DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN KOJA PADA MATERI BANGUN DATAR BERCIRIKAN ETNOMATEMATIKA DI KELAS V SD

Authors

  • Rizki Rizki Agung Aditia Pratama Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dindin Abdul Muiz Lidinillah PGSD Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dwi Alia Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9857

Keywords:

Desain Media Koja, Bangun Datar, Design Based Research

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan desain media pembelajaran “Koja” bercirikan etnomatematika guna meningkatkan pemahaman peserta didik dan meminimalisir hambatan pada saat proses pembelajaran Matematika dalam materi bangun datar khususnya trapesium dan belah ketupat. Tujuan dari penelitian yaitu meningkatkan pemahaman peserta didik dan meminimalisir hambatan pada saat proses pembelajaran Matematika dalam materi bangun datar khususnya trapesium dan belah ketupat. Metode pada penelitian ini yaitu Design Based Reseacrh (DBR) menurut Amiel dan Reeves. Penelitian ini dilakukan di SDN Margajaya. Adapun tahapan pada penelitian ini (1) identifikasi dan analisis masalah dan praktisi secara kolaboratif, (2) pengembangan prototype sebagai solusi yang berdasarkan desain, prinsip, dan inovasi teknologi yang ada, (3) siklus berulang pengujian dan penyempurnaan solusi dalam praktik, dan (4) siklus berulang pengujian dan penyempurnaan solusi dalam praktik. Jenis pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket, observasi, dan values clarification test. Produk akhir penelitian ini berupa desain media pembelajaran “Koja” bercirikan etnomatematika. Uji coba penelitian ini dilakukan pada saat sesudah dan sebelum menggunakan desain media “Koja” menggunakan values vlarification test. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan menunjukan adanya perubahan pada saat sebelum dan sesudah menggunaakan desain media pembelajaran “Koja” bercirikan etnomatematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almagribi, A. B., & Muslimah, M.

(2021). Implementasi hubungan

ilmu, budaya, dan Ekonomi pada

lembaga pendidikan islam

Indonesia.

https://jurnal.unimed.ac.id/2012/i

ndex.php/anthropos

Anggara, B. (2019). Desain

Pembelajaran Matematika pada

Konsep Dasar Peluang Berbasis

Kearifan Lokal Indramayu. JNPM

(Jurnal Nasional Pendidikan

Matematika), 3(2), 223–237.

https://doi.org/10.33603/JNPM.V

I2.2377

Ascher, M. (2017).

Ethnomathematics: A

multicultural view of

mathematical ideas. In

Ethnomathematics: A

Multicultural view of

Mathematical Ideas. CRC Press.

https://doi.org/10.1201/97802037

Aulia, R. (2019). PENGEMBANGAN

MEDIA PEMBELAJARAN

MATEMATIKA PADA MATERI

BANGUN DATAR BERCIRIKAN

ETNOMATEMATIKA KELAS V

DI SD/ MI.

Hardiarti, sylviyani. (2017).

ETNOMATEMATIKA: APLIKASI

BANGUN DATAR SEGIEMPAT

PADA CANDI MUARO JAMBI.

AKSIOMA : Jurnal Matematika

Dan Pendidikan Matematika,

(2), 99–109.

https://doi.org/10.26877/AKS.V8I

1707

Illahi, N. (2020). PERANAN GURU

PROFESIONAL DALAM

PENINGKATAN PRESTASI

SISWA DAN MUTU

PENDIDIKAN DI ERA

MILENIAL. Jurnal AsySyukriyyah, 21(1), 1–20.

https://doi.org/10.36769/ASY.V2

I1.94

Isnaeni, N. (Neni), & Hildayah, D.

(Dewi). (2020). Media

Pembelajaran dalam

Pembentukan Interaksi Belajar

Siswa. Jurnal Syntax

Transformation, 1(5), 148–156.

https://doi.org/10.46799/JURNAL

Nisa, A., MZ, Z. A., & Vebrianto, R.

(2021). Problematika

Pembelajaran Matematika di SD

Muhammadiyah Kampa Full Day

School. El-Ibtidaiy:Journal of

Primary Education, 4(1), 95–105.

https://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/elibtidaiy/a

rticle/view/11655

Novita Sari, D., & Azmi Saragih, N.

(2020). MENINGKATKAN HASIL

BELAJAR MAHASISWA

PENDIDIKAN MATEMATIKA

DENGAN MENGGUNAKAN

METODE PENEMUAN

TERBIMBING BERBASIS

BUDAYA. PROSIDING

SEMINAR NASIONAL HASIL

PENELITIAN, 3(1), 318–323.

https://eprosiding.umnaw.ac.id/index.php

/penelitian/article/view/556

Oktiani, I., Nurul, M. I., Wnatirta, A., &

Brebes, P. (2017). Kreativitas

Guru dalam Meningkatkan

Motivasi Belajar Peserta Didik.

Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–

https://doi.org/10.24090/JK.V5I2.

Potter, J., & McDougall, J. (2017).

Digital Media, Culture and

Education: Theorising Third

Space Literacies. Digital Media,

Culture and Education:

Theorising Third Space

Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,

ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950

Volume XX Nomor XX, Bulan Tahun

Literacies, 1–205.

https://doi.org/10.1057/978-1-

-55315-7/COVER

Sandria, D. (2023).

PENGEMBANGAN MEDIA

PEMBELAJARAN MATEMATIKA

PADA MATERI BANGUN

DATAR BERCIRIKAN

ETNOMATEMATIKA KELAS V

DI SD/ MI. 16.

Siswondo, R., & Agustina, L. (2021).

Penerapan strategi pembelajaran

ekspositori untuk mencapai

tujuan pembelajaran Matematika.

Himpunan: Jurnal Ilmiah

Mahasiswa Pendidikan

Matematika, 1(1), 33–40.

http://www.jim.unindra.ac.id/inde

x.php/himpunan/article/view/315

Sopamena, P., Syafruddin Kaliky,

Mp., Gamar Assagaf, Mp., &

Fahruh Juhaevah, Mp. (2018).

ETNOMATEMATIKA SUKU

NUAULU MALUKU LP2M IAIN

Ambon.

Widyaningrum, R., & Prihastari, E. B.

(2021). Integrasi Kearifan Lokal

Pada Pembelajaran di SD

Melalui Etnomatematika dan

Etnosains (Ethnomathscience).

http://journal.unilak.ac.id/index.p

hp/dinamisia/article/view/5243Literacies, 1–205.

https://doi.org/10.1057/978-1-

-55315-7/COVER

Sandria, D. (2023).

PENGEMBANGAN MEDIA

PEMBELAJARAN MATEMATIKA

PADA MATERI BANGUN

DATAR BERCIRIKAN

ETNOMATEMATIKA KELAS V

DI SD/ MI. 16.

Siswondo, R., & Agustina, L. (2021).

Penerapan strategi pembelajaran

ekspositori untuk mencapai

tujuan pembelajaran Matematika.

Himpunan: Jurnal Ilmiah

Mahasiswa Pendidikan

Matematika, 1(1), 33–40.

http://www.jim.unindra.ac.id/inde

x.php/himpunan/article/view/315

Sopamena, P., Syafruddin Kaliky,

Mp., Gamar Assagaf, Mp., &

Fahruh Juhaevah, Mp. (2018).

ETNOMATEMATIKA SUKU

NUAULU MALUKU LP2M IAIN

Ambon.

Widyaningrum, R., & Prihastari, E. B.

(2021). Integrasi Kearifan Lokal

Pada Pembelajaran di SD

Melalui Etnomatematika dan

Etnosains (Ethnomathscience).

http://journal.unilak.ac.id/index.p

hp/dinamisia/article/view/5243

Downloads

Published

2023-08-24