ANALISIS PROBLEMATIKA DALAM PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN APRESIASI CERITA ANAK DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Reina Yustikadewi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Seni Apriliya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dwi Alia Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13547

Keywords:

Apresiasi sastra, sastra, cerita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali permasalahan mengenai penerapan media pembelajaran pada pembelajaran apresiasi cerita di sekolah dasar, menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan permasalahan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan wawancara. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas IIIA, III B, III C dan 9 orang peserta didik kelas III. Penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran apresiasi cerita anak di salah satu sekolah di Tasikmalaya masih belum mencukupi. Guru masih mengandalkan buku-buku dari perpustakaan yang kurang terawat, mengakibatkan banyak buku yang rusak dan tidak sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Selain itu, kurangnya pemanfaatan media digital seperti buku digital juga menjadi masalah karena kurangnya pemahaman guru terhadap media digital. Hal ini menyebabkan rendahnya motivasi peserta didik dalam pembelajaran apresiasi cerita anak. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan media pembelajaran pada pembelajaran apresiasi cerita anak belum optimal. Implikasinya diperlukannya pengembangan atau media edukasi pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik kepada guru dan peserta didik untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmita, Yulianti, D., Kurniawan, D. A., Maison, Isnaini, N., Nurjanah, K., & Sari, I. D. P. (2022). Analisis Permasalahan Guru dalam Menerapkan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Fisika di MAN 1 Tanjung Jabung Barat. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 170–177. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.556

Cantika Hisani, N., Angelina, C., & Fatonah, K. (2022). PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI KELAS TINGGI SDN SLIPI 01 PAGI JAKARTA.

Heriyanto. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk. ANUVA, 2(3), 317–324.

Krissandi, A. D. S., Febriyanto, B., S Cahya, K. A., & Radityo, D. (2018). Sastra Anak: Media Pembelajaran Bahasa Anak. Bakul Buku Indonesia.

Nazurti. (2017). Studi Kasus Pembelajaran Apresiasi Prosa Di Kelas V SD Negeri 15/IV Jelutung Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas Universitas Jambi, 2, 38–45.

Nur’aini, Apriliya, S., & Mulyadiprana, A. (2023). Creative of Learning Students Elementary Educations Analisis kebutuhan google sites dalam Gerakan Literasi Sekolah di sekolah dasar. Journal of Elementary Education, 06, 5.

Ruslian, M., Putri Nova, W., Ariyanti, M., Devi Safitri, R., Hikmah, N., & FKIP Universitas Muhammadiyah ProfDrHamka, P. (2023). 5512 ANALISIS PERMASALAHAN PENGGUNAAN MEDIA DAN METODE PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD.

Souisa, D., Rabiah, S., & Muin, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Apresiasi Sastra Melalui Kegiatan Membaca Cerita Rakyat Dalam Pembelajaran. Jambura Journal of Community Empowerment.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sultoni, M., Kecamatan, D., & Rimau, P. (2016). PEMANFAATAN CERITA ANAK SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI KELAS III SEKOLAH DASAR.

Yuliani, E. (2024). PROBLEMATIKA DALAM MENINGKATKAN APRESIASI SASTRA DI SMA MENGGUNAKAN KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Sitasi Ilmiah, 2(1), 67–74.

Downloads

Published

2024-05-07