DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN KOJA PADA MATERI BANGUN DATAR BERCIRIKAN ETNOMATEMATIKA DI KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9857Keywords:
Desain Media Koja, Bangun Datar, Design Based ResearchAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan desain media pembelajaran “Koja” bercirikan etnomatematika guna meningkatkan pemahaman peserta didik dan meminimalisir hambatan pada saat proses pembelajaran Matematika dalam materi bangun datar khususnya trapesium dan belah ketupat. Tujuan dari penelitian yaitu meningkatkan pemahaman peserta didik dan meminimalisir hambatan pada saat proses pembelajaran Matematika dalam materi bangun datar khususnya trapesium dan belah ketupat. Metode pada penelitian ini yaitu Design Based Reseacrh (DBR) menurut Amiel dan Reeves. Penelitian ini dilakukan di SDN Margajaya. Adapun tahapan pada penelitian ini (1) identifikasi dan analisis masalah dan praktisi secara kolaboratif, (2) pengembangan prototype sebagai solusi yang berdasarkan desain, prinsip, dan inovasi teknologi yang ada, (3) siklus berulang pengujian dan penyempurnaan solusi dalam praktik, dan (4) siklus berulang pengujian dan penyempurnaan solusi dalam praktik. Jenis pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket, observasi, dan values clarification test. Produk akhir penelitian ini berupa desain media pembelajaran “Koja” bercirikan etnomatematika. Uji coba penelitian ini dilakukan pada saat sesudah dan sebelum menggunakan desain media “Koja” menggunakan values vlarification test. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan menunjukan adanya perubahan pada saat sebelum dan sesudah menggunaakan desain media pembelajaran “Koja” bercirikan etnomatematika.Downloads
References
Almagribi, A. B., & Muslimah, M.
(2021). Implementasi hubungan
ilmu, budaya, dan Ekonomi pada
lembaga pendidikan islam
Indonesia.
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/i
ndex.php/anthropos
Anggara, B. (2019). Desain
Pembelajaran Matematika pada
Konsep Dasar Peluang Berbasis
Kearifan Lokal Indramayu. JNPM
(Jurnal Nasional Pendidikan
Matematika), 3(2), 223–237.
https://doi.org/10.33603/JNPM.V
I2.2377
Ascher, M. (2017).
Ethnomathematics: A
multicultural view of
mathematical ideas. In
Ethnomathematics: A
Multicultural view of
Mathematical Ideas. CRC Press.
https://doi.org/10.1201/97802037
Aulia, R. (2019). PENGEMBANGAN
MEDIA PEMBELAJARAN
MATEMATIKA PADA MATERI
BANGUN DATAR BERCIRIKAN
ETNOMATEMATIKA KELAS V
DI SD/ MI.
Hardiarti, sylviyani. (2017).
ETNOMATEMATIKA: APLIKASI
BANGUN DATAR SEGIEMPAT
PADA CANDI MUARO JAMBI.
AKSIOMA : Jurnal Matematika
Dan Pendidikan Matematika,
(2), 99–109.
https://doi.org/10.26877/AKS.V8I
1707
Illahi, N. (2020). PERANAN GURU
PROFESIONAL DALAM
PENINGKATAN PRESTASI
SISWA DAN MUTU
PENDIDIKAN DI ERA
MILENIAL. Jurnal AsySyukriyyah, 21(1), 1–20.
https://doi.org/10.36769/ASY.V2
I1.94
Isnaeni, N. (Neni), & Hildayah, D.
(Dewi). (2020). Media
Pembelajaran dalam
Pembentukan Interaksi Belajar
Siswa. Jurnal Syntax
Transformation, 1(5), 148–156.
https://doi.org/10.46799/JURNAL
Nisa, A., MZ, Z. A., & Vebrianto, R.
(2021). Problematika
Pembelajaran Matematika di SD
Muhammadiyah Kampa Full Day
School. El-Ibtidaiy:Journal of
Primary Education, 4(1), 95–105.
https://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/elibtidaiy/a
rticle/view/11655
Novita Sari, D., & Azmi Saragih, N.
(2020). MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR MAHASISWA
PENDIDIKAN MATEMATIKA
DENGAN MENGGUNAKAN
METODE PENEMUAN
TERBIMBING BERBASIS
BUDAYA. PROSIDING
SEMINAR NASIONAL HASIL
PENELITIAN, 3(1), 318–323.
https://eprosiding.umnaw.ac.id/index.php
/penelitian/article/view/556
Oktiani, I., Nurul, M. I., Wnatirta, A., &
Brebes, P. (2017). Kreativitas
Guru dalam Meningkatkan
Motivasi Belajar Peserta Didik.
Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–
https://doi.org/10.24090/JK.V5I2.
Potter, J., & McDougall, J. (2017).
Digital Media, Culture and
Education: Theorising Third
Space Literacies. Digital Media,
Culture and Education:
Theorising Third Space
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,
ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950
Volume XX Nomor XX, Bulan Tahun
Literacies, 1–205.
https://doi.org/10.1057/978-1-
-55315-7/COVER
Sandria, D. (2023).
PENGEMBANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN MATEMATIKA
PADA MATERI BANGUN
DATAR BERCIRIKAN
ETNOMATEMATIKA KELAS V
DI SD/ MI. 16.
Siswondo, R., & Agustina, L. (2021).
Penerapan strategi pembelajaran
ekspositori untuk mencapai
tujuan pembelajaran Matematika.
Himpunan: Jurnal Ilmiah
Mahasiswa Pendidikan
Matematika, 1(1), 33–40.
http://www.jim.unindra.ac.id/inde
x.php/himpunan/article/view/315
Sopamena, P., Syafruddin Kaliky,
Mp., Gamar Assagaf, Mp., &
Fahruh Juhaevah, Mp. (2018).
ETNOMATEMATIKA SUKU
NUAULU MALUKU LP2M IAIN
Ambon.
Widyaningrum, R., & Prihastari, E. B.
(2021). Integrasi Kearifan Lokal
Pada Pembelajaran di SD
Melalui Etnomatematika dan
Etnosains (Ethnomathscience).
http://journal.unilak.ac.id/index.p
hp/dinamisia/article/view/5243Literacies, 1–205.
https://doi.org/10.1057/978-1-
-55315-7/COVER
Sandria, D. (2023).
PENGEMBANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN MATEMATIKA
PADA MATERI BANGUN
DATAR BERCIRIKAN
ETNOMATEMATIKA KELAS V
DI SD/ MI. 16.
Siswondo, R., & Agustina, L. (2021).
Penerapan strategi pembelajaran
ekspositori untuk mencapai
tujuan pembelajaran Matematika.
Himpunan: Jurnal Ilmiah
Mahasiswa Pendidikan
Matematika, 1(1), 33–40.
http://www.jim.unindra.ac.id/inde
x.php/himpunan/article/view/315
Sopamena, P., Syafruddin Kaliky,
Mp., Gamar Assagaf, Mp., &
Fahruh Juhaevah, Mp. (2018).
ETNOMATEMATIKA SUKU
NUAULU MALUKU LP2M IAIN
Ambon.
Widyaningrum, R., & Prihastari, E. B.
(2021). Integrasi Kearifan Lokal
Pada Pembelajaran di SD
Melalui Etnomatematika dan
Etnosains (Ethnomathscience).
http://journal.unilak.ac.id/index.p
hp/dinamisia/article/view/5243
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.