Mataram. Diakses pada 5 Februari 2023, dari https://www.detik.com/bali/nusra/d- 6178775/empat-pelajar-terlibat- kasus-peredaran-narkoba-di- mataram

Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1), 116-133

Fitakila, S. 2017. Peran Orang Tua dan Guru Dalam Upaya Pengendalian Perilaku Menyimpang Siswa SMP Islam Al- Istiqomah Depok. SOSIETAS, 7(1).

Fitri, Y. S., & Bahari, Y. Analisis Pengendalian Sosial Persuasif Kenakalan Siswa oleh Wali Kelas X Sman10 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(10).

Gerungan, W. A. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama

Gunarsa, Singgih D. 1985. Psikologi Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia

Julyati, H. C., & Abdul, R. H. (2015). Ebook Sosiologi Perilaku Menyimpang. Lembaga Pengembangan Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.

Kompas.com. 30 Maret 2022. Kronologi Tawuran Antarpelajar Di Tangerang Yang Menewaskan Remaja 16 Tahun. Diakses pada 24 Januari 2023, dari https://megapolitan.kompas.com/rea d/2022/03/30/21224361/kronologi- tawuran-antarpelajar-di-tangerang- yang-menewaskan-remaja-16

Lumintang, C., Umaternate, A. R., & Santie,Y. D. 2021. Perilaku Menyimpang Pada Remaja Pengguna Miras di Desa Ranolambot Kecamatan Kawangkoan Kabupaten Minahasa. Indonesian Journal of Social Science and Education, 1(1), 28-32.

Priyanto, I., & Bahari, Y. 2021. Perilaku Menyimpang Siswa Kelas X Pada SMA Negeri 1 Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(7).

Rasmiaturrahmania. 2022. Pola Asuh Ayah (Father Parent) Dan Perilaku Menyimpang Anak Buruh Migran Di Desa Mbawi Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sosiologi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram. Mataram: Perpustakaan FKIP UniversitasMataram

S. Willis, Sofyan. 2008. Remaja dan Masalahnya. Bandung: Alfabeta

Sukmato. 2001. Kenakalan Remaja. Paper Diskusi Ilmiah. Dosen IAIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta, 15-16

Suryadi, S., & Nikmah, M. (2019). Pola Pembinaan Santri dalam Pengendalian Perilaku Menyimpang di Pondok Pesantren ar-Risalah Kota Jember. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 3(2), 139-154

Downloads

Published

2023-08-31

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>